Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahannya

Posted on

Niat Puasa Ramadhan – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang Mulia, bulan yang istimewa yang kedatangannya selalu ditunggu dan dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia ini. Bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan di dalamnya yang tidak bisa kita temukan di bulan yang lainnya.

Di bulan suci Ramadhan sebagai umat islam kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa yang dilakukan dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Saat puasa kita dituntut untuk menahan rasa haus dan lapar serta hawa nafsu. Jika kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan diterima oleh Allah SWT, maka kita akan mendapatkan pahala.

Puasa itu sendiri adalah ajang bagi umat Islam untuk semakin meningkatkan ibadah dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Mengapa harus meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT? Berikut ini beberapa alasannya. ( Baca juga : Niat Doa Sholat Tarawih )

  • Bulan Ramadhan termasuk bulan yang spesial karena di bulan ini kitab suci Al-Qur’an diturunkan. Bahkan yang lebih istimewa lagi, selain Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam, kitab-kitab suci yang lainnya pun diturunkan pada bulan yang sama.
  • Menjalankan puasa di bulan Ramadhan adalah wajib hukumnya. Sebagai umat Islam kita dituntut untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Bahkan keistimewaan bulan Ramadhan diperkuat dalam kitab suci Al-Qur’an yang menyebutkan bahwa bulan Ramadhan adalah satu-satunya bulan yang disebutkan dalam Al-Qur’an. ( Qs. Al-Baqarah [2]: 185)
  • Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana malaikat Jibril menemui Nabi Muhamad SAW untuk mengajaknya melakukan tadarus dari awal hingga akhir.
  • Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci. Di bulan Ramadhan semua pintu berkah dan segala rahmat juga kebaikan dibuka selebar-lebarnya.
  • Allah SWT menjanjikan surga untuk hambanya yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan niat hanya semata-mata iman serta mengharap ridhonya.
  • Bulan Ramadhan menjadi bulan dimana umat Islam dianjurkan untuk membelanjakan hartanya di jalan kebaikan. Selain itu, di bulan ini pun umat islam dianjurkan untuk bersedekah pada fakir miskin juga orang-orang yang tidak mampu.
  • Berpuasa di bulan Ramadhan hakikatnya untuk melatih diri agar menjadi manusia yang bertaqwa, serta jauh lebih baik lagi. Kita dituntut untuk bersabar, bijak serta mampu menahan emosi, lapar maupun dahaga.
  • Di bulan Ramadhan amal ibadah dilipat gandakan.
  • Bulan Ramadhan ditutup dengan hari yang fitri, yakni hari raya idul Fitri. Dimana hari ini merupakan hari kemenangan umat Islam. Di hari ini kebahagiaan dan kegembiraan datang setelah selama sebulan penuh menjalankan puasa.

Salah satu dari rukun puasa yaitu niat. Adapun niat puasa Ramadhan diucapkan saat malam hari, biasanya diucapkan setelah menjalankan shalat tarawih. Namun, yang pasti niat puasa Ramadhan harus dilakukan sebelum subuh atau sebelum imsak. Adapun niat puasa Ramadhan adalah sebagai berikut. ( Artikel lainnya : Doa Sehari-sehari )

Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahannya

Niat puasa Ramadhan yang kami lengkapi dengan bahasa Arab, Latin beserta dengan terjemahannya.

Niat Puasa Ramadhan

Tak sedikit orang yang tidak hafal niat puasa Ramadhan. Karena niat menjadi salah satu rukun puasa, maka penting untuk membaca niat sebelum memulai puasa. Seperti yang kita ketahui, puasa Ramadhan adalah puasa wajib untuk semua umat muslim di dunia ini. Sempurnakan puasa anda dengan membaca niat puasa Ramadhan. Demikian niat puasa Ramadhan lengkap dengan bahasa Arab, Latin dan terjemahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *