Bacaan Niat Puasa Syawal dan Artinya

Posted on

Bacaan Niat Puasa Syawal dan Artinya – Puasa Syawal merupakan salah satu ibadah sunah yang dilaksanakan setelah hari raya Idulfitri. Walaupun hukumnya sunah, namun menjalankan puasa Syawal akan mendatangkan keutamaan yang luar biasa.

Nah, terlepas dari keutamaan puasa Syawal, anda harus memperhatikan dengan benar waktu melaksanakannya supaya tidak sia-sia. Nah, berikut ini penjelasan seputar puasa Syawal, mulai dari waktu pelaksanaan, niat puasa Syawal dan keutamaan melaksanakannya.

Waktu Mengerjakan Puasa Syawal

Terkait pelaksanaan puasa sunah Syawal, yaitu 6 hari di bulan Syawal. Idealnya, waktu melaksanakan puasa sunah Syawal 6 hari ini yaitu setelah hari Raya Idulfitri, yaitu pada tanggal 2 sampai 7 Syawal. Akan tetapi, orang yang menjalankan puasa di luar tanggal tersebut  tidak apa-apa yang terpenting masih di bulah Syawal.

Waktu menjalankan puasa Syawal juga lebih utama apabila kita melaksanakannya dengan berurutan selama 6 hari. Akan tetapi, tidak apa-apa jika kita melaksanakannya tidak berurutan yang terpenting masih di bulan Syawal. Melaksanakan puasa Syawal dengan berurutan selama 6 hari, itu menunjukan bahwa umat islam berlomba-loma menjalankan perintah Allah SWT.

Baca juga : Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaan Melaksanakannya

Bahkan dengan mengqadha puasa di bulan Syawal akan tetap mendapatkan keutamaan seperti menjalankan puasa sunah Syawal.

Niat Puasa Syawal dan Artinya

Berikut ini bacaan niat puasa Syawal beserta latin dan artinya yang dapat dibaca pada malam hari.

Niat Puasa Syawal

Sedangkan untuk orang yang mendadak ingin menjalankan puasa Syawal saat pagi hari, maka diperbolehkan untuk berniat saat ia berniat berpuasa saat itu juga. Niat boleh dilakukan ketika siang hari selama belum minum, makan atau melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa sejak subuh. Nah, berikut ini niat yang dapat anda baca.

Niat Puasa Syawal

Keutamaan Menjalankan Puasa Syawal

Menjalankan puasa Syawal akan mendatangkan banyak keutamaan. Berikut ini beberapa keutamaan puasa Syawal.

Puasa Setahun Penuh

Keutamaan menjalankan puasa Syawal yang pertama yaitu seperti melaksanakan puasa selama satu tahun penuh. Puasa Syawal yang hanya dikerjakan selama 6 hari, namun Allah SWT memberikan pahala atau ganjaran seperti seseorang yang menjalankan puasa selama 12 bulan.

Mendapatkan Pahala yang Berlipat

Keutamaan menjalankan puasa Syawal selanjutnya yaitu akan memperoleh pahala berlipat ganda. Seseorang yang menjalankan puasa sunnah ini selama 6 hari setelah hari raya, maka pahala yang akan diterima berlipat ganda.

Menyempurnakan Ibadah

Menjalankan puasa sunnah Syawal juga akan menyempurnakan ibadah. Sama halnya seperti sholat sunnah, ibadah ini akan menutup kekurangan, serta menyempurnakan ibadah wajib.

Mendekatkan Diri Pada Allah

Menjalankan puasa Syawal juga akan mendekatkan diri pada Allah SWT. Muslim yang mejalankan puasa Syawal selama 6 hari maka di sisi Allah SWT akan mendapatkan tempat yang mulia.

Selain itu, menjalankan puasa Syawal juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Setelah kita melaksanakan hari raya Idulfitri, kita akan kembali makan sebanyak 3 kali sehari. Hal ini akan dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Menjalankan puasa Syawal dapat dijadikan sebagai kontrol untuk menekan porsi makan. Hal ini akan menjadi transisi setelah makan dalam jumlah besar dan mencegah masalah pada sistem pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *