Niat Buka Puasa Ramadhan dan Artinya

Posted on

Niat Buka Puasa Ramadhan dan Artinya – Ibadah puasa di bulan Ramadhan menjadi kewajiban untuk setiap umat muslim yang sudah memenuhi syarat. Saat puasa kita tidak makan atau minum sehari penuh. Nah, waktu buka puasa menjadi momen yang paling dinantikan setelah berpuasa. Biasanya aneka makanan disajikan sebagai menu buka puasa. Saat buka puasa, ada adab yang harus anda amalkan, termasuk membaca doa buka puasa. Berikut ini adab berbuka puasa, beserta doa buka puasa dan keutamaan puasa.

Adab Berbuka Puasa

Ada beberapa adab buka puasa yang diajarkan Rasulullah SAW yang hendaknya diamalkan agar mendapatkan pahala dan berkah, juga dapat menyempurnakan ibadah puasa yang dijalankan seperti berikut ini.

Menyegerakan Berbuka

Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa yang menjalankan ibadah puasa sebaiknya menyegerakan untuk membatalkan ibadah puasanya saat waktunya buka telah tiba. Oleh karena itu, ketika anda mendengar adzan maghrib berkumandang, anda jangan menunda-nunda dan harus segera membatalkan puasanya.

Membaca Bismillah

Sebelum anda berbuka puasa, disunnahkan untuk diawali dengan membaca Bismillah supaya makanan dan minuman  yang kita makan menjadi berkah. Setelah anda selesai membaca bismillah, anda bisa melanjutkannya dengan membaca doa buka puasa.

Baca juga : Niat Puasa Ramadhan 

Membaca Doa Buka Puasa

Waktu buka puasa merupakan salah satu waktu doa akan dikabulkan.

Selain itu, ada sunnah berbuka puasa yang dianjurkan diantaranya yaitu buka puasa dengan kurma atau makanan manis, dan air putih. Saat buka puasa hendaknya anda makan secukupnya saja.

Niat Buka Puasa Ramadhan dan Artinya

Buka puasa ditandai dengan adzan magrib yang berkumandang. Sebelum anda membatalkan puasa dengan makan dan minum, anda bisa membaca doa buka puasa terlebih dahulu. Berikut ini bacaan doa buka puasa beserta latin dan artinya.

Niat Buka Puasa Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan memiliki banyak keutamaan di dalamnya. Adapun keutamaan bulan Ramadhan seperti berikut ini.

  • Bulan diturunkannya Al-Qur’an. Ramadhan merupakan bulan yang mulia. Dimana bulan ini merupakan bulan yang semua umat muslim dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa. Selain itu, bulan ini juga dipilih sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an.
  • Di bulan Ramadhan, setan-setan akan dibelenggu, kemudian pintu neraka ditutup, serta pintu surga dibuka. Pintu surga di buka di bulan ini sebab amal saleh banyak dikerjakan, serta memotivasi bagi semua umat muslim agar melakukan kebaikan. Pintu neraka ditutup karena sedikitnya maksiat yang dilakukan.
  • Di bulan Ramadhan juga terdapat malam yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan. Di bulan ini terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan yakni malam lailatul qadar.
  • Bulan suci Ramadhan menjadi salah satu waktu doa dikabulkan.

Keutamaan Menjalankan Puasa

Di bulan Ramadhan, semua umat islam wajib menjalankan ibadah puasa. Adapun beberapa keutamaan puasa di antaranya seperti berikut ini.

  • Puasa merupakan perisai yang akan melindungi dari api neraka.
  • Orang yang menjalankan ibadah puasa akan mendapatkan pahala.
  • Orang yang menjalankan ibadah puasa akan memperoleh 2 kebahagiaan.
  • Bau mulut seseorang yang menjalankan ibadah puasa lebih harum dibandingkan dengan bau kasturi.
  • Bagi orang yang menjalankannya, puasa akan memberikan syafaat .
  • Disediakan Ar-Rayyan untuk orang yang berpuasa. Di hari kiamat orang yang berpuasa akan masuk surga dari pintu tersebut.

Itulah niat buka puasa beserta latin dan artinya, beserta keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *