Kumpulan Doa Nabi Nuh Pilihan Tentang Keselamatan

Posted on

Kumpulan Doa Nabi Nuh Pilihan Tentang Keselamatan – Nabi Nuh adalah hamba Allah yang Shaleh. Dalam perjalanan hidupnya, beliau dikenal dengan Nabi yang mendapatkan Wahyu selamat dari bencana banjir dan air bah yang besar. Semua ini tentunya tidak terlepas dari doa-doa mustajab yang Beliau panjatkan. Nah, untuk anda yang ingin mengetahui seperti apa amalan doa Nabi Nuh pilihan tentang keselamatan dan keberkahan. Mari kita simak informasinya dibawah ini.

Berdasarkan kitab Shahih Bukhari, diriwayatkan dalam suatu hadits Rasulullah SAW, dari sahabat Abu Hurairah RA. Hadits tersebut menerangkan bahwa Nabi Nuh AS adalah rasul pertama yang diutus oleh Allah SWT kepada seluruh penghuni yang ada di bumi.

Perjuangan yang dilakukan oleh Beliau dalam menegakkan kalimat Allah di bumi dimulai dari usia 40 tahun hingga beliau berusia 950 tahun.

Meski perjuangannya yang terhitung begitu panjang dalam menegakkan kalimat Allah. Namun beliau terhitung sebagai Nabi dengan pengikut paling sedikit. Hanya sedikit orang yang beriman dan mengikuti dakwah beliau. Baca juga: Bacaan Doa Tahlil Lengkap dengan Terjemahannya

Kebanyakan dari kaumnya membangkang bahkan mendustakan kenabian Nabi Nuh AS sebagai seorang hamba utusan Allah SWT. Akhirnya, beliau memohon kepada Allah SWT untuk menurunkan azab yang menghancurkan jiwa dan seluruh harta pada kaum yang dzalim tersebut.

Kumpulan Doa Nabi Nuh Pilihan Tentang Keselamatan

Didalam Al-Qur’an sendiri ada cukup banyak kisah tentang sejarah perjalanan Nabi Nuh AS yang banyak mengandung hikmah. Banyak pula kumpulan doa-doa Nabu Nuh AS yang dianggap mustajab.

Yang mana tentunya, untuk anda yang ingin mengamalkan kumpulan doa-doa Nabi Nuh pilihan tentang keselamatan di dunia maupun diakhirat. Maka mari simak dibawah ini.

Doa Nabi Nuh AS Memohon Keselamatan Dirinya dan Orang-Orang Beriman

Selama berabad-badan sepanjang usianya, berbagai macam bentuk penderitaan dan siksaan telah dialami beliau. Kaum dzalim yang mendustakan kenabian Nuh AS semakin membuat amanah dakwah yang diberikan oleh Allah SWT terasa sulit untuknya.

Namun sampai pada akhirnya, meski dengan jumlah pengikut dan umatnya yang terbilang sedikit. Nabi Nuh AS meminta kepada Allah SWT untuk membinasakan kaumnya yang dzalim tanpa terkecuali.

Mulai dari anak yang baru lahir sampai dengan orangtua yang sudah begitu renta semuanya tidak bisa lepas dari murka Allah. Semu ini adalah akibat dari sikap mereka yang tidak mau mendengar seruan Allah SWT dan mengikuti seruan Rasulnya.

Sementara itu, untuk melanjutkan kehodpan yang baru dan perlu adanya generasi penerus yang tetap berjuang di jalan Allah SWT. Nabi Nuh AS berdoa agar dirinya, keluarganya dan para pengikutnya yang beriman diberikan ampun dan keselamatan dan azab Allah diakhirat kelak.

Adapun doa yang pada saat itu dipanjatkan oleh Nabi Nuh AS ini diceritakan dalam Al-Qur’an. yang manan tentunya anda akan dapat menyimaknya dibawah ini.

Kumpulan Doa Nabi Nuh Pilihan Tentang Keselamatan

Itulah dia doa Nabi Nuh AS pada saat meminta pertolongan kepada Allah SWT tentang keselamatan keluarga dan para umatnya yang beriman.

Hikmah dan Pelajaran

  • Hal utama yang kita mohonkan kepada Allah SWT adalah keselamatan diri kita sendiri. Baik keselamatan di dunia dan utamanya adalah keselamatan di akhirat nanti.
  • Kemudian setelah itu, panjatkan pula keselamatan untuk kedua orangtua kita. Lalu orang-orang yang pernah masuk kedalam rumah kita.
  • Seperti halnya tetangga, teman-teman, sahabat, handai taulan dan masih banyak lagi.
  • Panjatkan pula keselamatan untuk orang-orang seiman, seagama serta sekeyakinan yang sama dengan kita. Baik untuk mereka yang masih hidup ataupun yang sudah tiada.
  • Bacalah doa ini. Sebab berdoa untuk kedua orang tua bersama dengan saudara-saudara kita yang lain. Adalah salah satu doa yang tidak akan ditolah oleh Allah SWT.

Doa Nabi Nuh AS Memohon Perlindungan

Dalam Al-Quran dikisahkan bahwa putra Nabi Nuh AS bernama Kan’an adalah putra Nuh AS yang tidak ingin patuh pada ajakan Nabi Nuh. Pada saat itu, Nabi Nuh meminta putranya tersebut untuk masuk kedalam kapal namun ia menolak. Nabi Nuh AS merasa tidak rtega dan iba melihat anaknya mati tenggelam. Kemudian ia adukan kesedihannya dihadapan Allah SWT (lihat QS. Huud:45).

Kumpulan Doa Nabi Nuh Pilihan Tentang Keselamatan

Namun Allah SWT melarang Nuh memohon keselamatan untuk Kan’an. Allah SWT menjelaskan bahwa Kan’an bukanlah bagian dari keluarganya dan mereka yang termasuk keluarganya itu adalah orang-orang yang mau mendengarkan nasihat yang disampaikannya (lihat QS. Huud:46).

Setelah Nuh AS mengetahui kebenarannya, beliau lantas memohon kepada Allah SWT supaya diberikan perlindungan dari kesalahan dalam memohonkan sesuatu.

Jadi demikian, doa dibawah ini adalah doa Nabi Nuh memohon perlindungan dari hal yang tidak bermanfaat.

Hikmah dan Pelajaran

  • Doa ini mengajarkan kita bahwa terkadang Tuhan Allah SWT tidak berkenan untuk mengabulkan permintaan kita. Sebagaimana yang telah kita harapkan. Namun kita mungkin tidak mengetahui hakikat dari kehendak dan ketentuan yang Ia berikan. Namun jangan sampai perasaan iba dan kasihan. Lantas membuat kita menutup mata dari kebenaran.
  • Berdoalah kepada Allah SWT karena sebaik-baiknya Ia adalah pelindung dan penjaga kita. Kapanpun dan dimana pun semoga Allah senantiasa melindungi kita. Serta melindungi kita dari doa-doa yang tidak kita ketahui hakikat kebenarannya.
  • Semoga kita pun terhindar dari golongan orang-orang yang selalu bersuudzon kepada Allah SWT.

Doa Nabi Nuh AS Setelah Diselamatkan dari Kaum yang Dzalim

Pada hakiktanya ini adalah doa syukur yang dipanjatkan oleh Nabi Nuh AS. Doa ini Ia panjatkan setelah kapal berlayar dan mendarat kembali. Sesuai janji Allah dan menyelamatkan Nuh AS bersama dengan keluarga dan umatnya dari banjir besar.

Sementara orang-orang dzalim Allah tenggelamkan dan ditelan oleh badai besar yang Allah kirimkan pada saat itu. Setelah kapal mendarat dan ia bersama dengan kaumnya selamat dari bencana besar ini. Ia kemudian memanjatkan doa sebagai puji syukur yang ia berikan kepada Allah.

Ingin tahu seperti apa doa tersebut? Mari simak dibawah ini lengkap bersama dengan artinya. Simak langsung informasinya dibawah ini.

Kumpulan Doa Nabi Nuh Pilihan Tentang Keselamatan

Itulah dia rangakaian doa Nabi Nuh AS setelah diselamatkan dari Kaum yang Dzalim. Semoga dapat anda amalkan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Sang Khalik.

Hikmah dan Pelajaran

  • Rasa syukur sudah seyoganya dipanjatkan setiap saat. Karena nikmat yang Allah SWT berikan dalam kehidupan kita setiap detiknya tentu tidak bisa kita hitung.
  • Bersyukur bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Karena kita tidak tahu kapan nafas dan detak jantung ini berhenti yang mana terhenti pula amalan baik kita di dunia.
  • Selalu bersyukur akan senantiasa menjadikan kita pribadi yang lebih ramah dan selalu menghargai orang lain.
  • Allah cinta terhadap hambanya yang pandai bersyukur. Janji Allah SWT menerangkan bahwa Allah SWT senantiasa melipat gandakan berkah pada orang-orang yang bersyukur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *