Niat Sholat Idul Adha Arab Beserta Artinya

Posted on

Niat Sholat Idul Adha Arab Beserta Artinya – Hari Raya Idul Adha akan segera tiba. Momen ini disebut juga sebagai Lebaran Haji atau Hari Raya Kurban. Nah, sholat Idul Adha merupakan ibadah khusus saat hari raya Idul Adha yang memiliki pahala luar biasa dan dilaksanakan sekali dalam setahun. Menurut Jumhur ulama, hukum sholat Idul Adha yaitu sunnah muakkadah, yang berarti sunnah yang dianjurkan.

Nah, berikut ini pembahasan mengenai niat Sholat Idul Adha, tempat dan waktu pelaksanaan hingga sunnah sebelum dan sesudah sholat Idul Adha.

Niat Sholat Idul Adha Arab, Latin Beserta Artinya

Sholat Idul Adha dilakukan sebanyak 2 rakaat. Berikut ini bacaan niat sholat Idul Adha beserta latin dan artinya. Bacaan niat Idul Adha di bawah ini untuk makmum.

Niat Sholat Idul Adha

Itulah niat sholat Idul Adha untuk makmum lengkap dengan arab, latin dan artinya.

Lihat juga : Niat Sholat Jum’at, Arab, Latin dan Artinya

Tempat dan Waktu Melaksanakan Sholat Idul Adha

Sholat Idul Adha disyariatkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Tempatnya lebih afdol dilaksanakan di tanah lapang, terkecuali apabila ada udzur, misalkan hujan.

Rasulullah biasanya melaksanakan sholat Id di tanah lapang sebagaimana hadits Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu berikut ini.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى

Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha menuju tanah lapang. (HR. Bukhari dan Muslim)

Namun, menurut Fikih Manhaji Mazdhab Syafii dijelaskan, bahwa tempat sholat Id terbaik yaitu di tempat yang bisa banyak menampung jamaah. Apabila daya tampungnya sama, maka mengerjakan sholat Id di masjid akan lebih utama daripada di lapangan sebab umat muslim akan mendapatkan dua pahala sekaligus, yakni pahala sholat dan keberadaannya saat di masjid.  Rasulullah melaksanakan sholat Id di lapang sebab masjid Nabawi waktu itu tidak dapat menampung banyak jamaah.

Sedangkan untuk waktu melaksanakan sholat Idul Adha berdasarkan jumhur ulama yaitu dimulai dari matahari setinggi tombak hingga waktu zawal atau matahari bergeser ke barat.

Sunnah Sholat Idul Adha

Ada beberapa sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan, baik sebelum ataupun sesudah sholat Idul Adha seperti berikut ini.

  • Mandi sebelum berangkat. Sebelum berangkat sholat Id, Rasulullah biasa mandi, begitupun dengan para sahabat.
  • Menggunakan pakaian terbaik. Ketika sholat Id, Rasulullah menggunakan pakaian terbaik. Selain itu, beliau juga memerintahkan kepada para sahabat untuk menggunakan pakaian terbaik.
  • Memakai wewangian. Dianjurkan untuk menggunakan wewangian, khususnya bagi kaum pria. Sedangkan untuk kaum muslimah sebaiknya tidak memakai parfum yang aromanya tajam.
  • Mengajak keluarga. Rasulullah memerintahkan kepada semua wanita untuk menghadiri sholat id. Wanita yang sedang haid pun bahkan diajak melihat, tapi menjauh dari tempat sholat.
  • Takbiran ketika menuju ke tempat sholat. Ketika berangkat menuju tempat dilaksanakannya sholat, kita disunnahkan untuk takbiran. Bahkan disunnahkan sejak 9 Djulhijjah setelah subuh.
  • Jalan kaki. Dianjurkan untuk berjalan kaki, baik saat berangkat ataupun saat pulang. Tidak menggunakan kendaraan, kecuali jika ada hajat, misalkan karena tempatnya yang jauh.
  • Melalui jalan berbeda. Saat berangkat ataupun pulang disunnahkan untuk mengambil jalan yang berbeda.
  • Menyegerakan untuk memulai sholat Idul Adha. Menyegerakan dimulainya sholat merupakan salah satu sunnah sholat Idul Adha. Ini dimaksudkan supaya tersedia banyak waktu untuk qurban.

Demikian pembahasan mengenai sholat Idul Adha, mulai dari niat, tempat dan waktu pelaksanaan hingga sunnah melaksanakan sholat Idul Adha. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *