Hal-Hal yang Membatalkan Sholat yang Penting Diketahui

Posted on

Hal-Hal yang Membatalkan Sholat yang Penting Diketahui – Sebagai umat Islam sangat penting untuk mengetahui hal-hal yang membatalkan sholat. Adapun perbuatan yang dapat membatalkan sholat di antaranya seperti berikut.

Hal-Hal yang Membatalkan Sholat

Hal-Hal yang Membatalkan Sholat yang Penting Diketahui

Sholat akan menjadi tidak sah jika anda melakukan hal-hal yang membatalkan sholat seperti berikut ini.

Masih Ber-Hadats

Maksudnya yaitu anda masih memiliki hadats, baik itu hadats kecil ataupun hadats besar. Oleh karena itu, sebelum melaksanakan ibadah sholat anda harus membersihkan hadats kecil ataupun besar terlebih dahulu. Cara mensucikan hadats besar yaitu dengan mandi wajib. Sedangkan membersihkan hadats kecil yaitu dengan berwudhu.

Baca juga : Doa Setelah Wudhu

Auratnya Terbuka

Aurat yang terbuka saat sedang sholat apabila tidak langsung ditutupi akan membuat batalnya sholat. Apabila aurat terbuka yang disebabkan karena tertiup angin, kemudian anda segera menutupnya maka tidak akan membatalkan sholat. Namun, jika dengan berulang terbuka yang membuat anda membetulkannya dan melakukan gerakan yang berulang maka itu akan membuat sholat batal.

Terkena Najis

Terkena najis, misalkan saat anda sedang sholat namun tiba-tiba kotoran jatuh, jika tidak segera dihindarkan atau dibersihkan akan membatalkan sholat.

Berbicara Satu Huruf atau Dua Huruf yang Dapat Dipahami

Jika berbicara tidak sengaja, maka tidak akan membatalkan sholat. Juga apabila mengeluarkan suara dengan tujuan untuk membenarkan rukun sholat tidak membatalkan sholat seperti berdehem agar lancar membaca surat atau bacaan dalam sholat.

Mengeluarkan suara yang membatalkan sholat yaitu selain bacaan sholat, doa ataupun dzikir. Apabila mengeluarkan suara dengan tujuan untuk berkomunikasi dengan orang disebelahnya maka akan membuat sholatnya batal.

Dengan Sengaja Melakukan Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Segala hal yang dapat membatalkan puasa juga akan dapat membatalkan sholat apabila dilakukan dengan sengaja. Namun, jika dilakukan tanpa kesengajaan juga akan menyebabkan sholatnya batal.

Bergerak 3 Kali Berturut-Turut Meskipun Lupa

Maksudnya yaitu melakukan gerakan di luar gerakan sholat. Gerakan yang dilakukan berturut-turut 3 kali akan dapat membatalkan sholat meskipun dilakukan tanpa sengaja.

Makan dan Minum

Makan dan Minum saat sedang melaksanakan sholat akan membuat sholatnya batal.

Menambah Rukun Sholat

Di sini rukun yang dimaksud yaitu rukun Fi’liyah. Jika rukun-rukun itu dengan sengaja ditambah maka akan menyebabkan sholatnya batal. Contohnya melirihkan niat tidak seperti dilakukan dalam hati. Berbeda halnya apabila lupa hitungan sujud atau salah satu rukun sholat terlewat karena ketidaksengajaan, maka hal ini bisa ditutup dengan sujud tilawah di akhir sholat setelah akhiyat akhir dan sebelum salam.

Mendahului Imam

Makmum yang melakukan gerakan mendahului imam akan dapat menyebabkan sholatnya batal. Seluruh gerakan imam tidak boleh didahului makmum.

Niat Memotong Sholat

Saat sedang sholat dalam hati ingin sholatnya putus karena ada sebab yang membuatnya ragu. Misalkan ragu apakah sudah mengucapkan Fardhu dalam sholat atau belum. Seseorang saat di tengah sholat dan berusaha untuk membatalkannya merupakan tindakan buruk. Sudah diatur dalam islam, apabila kita lupa ataupun ragu dalam hitungan rakaat atau rukunya terlewat maka bisa melakukan sujud tilawah.

Menggantungkan Sholat

Maksud menggantungkan sholat di sini yaitu menggantungkan niat sholat pada sesuatu yang dimaksud akan membuat sholat tersebut batal.

Misalkan sebelum sholat, terucap akan melaksanakan sholat namun apabila yang ditunggu sudah datang akan membatalkan sholat.

Hal seperti itu tidak boleh karena membatalkan sholat. Meskipun yang ditunggu tidak datang dan sholat dilakukan hingga selesai, menggantungkan sholat seperti ini akan tetap membuat sholatnya batal.

Memperlambat Gerakan Imam

Sengaja memperlambat gerakan iman, misalkan saat imam sudah sujud, namun makmum masih berdiri hingga imam bangkit dari sujud. Makmum gerakannya harus mengikuti imam, tidak mendahului imam ataupun memperlambatnya dengan sengaja.

Melompat dan Memukul dengan Keras

Hal lainnya yang dapat membatalkan sholat yaitu melompat saat sholat dan memukul dengan keras.

Itulah beberapa hal yang dapat membatalkan sholat yang penting diketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *