Kumpulan Doa dan Amalan Sunnah Di Bulan Safar

Posted on

Kumpulan Doa dan Amalan Sunnah Di Bulan Safar – Dalam kalender Hijriyah, bulan Safar adalah bulan kedua setelah Muharram. Beberapa orang meyakini bahwa Bulan Safar merupakan bulan bala yang mendatangkan banyak kesialan. Sehingga mereka pun melakukan amalan-amalan guna menghindarkan kesialan dan marabahaya bisa terjadi dalam kehidupan. Nah, dibawah ini mari kita simak kumpulan doa dan amalan sunnah di bulan Safar.

Saat ini kita sudah masuk kedalam Bulan Safar pada penanggalan Hijriyah. Oleh beberapa orang bulan Safar seringkali dianggap sebagai bulan yang sial. Baik dari melakukan usaha atau pada kehidupan sehari-hari. Banyak orang menganggap bahwa bulan ini memberikan banyak malapetaka.

Tak heran bila beberapa orang akan senantiasa melaksanakan beberapa amalan sunnah pada bulan yang satu ini. Misalnya dengan berpuasa, kenduri, mandi Safar dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, satu hal yang perlu untuk senantiasa kita pahami dengan baik adalah dalam Islam tidak ada yang namanya bulan sial. Pada dasarnya semua bulan itu sama saja dan tidak memiliki keburukan, Jika pun memang harus ada musibah maka datangnya musibah tersebut bukanlah terkait dengan bulan yang dijalani. Namun melainkan hanya dari Allah SWT semata untuk menguji kesabaran umatnya. Baca juga:  Doa Mohon Petunjuk dan Kebenaran Dari Allah SWT

Nah, untuk anda yang memang berniat untuk melaksanakan amalan sunnah di Bulan Safar. Maka berikut ini anda bisa menyimak beberapa amalan yang dapat dijalankan pada bulan Safar.

Kumpulan Doa dan Amalan Sunnah Di Bulan Safar

Nabi Muhhammad SAW dan para sahabat tidak pernah mencontohkan amalan khsuus pada bulan Safar. Amalan yang dilakukan untuk mencegah adanya kharafat di bulan ini pun tidak ditemukan dalilnya dalam Al-Quran maupun hadist. Jadi demikian, sebenarnya amalan tersebut tidak diperlukan.

Hanya saja, guna memperoleh keutamaan di Bulan Safar menurut Islam, kita bisa melakukan beberapa amalan harian sebagaimana yang telah diajarkan oleh para Rasull. Ingin tahu seperti apa saja sahabat? Mari kita simak dibawah ini.

Senantiasa Berdzikir Kepada Allah SWT

Keutamaan dari sebuah dzikir juga sangatlah luas. Berdzikrt akan senantiasa dapat menambah berat timbangan amalan baik kita di akhirat. Bukan hanya itu, berdzikir pun akan dapat mendatangkan pahala dari Allah. Allah pun cinta dengan hambanya yang senantiasa berdzikir dan mengagungkan nama-Nya.

Akan tetapi, berdzikir tidak hanya dilakukan di bulan Safar saja. Melainkan semua bulan pada kalender Hijriyah maupun Masehi akan senantiasa dapat anda lakukan dengan baik. Dengan demikian, semakin berat timbangan amalan anda nantinya untuk bekal akhirat anda.

Ada sebuah hadist yang menerangkan bagaimana rangkaian dzikir adalah bacaan yang penting untuk senantiasa kita amalkan dengan baik. Nah, dibawah ini mari kita simak sebuah hadist yang menerangkan mengenai dzikir.

Kumpulan Doa dan Amalan Sunnah Di Bulan Safar

Shalat Sunnah di Masjid Bagi Laki-Laki

Amalan lain yang akan juga dapat anda lakukan guna mendapatkan keutamaan di bulan Safar adalah shalat sunnah berjamaah. Shalat ini diperuntukan bagi laki-laki yang sudah baligh.

Shalat syuruq adalah shalat yang dilaksanakan di masjid setelah shalat subuh berjamaah. Pelaksanaannya kemudian duduk-duduk untuk berdzikir sampai dengan matahari terbit. Baru setelah itu berdiri guna melaksanakan shalat Syuruq sebanyak 2 rakaat.

Selain bermanfaat untuk laki-laki yang melaksanakan ibadah sunnah ini. Shalat Syuruq yang dijalani oleh wanita atau perempuan pun akan senantiasa mendapatkan kebaikan dari ibadah yang satu ini. Jadi demikian, bagi anda tidak ada salahnya untuk bisa menjalankan ibadah yang satu ini.

Agar demikian, keutamaan ibadah yang dijalankan di bulan Safar bisa memberikan anda pahala yang besar. Jadi mulailah dan tidak ada salahnya menjalankan amalan sunnah ini pada bulan ini.

Mengerjakan Shalat Sunnah di Rumah

Menunaikan ibadah shalat sunnah di rumah pun menjadi bagian dari amalan yang dapat anda kerjakan pada bulan Safar. Akan tetapi, sama halnya dengan ibadah lainnya yang anda jalankan. Menjalankan ibadah shalat sunnah di rumah pun tidak hanya dapat anda lakukan di bulan Safar saja. Melainkan di bulan lainnya anda akan senantiasa dapat menjalankan ibadah yang satu ini.

Ada sebuah hadist yang menerangkan bertapa keutamaan shalat seorang laki-laki di rumahnya dengan shalat yang dilihat oleh orang banyak. Sama halnya seperti keutamaan shalat fardhu wajib yang kita jalankan sehari-hari. Untuk dapat menyimak hadist yang satu ini anda bisa menyimaknya berikut ini.

Kumpulan Doa dan Amalan Sunnah Di Bulan Safar

Shalat Dhuha

Menjalankan ibadah shalat Dhuha pun menjadi amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Safar. Akan tetapi, tentunya tidak hanya pada bulan Safar saja. Sebab amalan ini akan senantiasa dapat anda jalankan dan anda lakukan kapan saja di bulan yang lainnya.

Menjalankan ibadah shalat dhuha hukumnya sunnah. Manfaat dan keutamaan shalat ini akan senantiasa memberikan anda pahala yang besar dari Allah SWT. Sebuah hadist menerangkan bahwa amalan dari shalat ini sama artinya dengan sebuah sedekah yang akan mendatangkan pahala.

Ibadah Shalat Dhuha akan dapat anda jalankan pada saat terbitnya matahari kira-kira sekitar jam 08.00. Menjalankan ibadah yang satu ini pada bulan Safar akan senantiasa menambah amalan baik anda nantinya.

Adapun sebuah hadist menerangkan sebuah keutamaan dari shalat Dhuha. Hadist ini diterangkan oleh Abu Dawud. Untuk dapat menyimak hadits yang satu ini maka anda akan dapat menyimaknya dibawah ini.

Kumpulan Doa dan Amalan Sunnah Di Bulan Safar

 

Membaca Al-Quran

Mengamalkan membaca Al-Quran adalah ibadah yang penting untuk dilakukan. Selain memperlancar bacaan Al-Quran dengan lebih baik. Mendalami ayat Al-Quran pun memberikan kita pelajaran yang lebih terperinci mengenai isi dari kitab suci umat Muslim.

Lewat pemahaman tiap rangkaian ayat Al-Quran sama artinya dengan membantu kita untuk lebih memahami cinta kepada Sang Pencipta langit dan bumi yakni Allah SWT. Selain itu, tentunya pengamalan membaca Al-Quran akan senantiasa membuat pahala amal kebaikan kita bertambah.

Untuknya, bacaan ayat Al-Quran pada bulan Safar akan menjadi amalan yang penting yang bisa nada lakukan. Namun bukan hanya bulan Safar saja anda bisa membaca amalan ini akan tetapi pada bulan apa saja, membaca al-quran menjadi ibadah yang penting untuk senantiasa anda panjatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *