Niat Puasa Tasu’a dan Asyura Beserta Keutamaan Menjalankannya

Posted on

Niat Puasa Tasu’a dan Asyura Beserta Keutamaan Menjalankannya – Bulan Muharram merupakan salah satu bulan istimewa untuk umat muslim. Di bulan Muharram umat muslim dapat melaksanakan ibadah puasa sunnah yang memiliki banyak keutamaan, yaitu puasa Tasu’a dan puasa Asyura. Berikut ini bacaan niat puasa Tasu’a dan Asyura beserta artinya, serta keutamaan melaksanakannya.

Bacaan Niat Puasa Tasu’a Beserta Artinya

Puasa Tasu’a merupakan puasa sunah yang dilaksanakan tanggal 9 Muharam. Dimana puasa sunah ini dilaksanakan mengiringi puasa esok harinya yaitu tanggal 10 Muharam. Nah, berikut ini bacaan niat puasa Tasu’a beserta latin dan artinya.

Niat Puasa Tasu’a dan Asyura

Bacaan Niat Puasa Asyura Beserta Artinya

Pada bulan Muharam, ada hari istimewa yang penuh dengan keutamaan. Dimana hari tersebut merupakan hari Asyura yaitu tanggal 10 Muharam. Puasa Asyura itu sendiri dilaksanakan pada tanggal 10 Muharam. Pada tanggal 10 Muharam terjadi peristiwa yang penting. Dimana pada hari ini Nabi Adam a.s diciptakan, dilahirkannya Nabi Ibrahim a.s, Nabi Ayyub a.s sembuh dari penyakitnya dan banyak peristiwa penting lainnya.

Pada hari tersebut Nabi Muhammad SAW puasa 2 hari yaitu pada tanggal 9 dan 10 Muharam. Berikut ini bacaan niat puasa Asyura lengkap dengan artinya.

Niat Puasa Tasu’a dan Asyura

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Rajab Lengkap dengan Latin dan Artinya

Tata Cara Melaksanakan Puasa Tasu’a dan Asyura

Menjalankan puasa Tasu’a dan Asyura tata caranya sama seperti menjalankan ibadah puasa lainnya. Hal yang membedakannya yaitu niatnya. Nah, berikut ini tata cara puasa sunah Tasua dan Asyura.

Membaca Niat

Setiap ibadah yang kita lakukan tentu selalu diawali dengan membaca niat. Ketika mengucapkan niat, umat muslim dapat membacanya dalam hati atau mengucapkan dengan lirih.

Sahur

Sama seperti menjalankan ibadah puasa wajib pada bulan Ramadhan, ketika melaksanakan puasa sunnah diharuskan untuk makan sahur. Hukum sahur yaitu sunah, dimana apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan tidak dilakukan tidak apa-apa. Puasa yang dijalankan tetap sah.

Menahan Diri  dari Hawa Nafsu

Ketika sedang berpuasa maka kita harus menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Misalkan dilarang makan dan minum, marah dan lain sebagainya sebelum waktunya buka puasa.

Buka Puasa

Sama halnya seperti menjalanan puasa wajib dan sunnah lainnya, puasa sunah Tasu’a dan Asyura juga diakhiri buka puasa. Dimana sunnah dalam berbuka salah satunya yaitu menyegerakan ketika sudah masuk waktu buka puasa.

Keutamaan Menjalankan Puasa di Bulan Muharam

Ada beberapa keutamaan yang akan didapatkan dengan menjalankan puasa di bulan Muharam seperti berikut ini.

  • Menebus dosa setahun sebelumnya. Keutamaan menjalankan puasa Asyura yaitu dapat menebus dosa setahun silam yang kita lakukan.
  • Mewujudkan impian Rasulullah. Keinginan rasulullah yang belum terlaksana yaitu puasa Tasu’a yang dijalankan pada 9 Muharram.
  • Keutamaan di bawah puasa Ramadhan. Keutamaan puasa di bulan Muharram tepat di bawah puasa bulan Ramadhan. Oleh karena itu, tidak heran jika keutamaan puasa di bulan Muharram sangat besar.
  • Keutamaan puasa Tasu’a dan Asyura juga menjadi wujud syukur pada Allah karena telah menyelamatkan hamba-Nya yang beriman yaitu Nabi Musa, beserta Harun ‘alaihimas salam dan Bani Israil dari kejahatan Fir’aun.
  • Meneladani Nabi Musa, Harun, serta Muhammad ‘alaihimus shalatu was salam yang menjalankan ibadah puasa di hari Asyura.

Itulah niat puasa Tasu’a dan Asyura beserta latin dan artinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *