Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Posted on

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah – Menikah merupakan sebuah hal yang begitu esensial dalam kehidupan manusia, tidak hanya soal penyaluran nafsu namun lebih dari sekedar hal tersebut. Menikah memiliki banyak sekali keutamaan yang di antaranya adalah memperoleh ketentraman hidup, menghindarkan perbuatan tercela, memperoleh keturunan dan mengikuti sunnah Rassul. Dengan demikian menikah memiliki peran dan fungsi yang besar dalam kehidupan seorang manusia.

Dalam pandangan islam sendiri pernikahan itu terbagi atas 5 hukum nikah yang dikenakan kepada seorang individu. Hukum nikah tersebut antara lain adalah, jaiz, sunnah, wajib, makruh dan haram. Sebuah pernikahan tidak akan diwajibkan sampai seorang individu memiliki kesiapan dan niatan yang baik baik fisik dan mental. Bahkan akan menjadi makruh dan haram hukumnya jika kesiapan dan niatan dari seorang individu tersebut tidak memenuhi persyaratannya.

Berbicara mengenai pernikahan, maka perlu juga memahami pentingnya membina rumah tangga yang baik. Membina hubungan pernikahan bukanlah suatu perkara yang mudah. Bersatunya dua individu yang berbeda membuat munculnya hak dan kewajiban antara keduanya. Dalam pernikahan juga terdapat rukun dan persyaratan yang harus dipenuhi kedua belah pihak. Dengan demikian akan tercipta sebuah keluarg yang sakinah, mawadah warahmah yang bisa memenuhi semua tujuan dan keutamaan dalam berkeluarga.

Tidak terpenuhinya hak dan kewajiban antara satu sama lain dalam keluarga tentunya bisa menimbulkan perpisahan pada sebuah pasangan. Terjadinya hal demikian pada akhirnya bisa menganggu hubungan keluarga yang berujung pada perceraian/talak. Dalam kondisi normal perceraian ini dikatakan sebagai hal yang dibenci oleh Allah SWT. Oleh karena itu, jikalau masih bisa dicarikan jalan keluar maka tidak perlulah kiranya perpisahan itu harus terjadi. Meskipun demikian pada beberapa kasus, perceraian bisa jadi wajib hukumnya karena melihat kondisi pernikahan yang menimbulkan banyak mudharat.

Dari perceraian yang terjadi, tidak jarang banyak menimbulkan hal-hal lain yang buruk. Perceraian itu berimbas pada berbagai aspek kehidupan seorang individu. Apalgi jika pasangan tersebut sudah berketurunan, maka dampaknya akan cukup sangat besar terasa bagi keturunan mereka.

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Agar Sakinah, Mawadah, Warahmah

Melihat kenyataan yang ada, maka hendaklah setiap pasangan yang sudah dan hendak berumah tangga bersiap diri akan segalah hal yang bisa merusak hubungan rumah tangga. Hal ini perlu dipikirkan, karena tidak ada yang mau menikah hanya untuk berpisah (bercerai). Hal yang perlu digaris bawahi adalah dengan memenuhi hak dan kewajiba masing-masing dalam kehidupan rumah tangga itu sendiri. Dengan hak dan kewajiban yang dipenuhi, maka kemungkinankeluarga tersebut bisa langgeng sangatlah besar. Tentunya kita berharap kehidupan rumah tangga yang kita miliki akan bertahan sampai ajal memisahkan. Baca juga: Desain rumah

Selain hal di atas ada banyak hal dan cara yang bisa ditempuh demi mendapatkan keluarga yang sakinah mawadah serta warahmah. Dari sekian banyak cara yang ditempuh untuk mempertahankan kehidupan rumah tangga, salahsatu yang tidak boleh dilupakan adalah meminta pertolongan Allah SWT. Sebagai pasangan yang berumah tangga, maka senantiasalah berdoa kepada Allah SWT atas keluarga kalian. Dengan demikian, perlindungan dan keberkahan akan senantiasa diturunkan oleh Allah SWT.

Berbicara mengenai doa, maka berikut ini ada doa-doa yang bisa anda panjatkan untuk memelihara kehidupan rumah tangga. Doa-doa ini dipanjatkan dengan maksud memohonkan keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah. Dengan memanjatkan doa-doa tersebut, kita berharap perlindungan Allah akan senantiasa melindungi kehidupan pernikahan yang kita miliki. Berikut doa yang bisa anda panjatkan demi mendapatkan pasangan yang sakinah, mawadah dan warahmah.

Doa Agar Istiqomah Dalam Menjaga Kehidupan Rumah Tangga

Dilihat dari segi bahasa, istiqomah berarti tegak atau lurus. Jika diartikan secara lebih luas maka maknanya kan sangat mendalam. Istiqomah bisa berarti senantiasa berteguh, ikhlas dan bependirian tetap. Maka dengan beristiqomah kita berupaya mempertahankan keluarga kita dengan berbagai upaya disertai dengan hati yang ikhlas mencari ridha Allah.

Dengan istiqomah kita juga tidak akan mudah terbolakk-balik hatinya dan senantiasa menjaga keluarga kita dari ancaman perpecahan. Istiqomah juga menghindarkan kita dari niatan dan perbuatan yang bisa menghancurkan hubungan pernikhan dengan pasangan.

Berikut ini adalah doa yang bisa anda amalkan untuk memhon kepada Allah agar diberikan keistiqomahan dalam menjalankan hubungan rumah tangga. Silahkan simak di bawah ini. Kami berikan ayat dan maknanya sehinga anda bisa memahaminya. Kami berikan juga terjemahan latinnya untuk memudahkan untuk menghapalkan amalan tersebut.

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah
Selain doa di atas, anda juga bisa mengamalkan surat Yusuf ayat 101 untuk mendapatkan keistiqomahan dalam berkeluarga. Silahkan simak doa, makna dan terjemahannya di bawah ini.

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Demikianlah doa yang bisa anda panjatkan demi mendapatkan keistiqomahan dalam kehidupan berkeluarga.

Doa Agar Keluarga Senantiasa Harmonis

Keluarga yang harmonis dan rukun tentunya menjadi idaman bagi semua pasangan yang sudah menikah. Untuk membangun keluarga yang harmonis sendiri ada banyak hal dan aspek yang harus diperhatikan. Hal-hal umum seperti pemenuhan hak dan kewajiban menjadi yang mendasar. Meskipun demikian setiap pasangan memiliki caranya sendiri untuk membina hubungan keluarga yang harmonis, rukun dan juga damai.

Selain dengan cara-cara tersebut, tidak lupa kita harus selalu berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa menjaga kerukunan keluarga yang kita miliki. Dengan bermohon kepada Allah SWT kita juga akan senantiasa mengevaluasi diri kan hal-hal yang bisa merusak keharmonisan dalam kehidupan rumah tangga.

Berikut ini, kami berikan doa yang bisa anda amalkan untuk mendapatkan rumah tangga yang senantiasa harmonis. Silahkan amalkan doa tersebut untuk mendapatkan manfaat dan keutamaannya. Simak di bawah ini doa dan artinya.

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Berikut ini adalah terjemahan dari surat at tahrim yang bisa anda hapalkan.

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Demikianlah sepenggal doa yang bisa anda amalkan demi menjaga keutuhan dan keharmonisan keluarga yang sedang dibina. Dengan mengamalkan doa tersebut, mudah-mudahan keluarga kita senantiasa terhindar dari hal-hal yang bisa merusak keharmonisan hubungan keluarga.

Doa Ketika Keluarga Kita Tengah Berada Dalam Konflik

Membangun biduk rumah tangga tidaklah semudah yang dibayangkan. Menyatukan dua hati manusia memang tidaklah mudah. Banyak sekali perbedaan dan perselisihan yang seringkali merintangi hubungan pernikahan. Diperlukan kedewasaan cara berfikir dan kesiapan mental yang besar untuk keluar dari sebuah permasalahan atau konfilk yang terjadi.

Oleh karena itu, patutnyalah kita memelihara hubungan rumah tangga tersebut agar senantiasa terhindar dari segalam macam konfilk yang merintang. Namun jika sudah terjadi konflik, maka cara terbaik untuk menyelesaikan masalahnya adalah dengan kembali pada Allah SWT. Sebagai umatnya yang baik, maka sudah sepatutnya kita meminta petunjukanya atas segala permasalahan yang terjadi. Hal yang bisa lakukan adalah dengan berserah dan berdoa kepada-Nya.

Bagi anda yang tengah dilanda konflik atau permasalahan keluarga sebaiknya anda berdoa kepada Allah atas masalah yang tengah dihadapi. Adapun doa yang bisa dipanjatkan adalah sebagai berikut.

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Di bawah ini ada teks latin bagi anda yang belum terlalu fasih membaca tulisan arabnya.

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Surat tersebut bermakna kepasrahaan diri kepada Allah SWT atas segala permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan segala bentuk ancaman dan permasalahan yang ada kita senantiasa bertawakal dengan ilmu Allah dan kembali kepada kekuasaanya yang tidak berbatas.

Doa Agar Terhindar Dari Perselingkuhan dan juga Zina

Ada banyak faktor yang bisa memicu keretakan dalam sebuah rumah tangga. Hadirnya orang ketiga dalam sebuah hubungan rumah tangga belakangan begitu ramai terdengar. Banyak sekali pasangan yang akhirnya harus berpisah karena masalah orang ketiga. Terdengar begitu klise tapi pada kenyataanya hal tersebut banyak sekali terjadi.

Perbuatan perselingkuhan biasanya berujung pada perbuatan zina yang begitu dibenci oleh Allah SWT. Pebuatan demikian tenteunya akan mencedari banyak hal dari sisi pasangan yang dikhianati. Hal itu juga banyak membawa mudharat dalam biduk pernikahan sebuah pasangan. Oleh karena itu, patutnya kita mencegah agar hal tersebut jangan sampai terjadi pada rumah tangga yang kita bina.

Saling mengerti akan kebutuhan masing-masing pasangan dan membatasi pergaulan antar lawan jenis mungkin adalah beberapa cara dari sekian banyak hal yang bisa diusahakan. Hal lainnya tentunya terkait dengan hati dan perasaan manusia itu sendiri. Sedangkan perasaan dan hati seseorang hanyalah Allah yang mampu membolak-baliknya. Allah berkuasa atas segala apa yang dirasakan oleh manusia. Oleh karena itu kepada-Nya lah kita sepatutnya meminta perlindungan.

Bagi anda pasangan yang sudah menikah, maka berdoalah untuk keharmonisan keluarga anda. Mohonkanlah kepadanya untuk senantiasa menjaga semua panca inderanya dari godaan individu lain yang bisa menghancurkan hubungan pernikahan kita. Berikut ini kami berikan doa yang bisa anda amalkan dalam menjaga pasangan kita dari hubungan perselingkuhan dan juga perzinahan. Simak doa dan terjemahannya di bawah ini.

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Surat tersebut menceritakan mengenai Nabi Yusuf yang berdoa kepada Allah SWT. Beliau lebih menyukai penjara ketimbang ajakan atau godaan yang bisa berakibat buruk di kemudian hari. Karena sesungguhnya hal tersebut adalah sepenuhnya perbuatan yang bodoh serta tercela.

Doa Ketika Menerima Godaan Dari Pezina

Tidak dipungkiri bahwa ajakan dan godaan syaitan itu bisa datang kapanpun dan dimanapun. Sekali kita terjebak, maka banyak sekali kerugian dan kemudarathan yang akan kita terima di kemudian hari. Tentunya kita tidak ingin sampai mengalami hal demikian, kaerna konsekuensinya yang begitu berat. Konsekuensi yang diterima bahkan hingga nanti kelak kita berada di akhirat.

Terkait dengan hubungan pernikahan, maka salahsatu hal yang seringkali mengancam adalah adanya godaan dari orang-orang baru. Kehadiran orang tersebut yang menjadi pemicu munculnya masalah di dalam hubungan pernikahan. Jika sudah begitu maka perpisahanlah yang biasanya akan terjadi, dan tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi.

Kemungkinan tersebut tidak hanya bisa muncul dari pasangan kita, namun juga dari kita sendiri, oleh karena itu secara sadar kita juga harusnya bisa membentengi diri kita. Sebisa mungkin kita memelihara hati dan siri kita dari perbuatan yang mendekati zina, karena sesungguhnya konsekuensinya begitu nyata. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin senantiasa terlindung dari datangnya godaan tersebut bisa memelihara hati dengan cara berdoa. Adapun doa yang bisa anda panjatkan agar terhindar dari para pezina tersebut terdapat dalam surat Al-Qhashas ayat ke 21. Ayat tersebut berisikan permohonan kepada Allah atas godaan dari orang-orang dzalim. Silahkan simak doanya berikut ini.

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Demikianlah doa yang bisa anda panjatkan untuk memelihara hati agar terhindar dari para penggoda. Kami berikan ayat dan terjemahannya agar anda bisa menggali makna di dalamnya. Anda juga bisa menghapalkan doa tersebut untuk dihapalkan dan diamalkan.

Doa Agar Keluarga yang Kita Bina Hidup Sejahtera

Setiap dari kita tentunya menginginkan untuk bisa hidup sejahtera di dunia. Allah sendiri tidak membatasi umatnya untuk bisa hidup sejahtera, bahkan ia telah menebar banyak rezaki untuk kita tuai di dunia ini. Bagi anda yang sudah berkeluarga, pastilah memimpikan kehidupan keluarganya masing-masing sejahtera. Dengan keluarga yang sejahtera, maka kita bisa membina hubungan keluarga dengan nyaman dan tenang.

Selain dengan bekerja manusia juga diperintahkan untuk berdoa dan meminta kepada allah SWT. Oleh karena itu kita tidak boleh lupa untuk terus berdoa kepada-Nya, sebab Allah lah sumber dari semua kesejahteraan yang kita bisa rasakan. Bagi anda yang menginginkan keluarga yang sejahtera, berikut adalah doa yang bis amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Doa tersebut berisikan permohonan kepada Allah atas kesejahteraan kehidupan kita di dunia. Hanya kepada Allah lah kita pantas meminta, karena sesungguhnya Ia adalah Maha Pemberi. Mari simak doa dan artinya di bawah ini.

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Silahkan anda amalkan doa tersebut dalam kehidupan sehari-hari anda dan rasakan manfaat dan faedahnya. Semoga keluarga kita menjadi keluarga yang sehatera hidup di dunia dan kelak mendapatkan tempat yang indah di sisi-Nya.

Doa Setelah Bisa Keluar Dari Masalah yang Rumit

Setiap kehidupan rumah tangga dan pasangan pastilah pernah menemukan masalah-masalah. Persoalan yang menerjang tersebut tentunya sebisa mungkin diselesaikan dan dicarikan jalan keluarnya. Dengan demikian perjalanan biduk rumah tangga kita bisa kembali ke jalur yang seharusnya. Terlepas dari bagaimanapun masalahnya, dengan mengembalikan semuanya kepada Allah, maka yakinlah permasalahan tersebut bisa selesai. Tinggal kita sebagai manusia yang menjalankan alur cerita yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Jika segala permasalahan bisa selesai dengan doa yang kita panjatkan kepada Allah, maka sudah sepantasnya kita juga kembali kepada-Nya untuk berterimakasih. Bersyukur kepda-Nya atas selesainya konflik yang terjadi dalam keluarga merupakan sebuah keharusan yang tidak boleh dilewatkan. Doa merupakan cara terbaik yang bisa kita lakukan sebagai bentuk ucapan terimakasih dari bantuan dan kuasa yang diberikan oleh Allah kepada kita.

Bagi anda yang telah berhasil keluar dari pemasalahan keluarga dan ingin berdoa, maka berikut kami berikan doa yang bisa anda amalkan. Dalam doa tersebut berisikan instrospeksi diri atas segala bentuk kesalahan yang telah kita perbuat. Kita hanyalah mahkluk yang lemah dan hina dihadapan Allah SWT. Oleh karena itu kita tidak pernah bisa lepas dari kesalahan-kesalahan.

Berikut ini adalah doa yang bisa anda panjatkan kepada Allah SWT setelah mampu keluar dari masalah-masalah yang mendera kehidupan rumah tangga anda. Simak doa dan artinya di bawah ini.

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Bagi anda yang ingin mengamalkan doa tersebut namun agak kesulitan dengan bahasa arabnya, maka berikut kami berikan terjemahan ayat doa di atas. Silahkan simak di bawah ini!

Kumpulan Doa Untuk Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Demikianlah kumpulan doa-doa yang bisa anda amalkan untuk mendapatkan keluarga yang sakinah, mawadah dan juga warahmah. Doa ini sangat dianjurkan untuk diamalkan setiap pasangan agar rumah tangganya bisa berjalan lancar hingga kakek dan nenek. Dengan doa-doa yang dipanjatkan tersebut juga kita bisa mendapatkan keberkahan .

Jangan lupa berbagi dengan teman atau sahabat anda yang sudah berkeluarga. Bagikanlah walau hanya satu ayat. Tekan tombol berbagi yang diletakan di bagian bawah dari artikel ini. Jangan lupa juga memberikan komentar dengan mengisi kolom yang sudah disediakan.

(Baca juga: doa setelah sholat fardhu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *