Niat Puasa Daud dan Keutamaan Menjalankannya

Posted on

Niat Puasa Daud dan Keutamaan Menjalankannya – Puasa merupakan salah satu ibadah yang memberikan banyak keutamaan. Selain puasa wajib, ada banyak jenis puasa sunnah yang bisa kita jalankan untuk mendapatkan pahala dan keutamaannya, salah satunya yaitu puasa Daud.

Apa Itu Puasa Daud?

Puasa Daud merupakan puasa yang dilakukan dengan selang-seling, misalkan sehari berpuasa dan sehari tidak. Puasa ini disebut dengan puasa Daud sebab merupakan puasanya Nabi Daud AS.

Puasa ini bermula pada saat ada seseorang yang terus menerus beribadah saat malam hari, kemudian puasa ketika siang hari. Rasulullah SAW diberi petunjuk supaya dilaksanakan 3 hari dalam seminggu. Akan tetapi orang tersebut mendesak dan masih merasa memiliki kemampuan melaksanakan puasa lebih dari itu.

Keutamaan Melaksanakan Puasa Daud

Puasa Daud merupakan puasa yang paling dicintai Allah SWT. Sehingga puasa ini memiliki banyak keutamaan untuk orang yang menjalankannya. Nah, ada beberapa keutamaan menjalankan puasa Daud seperti berikut ini.

Segala Urusan Dipermudah

Puasa Daud diketahui sebagai waktu segala doa diijabah oleh Allah SWT. Jika kita memanjatkan doa, serta beribadah selama menjalankan puasa Daud, maka kita akan mendekatkan diri pada Allah, serta segala do’anya akan dikabulkan.

Puasa Sunnah Tertinggi

Selain itu, keutamaan menjalankan puasa Daud lainnya yaitu sebagai puasa sunnah tertinggi. Puasa Daud menjadi puasa sunnah dengan tingkatan tertinggi, serta terberat. Seseorang tidak boleh menjalankan puasa lebih dari batasan karena tubuh mempunyai hak dan harus senantiasa dijaga.

Seperti Menjalankan Puasa  Setengah Tahun

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR Bukhari dan Muslim).

Menurut hadits di atas, puasa Daud merupakan sebaik-baiknya berpuasa. Puasa Daud juga mempunyai keutamaan yang lebih utama dari puasa sepanjang tahun. Menjalankan puasa ini tentu menjadi keuntungan untuk seseorang yang ingin melaksanakannya untuk mendapatkan pahala.

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Syawal dan Artinya

Bacaan Niat Puasa Daud Beserta Latin dan Artinya

Berikut ini bacaan niat puasa Daud lengkap dengan latin dan artinya yang bisa anda baca.

Niat Puasa Daud

Bagaimana Cara Melaksanakan Puasa Daud?

Puasa Daud merupakan puasa sunnah, namun ada beberapa cara penting yang harus anda ketahui supaya puasa yang dijalankan menjadi berkah seperti berikut ini.

  • Niat. Niat puasa Daud dilafalkan tidak jauh berbeda dengan puasa pada umumnya. Anda bisa membaca niat ketika sebelum fajar atau saat malam harinya. Akan tetapi, jika anda lupa untuk membaca niat, namun hal itu tidak akan membuat puasa anda batal. Anda bisa membaca niat saat pagi hari sebelum melakukan hal yang dapat membatalkan puasa.
  • Sahur. Ketika akan melaksanakan puasa ini, anda bisa menjalankan sahur terlebih dahulu. Sahur disunnahkan. Dengan sahur kita akan mendapatkan pahala dan berkah. Hanya saja, jika anda kesiangan tidak bisa sahur, hal ini tidak akan membuat puasa anda batal.
  • Tidak Melakukan Hal yang Membatalkan Puasa. Sama seperti menjalankan ibadah puasa lainnya, anda juga harus menghindari hal-hal yang akan dapat membatalkan puasa.
  • Berbuka. Waktu berbuka puasa Daud sama seperti waktu berbuka puasa Ramadhan. Saat waktunya buka puasa, anda harus menyegerakan berbuka puasa.

Itulah niat puasa Daud beserta keutamaan dan tata cara melaksanakannya. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *