Niat Sholat Hajat dan Keutamaan Melaksanakannya

Posted on

Niat Sholat Hajat – Dalam hidup, manusia tentu memiliki harapan dan keinginan yang diharapkan menjadi kenyataan. Baik itu keinginan dengan sifat duniawi atau keinginan dengan sifat akhirati. Kita dianjurkan untuk meminta dan memohon kepada Allah SWT. Sebab hanya Allah yang dapat mengabulkan semua permohonan kita. Untuk menyampaikan permohonan, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melaksanakan sholat. Sholat yang dilakukan ketika seseorang ingin memohon sesuatu pada Allah SWT yaitu sholat hajat.

Baca juga : Niat Sholat Taubat

Pengertian Sholat Hajat

Sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan untuk maksud khusus, yaitu memohon kepada Allah SWT agar hajat, keperluan atau kebutuhan dikabulkan oleh Allah SWT.

Setiap orang tentunya memiliki hajat dalam hidupnya, memliki keperluan dan kebutuhan. Keperluan tersebut ada yang sifatnya ringan dan tidak banyak disadari. Namun, ada juga keperluan yang dirasa besar.

Tidak hanya berdoa, namun Rasulullah juga mengajarkan dengan mendahuluinya dengan melaksanakan sholat sunnah sebanyak dua rakaat. Dimana sholat dua rakaat yang dilaksanakan dengan maksud untuk meminta pertolongan dari Allah yaitu sholat hajat.

Waktu melaksanakan sholat hajat itu sendiri bisa siang ataupun malam. Yang terpenting anda melaksanakannya di luar waktu dilarang melaksanakan sholat. Namun, waktu terbaik kita melaksanakan sholat hajat yaitu sepertiga malam terakhir. Pasalnya waktu ini merupakan waktu mustajab.

Niat Sholat Hajat

Berikut ini niat sholat hajat, arab, latin dan artinya yang dapat anda simak.

Niat Sholat Hajat

Keutamaan Melaksanakan Sholat Hajat

Sholat hajat mempunyai beberapa keutamaan dan yang paling utama yaitu hajat atau kebutuhan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Nah, berikut ini beberapa keutamaan melaksanakan sholat hajat.

Dicintai Oleh Allah SWT

Sholat hajat merupakan ibadah yang hukumnya sunnah. Melakukan ibadah sunnah akan mendatangkan kecintaan dari Allah SWT.

Derajatnya Ditinggikan

Keutamaan lainnya menjalankan sholat hajat yaitu derajatnya akan ditinggikan. Dengan memperbanyak melaksanakan sholat, maka Allah SWT akan meninggikan derajatnya.

Diampuni Segala Dosanya

Setiap manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa. Nah, dengan memperbanyak melaksanakan sholat maka Allah SWT akan mengampuni segala dosa yang telah diperbuat. Dengan melaksanakan sholat hajat termasuk memperbanyak sholat, serta sujud.

Hajat Akan Dikabulkan

Hajat akan dikabulkan merupakan keutamaan khusus melaksanakan sholat hajat. Jika anda ingin hajat dikabulkan, anda sebaiknya melaksanakan sholat hajat dengan sungguh-sungguh.

Artikel lainnya : Niat Sholat Istikharah

Cara Melaksanakan Sholat Hajat

Sholat hajat bisa dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.  Nah, berikut ini cara melaksanakan sholat hajat.

  • Ambil wudhu. Lakukan wudhu dengan cara yang baik dan benar.
  • Membaca niat. Sebelum melaksanakan sholat anda bisa mengawalinya dengan membaca niat seperti di atas.
  • Anda harus melaksanakan sholat hajat dengan khusyuk. Di rakaat pertama, anda bisa membaca surat Al-Fatihah. Kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat kursi. Sedangkan pada rakaat kedua anda bisa membaca surat Al Ikhlas setelah selesai membaca surat Al Fatihah.
  • Apabila anda sudah selesai mendirikan sholat, berzikirlah pada Allah SWT dengan membaca istigfar 100 kali.
  • Kemudian anda bisa memanjatkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW 100 kali.
  • Terakhir anda harus membaca doa sholat hajat, lalu panjatkan doa kepada Allah SWT dengan menyebutkan tujuan dan maksud anda melakukan sholat hajat. Anda dapat mengucapkan permohonan, serta permintaan dalam doa dengan sungguh-sungguh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *