Doa yang Dibaca Sewaktu Persalinan Mengharapkan Keselamatan dan Kelancaran

Posted on

Doa yang Dibaca Sewaktu Persalinan Mengharapkan Keselamatan dan Kelancaran – Proses kelahiran seorang anak ke dunia seringkali menjadi prosesi yang paling menegangkan. Betapa tidak, waktu inilah nyawa seorang ibu dan bayi sedang dipertaruhkan. Nah, guna mengharapkan rahmat dari Allah SWT. Dibawah ini adalah doa yang dibaca sewaktu persalinan mengharapkan keselamatan dan kelancaran.

Menanti kelahiran seorang bayi ke dunia seringkali menjadi hal yang mendebarkan. Disamping suka cita yang dimiliki oleh keluarga besar. Tentunya seorang ibu yang dalam beberapa waktu lagi akan segera menyambut kehadiran buah hatinya. Dibuat tegang dengan prosesi yang satu ini. Betapa tidak, proses persalinan adalah proses dimana nyawa dan keselamatan menjadi taruhannya.

Itulah mengapa banyak orang dan calon ibu senantiasa berdoa kepada Tuhan agar selain lancar sang ibu dan bayi yang ada dalam kandungan dalam selamat. Nah, berbicara mengenai rangkaian doa ketika persalinan. Dibawah ini adalah doa yang dibaca sewaktu persalinan mengharapkan keselamatan dan kelancaran. Mari simak dibawah ini informasinya.

Doa yang Dibaca Sewaktu Persalinan Mengharapkan Keselamatan dan Kelancaran

Selain mempercayakan proses kelahiran seorang bayi pada tenaga medis. Tentunya sebagai umat Muslim yang bertuhan, kita senantiasa mengharap ridha dari Allah SWT agar proses panjang dan melelahkan ini dapat berjalan dengan mudah dan diberkahi dengan keselamatan.

Nah, dibawah ini adalah doa yang seyoganya dibaca ayah dan ibu pada proses persalinan. Apa sajakah doa tersebut? Mari simak informasi menariknya dibawah ini.

Membaca Ayat Kursi Sebanyak 1 Kali

Doa pertama yang dipanjatkan pada saat prosesi persalinan dan selagi menunggu pembukaan. Hendaknya ibu dan ayah melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran. Hal ini dilakukan guna memudahkan kelahiran si kecil dan mengharapkan ridha dari Illahi agar si jabang bayi dalam rahim ibu segera keluar. Selain itu, doa ini dipanjatkan agar ibu dan si kecil pun dapat melalui tahapan ini dengan baik. Sehingga keduanya selamat dan sehat.

Doa ini akan dapat ibu dan ayah baca sebanyak 1 kali pada saat proses persalinan. Apalagi ketika ayah dan ibu menemukan kesulitan atau kesakitan yang luar biasa menjelang proses persalinan berjalan. Yakin Allah SWT akan senantisa melindungi kita dan menjaga bayi serta diri kita dari proses persalinan ini.

Bacaan ayat kursi pada dasarnya berisikan tentang pujian kepada Allah SWT bahwa ia adalah TUhan yang satu yang pantas disembah. Untuk itulah, jangan lupa membaca doa ini ketika menjalani proses persalinan. Ayah juga bisa senantiasa memberikan doa ini untuk menguatkan sang istri menghadapi persalinannya.

Membaca Surat Al-A’Raf Ayat 54

Doa yang Dibaca Sewaktu Persalinan Mengharapkan Keselamatan dan Kelancaran

Proses kelahiran bayi untuk pertama kalinya kedunia adalah proses dimana seorang manusia baru akan hadir dan menikmati kehidupannya yang baru. Nah, berkaitan dengan kelahiran ini, doa yang dapat ayah dan ibu baca untuk menyambut si buah hati adalah rangkaian doa surat Al-A’Raf diatas.

Karena sebagai umat Muslim kita tentu tahu bahwa sejatinya Allah SWT tidak lain menciptakan seorang manusia dan mahluk hidup adalah untuk tunduk kepadanya. Nah, untuk itulah rangkaian doa diatas akan bisa ayah dan ibu baca pada saat proses persalinan si buah hati.

Tentunya mengharapkan ridha Illahi agar si kecil lahir ke dunia dengan lancar dan selamat adalah doa setiap orangtua. Nah, rangkaian doa diatas akan dapat anda hafalkan agar demikian pada saat menjalani proses persalinan nanti doa ini sudah ada diluar kepala.

Membaca Surat Al-Falaq Sebanyak Satu Kali

Surat Al-Falaq adalah surat ke 113 dalam Al-Quran. Pada dasarnya nama dari surat di Al-Quran ini didapat dari ayat pertama berbunyi Al-Falaq yang berarti waktu subuh. Surat ini tergolong kedalam surah Makkiyah. Secara garis beras surat ini berisikan tentang memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala keburukan yang tersembunyi.

Istri Rasulullah SAW, Siti Aisyah menerangkan bahwa setiap malam ketika menjelang tidur ia melihat Rasulullah SAW membaca tiga surat pendek Al-Quran. Diantaranya adalah surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq dan yang terakhir adalah surat An-Nas. Sebagai bagian dari sunnah Rasul maka tidak ada salahnya membaca ayat ini pada saat proses persalinan.

Tentunya pembacaan ayat suci ini dimaksudkan agar kita terhindar dari keburukan atau kemungkinan buruk selama proses persalinan. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan kepada kita anak-anak yang shaleh dengan proses persalinan yang lancar, mudah dan selamat aamin.

Membaca Surat An-Nas Sebanyak 1 Kali

Sama halnya dengan membaca surat Al-Falaq seperti telah diterangkan diatas bahwa surat ini dibaca ketika proses persalinan. Menghiasi proses menunggu si jabang bayi keluar sebagai umat Muslim tidak ada salahnya membaca rangkaian ayat-ayat suci al-quran dengan baik.

Sementara itu, nama surat An-Nas sendiri hadir dari kata An-Nas yang berulang kali disebutkan dalam surat ini. Dimana An-Nas berarti manusia, surat ini termasuk kedalam surat Makkiyah. Adapun isi dari surah ini adalah tentang anjuran supaya manusia memohon perlindungannya kepada Allah SWT. Sebab sebaik-baiknya Sang Maha Penolong adalah Ia Sang Maha Pencipta.

Untuk itu, bacalah surah ini pada saat ibu mendapati rasa sakit atau proses yang mungkin membuat ibu merasa sulit melaluinya. Semisal ketika rasa sakit yang tak tertahankan dari kontraksi. Atau mungkin karena masalah pembukaan yang tak kunjung datang. Maka daripada mengeluh dan terus menerus risih dengan rasa sakit. Maka tidak ada salahnya menyerahkan segala sesuatunya hanya kepada Allah SWT semata.

Doa yang Dianjurkan Dibaca Ayah dan Keluarga

Doa yang Dibaca Sewaktu Persalinan Mengharapkan Keselamatan dan Kelancaran

Disamping membaca surat dan petikan ayat Al-Quran yang kita berikan diatas. Ketika mendapati sang istri atau keluarga yang hendak melahirkan dan masih dalam proses menanti. Maka baik ayah atau keluarga yang menunggu dianjurkan untuk membaca rangkaian ayat diatas.

Doa ini dipanjatkan guna memohon kemurahan Allah agar senantiasa mendatangkan pertolongan untuk memudahkan proses persalinan kali ini. Agar demikian, sang ibu dan bayi dalam kandungan dapat bertahan dan lahir ke dunia dengan sehat dan diberkahi dengan keselamatan.

Untuk mempermudah ayah dan keluarga membaca ayat ini ketika mendapati sang istri tengah berjuang dengan begitu keras menghadapi kelahiran putra dan putrinya. Maka sebaiknya doa ini dihafalkan dengan baik agar demikian ketika menghadapi proses persalinan anda dapat membacanya dengan mudah dan khusuk.
Membaca Istigfar

Bacaan doa terakhir yang dianjurkan dibaca selama proses persalinan adalah istigfar. Bacaan wirid ini adalah salah satu bacaan yang mujarab dan ampuh untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Illahi sebab Ia –lah Sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Jadi demikian, tiada Tuhan selain Allah zat segala-galanya yang akan membuat semuanya terasa mudah dan mungkin. Untuk itu, panjatkan selalu rangkaian wirid diatas dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *