Niat Sholat Istikharah, Beserta Keutamaan dan Keistimewaan Menjalankannya

Posted on

Niat Sholat Istikharah – Dalam kehidupan, setiap manusia tentunya memiliki persoalan hidup, baik yang ringan hingga berat. Dalam persoalan hidup yang dialami , terkadang mengharuskan kita untuk berhadapan dengan berbagai pilihan sulit. Pilihan tersebut membuat hati kita berat untuk memilihnya.

Dalam hidup kita tentu harus memilih yang terbaik. Dalam menentukan pilihan terbaik kita harus berpikir jernih dan menetapkan hati. Oleh karna itu, Allah memberikan kita solusi saat manusia dihadapkan dalam pilihan hidup sulit, yaitu dengan melaksanakan sholat istikharah.

Baca juga : Bacaan Doa Sholat Dhuha

Niat Sholat Istikharah

Semua perbuatan yang akan kita lakukan tentu diawali dengan niat, begitupun saat kita akan menjalankan sholat istikharah. Nah, berikut ini bacaan niat sholat istikharah beserta latin dan artinya.

Niat Sholat Istikharah

Keutamaan dan Keistimewaan Sholat Istikharah

Beberapa keutamaan akan kita dapatkan dengan melaksanakan sholat istikharah. Nah, berikut ini keutamaan melaksanakan sholat istikharah.

Menyerahkan Hasil Kepada Allah SWT

Dengan melaksanakan sholat istikharah kita berharap dan hasil yang terbaik diserahkan pada Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat istikharah kita berharap hasil yang terbaik sesuai ridho Allah SWT. Apa yang kita inginkan adalah belum tentu yang terbaik untuk kita.

Dalam memilih yang terbaik, tentunya kita membutuhkan bimbingan dari Allah SWT. Dalam memilih dan menentukan yang terbaik, istikharah sangat dibutuhkan.

Menenangkan Diri

Keutamaan lainnya dari melaksanakan sholat istikharah yaitu dapat menenangkan diri. Ketika kita dihadapkan oleh pilihan, kita biasanya memilih dengan cepat dan tergesa-gesa. Memilih dengan tergesa-gesa bukanlah tindakan yang baik karena akan membuat kita salah dalam memilih. Hal yang dibutuhkan ketika memilih yaitu mendapatkan hasil yang baik.

Pikiran yang tidak tenang akan berdampak pada hasil yang kita pilih. Pilihan yang terbaik akan dihasilkan ketika diri tenang  dan berpikir jernih. Saat pikiran sedang tidak tenang, rasa panik akan menyelimuti dan membuat kita tergesa-gesa dalam memilih. Oleh karena itu, melaksanakan sholat istikharah diperlukan supaya kita merasa lebih tenang dan dapat melihat pilihan yang terbaik.

Memilih Sesuai dengan Pertimbangan Agama

Segala urusan berada di tangan Allah. Oleh karena itu, doa kita dalam meminta solusi, kemudahan dan kemantapan hati dalam memilih diserahkan pada Allah SWT. Apa yang kita pilih, serta kita usahakan maka pertimbangan agama merupakan hal yang paling mendasar.

Memberikan Kemantapan Hati

Melaksanakan sholat istikharah juga akan memberikan kemantapan hati atas apa yang sudah kita pilih dan tetapkan. Sehingga melaksanakan sholat istikharah tidak hanya dalam sekali waktu.

Dengan melakukan sholat istikharah berkali-kali, akan memberikan kemantapan hati yang masih menghadapi dilema dalam memilih.

Ikhlas Hanya Pada Allah SWT

Dengan melaksanakan sholat istikharah kita sudah berusaha ikhlas, serta meluruskan niat pada Allah. Dengan melakukan sholat istikharah akan membantu kita supaya hati ikhlas, serta proses lurus supaya hidup berada pada jalan yang Allah ridhoi. Apabila kita ikhlas dan lurus pada Allah, maka segala urusan kita akan dimudahkan, serta diberikan solusi dari permasalahan yang dialami.

Menjauhkan Kita dari Bisikan Setan

Ketika kita melaksanakan sholat istikharah, maka akan membantu kita terhindar dari bisikan setan. Saat kita sedang dihadapkan oleh masalah, serta hati gundah, setan akan menggoda manusia. Oleh karena itu, dengan melaksanakan sholat istikharah akan menghindarkan kita dari bisikan setan dan jauh dari perbuatan yang maksiat.

Lihat juga : Doa Selepas Sholat Tahajud

Itulah bacaan niat sholat istikharah, latin dan artinya, beserta keutamaan melaksanakannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *