Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaan Melaksanakannya

Posted on

Niat Puasa Ayyamul Bidh  – Selain puasa wajib pada bulan Ramadhan, ada beberapa puasa sunnah yang bisa kita laksanakan, salah satunya puasa Ayyamul Bidh. Menjalankan puasa sunnah tentu memiliki banyak keutamaan untuk umat Islam yang menjalankannya.

Baca juga : Niat Sholat Hajat

Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad. Dalam islam semua bulan istimewa. Dimana pada setiap bulannya, kita bisa melaksanakan puasa sunnah 3 hari. Puasa Ayyamul Bidh dapat dilaksanakan di hari ke 13, 14 dan 15 setiap bulannya.

Puasa ini dilaksanakan saat pertengahan bulan, sehingga puasa ini sering disebut dengan puasa tengah bulan. Disebut sebagai puasa Ayyamul Bidh yaitu karena puasa ini dilaksanakan saat bulan sedang bersinar dan terang. Sehingga malam akan nampak lebih bercahaya dan putih. Tidak hanya disebut sebagai puasa tengah bulan, namun puasa ini juga disebut dengan puasa putih. Ketentuan melaksanakan puasa ini sama dengan menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan serta puasa sunnah yang lainnya.

Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Artinya

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Membaca niat puasa bisa anda lakukan saat malam hari atau pada saat makan sahur. Namun jika anda lupa melafalkannya ketika malam atau sahur, anda bisa melafalkan niat berpuasa setelah terbit fajar. Dengan syarat anda belum melakukan hal yang bisa membuat puasa batal seperti misalkan minum, makan atau melakukan perbuatan yang lainnya.

Puasa Ayyamul Bidh  dilaksanakan pada pertengahan bulan. Meskipun begitu puasa ini haram dilaksanakan tanggal 13 Zulhijah.

Keutamaan Melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh

Melaksanakan puasa Ayyamul Bidh mempunyai banyak keutamaan. Nah, berikut ini beberapa keutamaan melaksanakan puasa Ayyamul Bidh.

Perintah Nabi Muhammad  SAW

Melaksanakan puasa putih adalah salah satu wasiat Rasulullah. Hal itu sesuai dalil yang menyatakan terdapat 3 wasiat dari Rasulullah agar tidak ditinggalkan. Dimana salah satu wasiat Rasulullah untuk umat islam yaitu melaksanakan puasa sebanyak 3 hari pada setiap bulannya.

Kebiasaan Rasulullah

Menjalankan puasa tengah bulan menjadi kebiasaan Rasulullah. Kita harus senantiasa mencontoh amalan yang Rasulullah lakukan. Saat umat muslim menjalankan hal yang sama, artinya sama dengan melaksanakan sunnah Rasulullah.

Meperbanyak Pahala

Menjalankan puasa Ayyamul Bidh akan mendapatkan pahala. Kebiasaan Rasulullah ini dapat menjadi contoh untuk umat islam agar hidup sesuai syariat Allah. Kita bisa melakukan banyak ibadah sebagai bekal di akhirat.

Pahala Puasa Ayyamul Bidh Sama Seperti Puasa Sepanjang Tahun

Menjalankan puasa sepanjang tahun tentu tidak akan kuat. Oleh karena itu, untuk mendapatkan pahala seperti melaksanakan puasa sepanjang tahun, kita bisa melaksanakan puasa Ayyamul Bidh.

Membuat Hidup Lebih Tenang

Kehidupan di dunia hanyalah sementara. Kehidupan yang kekal yaitu kehidupan diakhirat. Oleh karena itu, kehidupan di dunia hendaknya diisi dengan amalan sholeh.

Menjalankan puasa tengah bulan menjadi salah satu yang bisa kita lakukan sebagai cara membentengi diri dari dosa, serta membuat hati lebih tenang. Saat menjalankan ibadah puasa kita  harus menghindarkan diri dari perbuatan dosa. Sehingga dengan menjalankan ibadah puasa ini kehidupan kita akan menjadi lebih damai dan tenang.

Artikel lainnya : Niat Sholat Taubat, Arab, Latin dan Artinya

Itulah niat puasa Ayyamul Bidh dan keutamaan melaksanakannya. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *