Niat Sholat Taubat, Arab, Latin dan Artinya

Posted on

Niat Sholat Taubat, Arab, Latin dan Artinya – Manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa, baik yang disadari atau tidak disadari. Tidak hanya dosa kecil, namun manusia juga terkadang melakukan dosa besar. Karena alasan inilah, ada anjuran untuk semua umat islam agar bertaubat dan meminta ampunan dari Allah SWT. Salah satu cara meminta ampunan pada Allah SWT yaitu dengan melaksanakan sholat taubat nasuha.

Sholat taubat nasuha yaitu sholat sunnah yang dikerjakan untuk meminta ampunan kepada Allah SWT dari kesalahan yang pernah dilakukan. Saat seseorang telah melaksanakan sholat taubat dengan benar, maka ia seharusnya tidak lagi mengulangi dosa yang telah dilakukannya.

Baca juga : Niat Sholat Istikharah

Nah, berikut ini bacaan niat sholat taubat beserta keutamaan menjalankan sholat taubat.

Niat Sholat Taubat, Arab, Latin dan Artinya

Membaca niat sholat taubat dilakukan sebelum takbiratul ikhram. Membaca niat sholat taubat ini dapat di dalam hati ataupun dibaca dengan lirih. Berikut ini niat sholat taubat, arab, latin dan artinya.

Niat Sholat Taubat

Melaksanakan sholat taubat tata caranya tidak jauh berbeda dengan cara melaksanakan sholat wajib. Yang membedakan yaitu niat, waktu, serta bacaannya. Cara melakukan sholat taubat hampir sama dengan sholat sunnah yang lainnya.

Sholat taubat itu sendiri dilaksanakan 2 rakaat, dengan satu kali salam. Akan tetapi, sholat ini juga bisa dikerjakan 2 rakaat, 4 rakaat dan 6 rakaat. Sebelum anda melaksanakan sholat taubat, sama ketika anda melaksanakan sholat wajib yaitu suci dari hadast kecil dan besar, aurat ditutup dan melaksanakannya di tempat suci.

Waktu Melaksanakan Sholat Taubat

Sholat taubat adalah sholat yang pelaksanaannya dapat dilakukan kapan pun, baik itu saat siang ataupun malam hari. Akan tetapi, ada waktu melaksanakan sholat taubat yang haram seperti berikut ini:

  • Waktu dimana mulai terbit fajar kedua sampai terbitnya matahari
  • Ketika terbit matahari sampai matahari naik sepenggalan
  • Ketika matahari berada di tengah-tengah sampai condong
  • Mulai dari waktu sholat ashar sampai waktu matahari tenggelam
  • Menjelang waktu matahari tenggelam sampai tenggelamnya benar sempurna

Waktu melaksanakan sholat taubat, sebagian ulama menyatakan waktu utamanya yaitu 2/3 malam atau waktu selama sholat tahajud.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Taubat

Sholat sunnah ini dilaksanakan dengan tujuan meminta ampunan, serta bertaubat pada Allah SWT. Melaksanakan sholat taubat itu sendiri memiliki keutamaan seperti berikut ini.

Diampuni Oleh Allah SWT

Keutamaan dari sholat taubat yang pertama yaitu, orang yang melaksanakannya akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Dicintai Oleh Allah SWT

Selain itu, melaksanakan sholat taubat juga akan dicintai oleh Allah. Allah akan mencintai hamba-hambanya yang bertaubat. Dengan melaksanakan sholat ini menjadi bentuk kesungguhan untuk bertaubat dari segala dosa dan maksiat.

Malaikat Akan Mendoakan

Malaikat akan mendoakan seseorang yang bertaubat. Mereka akan memohonkan ampunan untuk orang-orang yang bertaubat pada Allah.

Dimasukan Surga

Orang yang bertaubat pada akhirnya akan dimasukan oleh Allah SWT dalam surga-Nya.

Keutamaan melaksanakan sholat taubat sungguh luar biasa. Anda bisa melaksanakannya untuk meminta ampunan dan mendapatkan keutamaan-keutamaan lainnya seperti di atas.

Artikel lainnya : Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Latin dan Artinya

 Itulah niat sholat taubat, arab, latin dan artinya serta keutamaan melaksanakan sholat taubat dengan benar, serta sungguh-sungguh untuk mendapatkan ampunan Allah SWT. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *