Waktu-Waktu Mustajab Untuk Berdoa Agar Doa Segera Terkabul

Posted on

Waktu-Waktu Mustajab Untuk Berdoa – Berdoa bertujuan untuk meminta sesuatu pada Allah SWT. Berdoa bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja. Dengan berdoa kita akan selalu merasa dekat dengan Allah SWT.  Sebagai hamba-Nya, kita wajib untuk berdoa dan berharap pada Allah. Jika kita berdoa dengan sungguh-sungguh maka kita akan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

Baca juga : Bacaan Doa Ketika Hati Sedang Gelisah

Nah, agar doa yang kita panjatkan bisa segera terkabulkan, maka kita harus melakukannya saat waktu mustajab berdoa pada Allah. Berikut ini waktu-waktu mustajab untuk berdoa.

Waktu-Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Waktu-Waktu Mustajab Untuk Berdoa Agar Doa Segera Terkabul

Ketika berdoa, kita tentu ingin permohonan kita dikabulkan Allah SWT. Oleh karena itu, saat berdoa kita bisa melakukannya di waktu terbaik atau waktu mustajab untuk berdoa seperti berikut ini.

Sepertiga Malam Terakhir

Waktu sepertiga malam terakhir yaitu waktu yang paling mustajab berdoa kepada Allah SWT. Disepertiga malam terakhir Allah SWT akan menerima doa yang hamba-Nya panjatkan dan mengabulkan doa-doanya tersebut yang bertahajud untuk meminta ampunan.

Siapa saja yang memanjatkan doa pada sepertiga malam terakhir maka doa-doanya akan dikabulkan. Serta siapa saja yang meminta ampun pada Allah pada sepertiga malam terakhir, maka dosanya akan Allah ampuni. Oleh karena itu, sepertiga malam menjadi waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat tahajud dan melakukan sholat witir sebagai penutup.

Hari Jum’at

Waktu mustajab lainnya untuk berdoa kepada Allah SWT yaitu hari Jum,at. Di antara hari-hari lainnya, hari Jum’at merupakan hari yang baik. Beberapa ulama menyatakan bahwa waktu yang paling mustajab memanjatkan doa yaitu saat khutbah Jum’at dimulai hingga sholat Jum’at selesai dilaksanakan. Namun, ada juga beberapa ulama menjelaskan waktu mustajab berdoa saat hari Jumat yaitu setelah selesai sholat Ashar sampai matahari terbenam di hari Jum’at.

Mengetahui seperti itu, anda jangan menyia-nyiakan hari baik ini. Anda dapat memanjatkan doa dan meminta ampunan Allah SWT.

Antara Adzan dan Iqomah

Allah SWT tidak akan menolak doa yang kita panjatkan antara waktu adzan dan iqomah. Jika kita mendengarkan adzan dengan rutin, maka kita akan ingat tentang waktu mustajab berdoa. Kita akan memiliki kesempatan berdoa agar dikabulkan Allah SWT.

Berbuka Puasa

Menjelang waktu berbuka puasa adalah waktu yang mustajab bagi kita untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Di waktu berbuka puasa ini waktu dimana kita selesai melaksanakan ibadan puasa dengan menahan segala hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Saat Sujud Dalam Sholat

Waktu saat sujud dalam sholat juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Sehingga banyak ulama yang menganjurkan agar waktu sujud ketika sholat sunnah diperpanjang.

Setelah Menjalankan Sholat 5 Waktu

Setelah menjalankan sholat 5 waktu juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Setelah anda menyelesaikan sholat wajib, anda jangan langsung beranjak. Anda sebaiknya duduk sejenak untuk berdzikir dan memanjatkan doa agar semua keinginan anda dikabulkan oleh Allah SWT.

Ketika Turun Hujan

Hujan adalah rahmat yang Allah Turunkan untuk hidup manusia. Hujan turun diibaratkan rizki turun dari Allah SWT. Selain itu, waktu turunnya hujan merupakan waktu mustajab untuk memanjatkan doa. Doa yang kita panjatkan saat hujan tidak akan ditolak oleh Allah SWT.

Saat Minum Air Zam-Zam

Air zam-zam yaitu air suci, dimana anda bisa memanjatkan doa setelah minum air zam-zam karena menjadi waktu mustajab untuk memanjatkan doa.

Itulah penjelasan mengenai waktu terbaik berdoa pada Allah SWT. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *