Niat Sholat Qobliyah Subuh dan Keutamaan Menjalankannya

Posted on

Niat Sholat Qobliyah Subuh dan Keutamaan Menjalankannya– Ada banyak ibadah sunnah yang bisa dilakukan umat muslim untuk menyempurnakan ibadah wajib.  Salah satu ibadah sunnah yaitu sholat Qobliyah Subuh. Sholat Qobliyah Subuh atau disebut juga dengan Sholat Fajar dilaksanakan pada saat fajar sudah terbit. Sholat ini termasuk sholat rawatib yang akan melengkapi ibadah kita sehari-hari. Sholat sunnah ini dilaksanakan sebelum melaksanakan sholat subuh. Walaupun termasuk sholat sunnah, namun memiliki keutamaan yang begitu besar. Nah, di bawah ini pembahasan seputar sholat Qobliyah Subuh, mulai niat sholat, tata cara sholat hingga keutamaan melaksanakan sholat Qobliyah Subuh.

Niat Sholat Qobliyah Subuh

Sama seperti ibadah lainnya, saat akan melaksanakan sholat qobliyah subuh anda harus membaca niat terlebih dahulu. Berikut ini bacaan niat sholat qobliyah subuh beserta latin dan artinya.

Niat Sholat Qobliyah Subuh

Tata Cara Melaksanakan Sholat Qobliyah Subuh

Tata cara melaksanakan sholat Qobliyah subuh sama dengan melaksanakan sholat fardu dan sholat sunah lainnya, berikut ini caranya:

  • Pertama anda harus membaca niat sholat Qobliyah Subuh seperti di atas.
  • Kemudian membaca takbiratulihram.
  • Selanjutnya membaca surat Al-Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan membaca surat pendek Al-Qur’an. Saat rakaat pertama, dianjurkan untuk membaca surat Al-Kafirun atau al-Insyrakh setelah membaca surat Al-Fatihah. Surat pendek yang dianjurkan untuk rakaat kedua yaitu surat Al-Ikhlas atau al-Fiil setelah membaca surat Al-Fatihah.
  • Setelah itu, rukuk.
  • Iktidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Lalu berdiri dari sujud dan melaksanakan rakaat kedua. Tata cara di atas diulangi kembali mulai dari membaca surat Al-Fatihah sampai sujud.
  • Duduk tasyahud
  • Salam, menoleh ke kanan dan ke kiri.

Baca juga : Doa Setelah Sholat Subuh dan Keutamaan Membacanya

Kautamaan Sholat Qobliyah Subuh

Berikut ini beberapa keutamaan sholat Qobliyah Subuh:

Lebih Baik dari Dunia dan Isinya

Siapa yang mengerjakan solat Qobliyah Subuh, ia akan mendapatkan kebaikan yang nilainya lebih dari seisi dunia.

Selalu Berada Dalam Lindungan Allah SWT

Dengan melaksanakan sholat Qobliyah Subuh, maka akan senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT. Oleh karena itu, untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT kita harus melaksanakan sholat sunah ini.

Mendapatkan Rumah di Surga

Keutamaan solat Qhobliyah subuh lainnya yaitu mendapatkan rumah di Surga. Memiliki rumah di dunia tentu menjadi kebanggaan dan kebahagiaan. Apalagi jika mempunyai rumah di surga, tentunya kebahagiaan akan berlipat ganda.

Bertemu Allah SWT

Menjaga sholat Qobliyah Subuh akan mempertemukan manusia dengan Sang Pencipta.

Sebagaimana yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari Jabir bin Abdullah, dimana Rasulullah SAW bersabda:

“Kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, ketika melihat bulan purnama. Beliau berkata, ‘sungguh, kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah melakukan shalat sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah”. (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Menyempurnakan Sholat Wajib

Saat kita melaksanakan sholat wajib, mungkin terdapat beberapa kekurangan pada bagian-bagian tertentu. Untuk menutupi kekurangan itu, kita bisa melakukan sholat sunah Qobliyah Subuh.

Itulah bacaan niat sholat Qobliyah Subuh dan keutamaannya. Keutamaan melaksanakan sholat Qobliyah Subuh sangat luar biasa. Untuk mendapatkan keutamaan tersebut tentu kita harus rajin melaksanakan sholat sunah ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *