Bacaan Niat Sholat Tahiyatul Masjid dan Artinya

Posted on

Bacaan Niat Sholat Tahiyatul Masjid dan Artinya – Sholat tahiyatul masjid merupakan sholat yang dilaksanakan ketika umat muslim datang ke masjid, setelah selesai adzan. Sholat ini dapat dilakukan ketika mendekati waktu iqamah. Sholat tahiyatul masjid itu sendiri termasuk salah satu sholat sunah yang dianjurkan. Siapa yang melaksanakan sholat ini maka akan mendapatkan pahala berlimpah. Tahiyatul masjid itu sendiri artinya yaitu menghormati masjid. Maka saat kita melaksanakan sholat ini itu artinya kita sudah menghormati masjid.

Bacaan Niat Sholat Tahiyatul Masjid dan Artinya

Membaca niat sholat tahiyatul masjid cukup dalam hati, tidak perlu diucapkan atau dilafalkan. Nah, berikut ini bacaan niat sholat tahiyatul masjid lengkap dengan arab, latin dan artinya.

Niat Sholat Tahiyatul Masjid

Kapan Sholat Tahiyatul Masjid Dilaksanakan?

Sholat tahiyatul masjid dilaksanakan sebanyak 2 rakaat, dimana pelaksanaannya dilakukan sebelum anda mulai duduk saat anda baru masuk ke masjid. Sholat ini dilaksanakan dalam keadaan suci, ingin duduk, serta kita tidak memiliki perasaan takut tertinggal sholat jamaah. Melaksanakan sholat tahiyatul masjid ini tidak disunnahkan untuk seseorang yang akan menjadi khatib yang akan melaksanakan khotbah. Selain itu, sholat ini tidak disunnahkan untuk seseorang yang akan masuk masjid saat khotbah terakhir dibacakan.

Nah, adapun beberapa kondisi sholat tahiyatul masjid tidak dianjurkan seperti berikut ini.

  • Saat akan dimulai sholat berjamaah
  • Khotib yang akan langsung naik ke mimbar untuk khotbah
  • Saat datang ke masjid terlambat ketika sholat Jum’at

Baca juga : Niat Sholat Hajat dan Keutamaan Melaksanakannya

Kautamaan Melaksanakan Sholat Tahiyatul Masjid

Adapun beberapa keutamaan melaksanakan sholat tahiyatul masjid yaitu seperti berikut ini:

Menjadi Bentuk Pemuliaan Pada Masjid

Melaksanakan sholat tahiyatul masjid menjadi bentuk pemuliaan pada masjid yang merupakan rumah Allah. Sholat sunnah ini memiliki kedudukan seperti mengucapkan salam saat kita masuk rumah atau mengucapkan salam ketika kita bertemu saudara, menurut jumhur ulama.

Menghapus Dosa & Derajat Ditinggikan

Melaksanakan sholat sunnah ini akan menghapus dosa, serta derajat akan ditinggikan. Kita bisa memperbanyak sujud dengan cara melaksanakan beberapa sholat sunnah, salah satunya sholat tahiyatul masjid.

Menutupi Kekurangan Sholat Wajib

Keutamaan sholat tahiyatul masjid lainnya yaitu dapat membantu menutupi kekurangan sholat wajib.

Menjadi Cermin Ketakwaan & Tawakal

Melaksanakan sholat ini juga menjadi cerminan tingkat ketakwaan, serta tawakal seorang hamba.  Dengan melaksanakan sholat sunnah ini Allah akan memberikan pahala dan kemuliaan.

Menyempurnakan Sholat Fardu

Keutamaan menjalankan sholat sunnah tahiyatul masjid ini yaitu menyempurnakan sholat fardhu. Ketika ada kesalahan, kekurangan atau kelalaian dalam sholat fardhu, maka akan disempurnakan dengan sholat sunnah ini.

Menjadi Bentuk Rasa Syukur

Melaksanakan sholat tahiyatul masjid menjadi bentuk rasa syukur seorang hamba terhadap Allah SWT atas nikmat yang telah didapatkan, baik itu nikmat rezeki, nikmat kesehatan dan lain sebagainya yang telah Allah berikan kepada hambanya.

Sholat yang Dianjurkan

Sholat Tahiyatul Masjid yaitu sholat yang dianjurkan. Melaksanakan sholat ini kita akan dimuliakan di surga Allah karena kita telah memuliakan masjid.

Menyelesaikan Permasalahan Dalam Hidup

Keutamaan lainnya melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid yaitu sarana untuk menyelesaikan masalah yang dialami dalam hidup. Rasulullah SAW pernah mendapatkan urusan yang membuat prihatin dan resah, kemudian Rasulullah SAW memperbanyak sholat sunnahnya.

Amal Baik

Amalan terbaik yaitu sholat. Termasuk sholat tahiyatul masjid. Oleh karena itu, amalan paling utama dan terbaik ini harus senantiasa kita perhatikan, diperbanyak serta disempurnakan.

Itulah niat sholat tahiyatul masjid beserta artinya dan keutamaan melaksanakannya. Mengetahui banyaknya keutamaan yang kita dapatkan, maka kita jangan melewatkan melaksanakan sholat ini saat ke mesjid. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *