Doa Terbebas Hutang Beserta Artinya

Posted on

Doa Terbebas Hutang Beserta Artinya – Setiap orang tentu tidak ingin memiliki hutang, namun karena keadaan yang mendesak mengharuskannya berhutang pada orang lain. Utang piutang itu sendiri yaitu salah satu muamalah yang dalam ajaran islam diperbolehkan. Berutang dan memberi utang termasuk perbuatan tolong menolong antara sesama muslim. Tentunya orang yang berutang harus memiliki itikad baik untuk mengembalikan sesuatu yang dipinjamnya.

Baca juga : Doa Ketika Mimpi Buruk, Latin dan Artinya

Apa Itu Utang Piutang?

Utang piutang merupakan tindakan memberikan pinjaman pada orang lain dengan suatu perjanjian bahwa orang yang dipinjamkan akan mengembalikannya pada waktu yang disepakati. Dimana dalam hidup ini, seseorang terkadang dihadapkan pada kondisi terdesak, sehingga harus terpaksa berutang atau meminjam sesuatu pada orang lain.

Rasulullah menganjurkan supaya kita saling membantu terhadap saudara yang kekurangan. Memberikan pinjaman pada orang lain, maka kita akan mendapatkan pahala.

Namun, di sisi lain Rasulullah mengingatkan agar kita jangan senang berutang. Memiliki hutang tanggung jawabnya tidak hanya di dunia, namun juga diakhirat. Jika kita terpaksa harus berutang, kita sebaiknya harus cepat membayarnya saat sudah ada supaya tidak menjadi beban.

Jenis Utang

Dalam hukum Islam, utang itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu utang baik atau qardh hasan dan utang berbunga atau qardh ribawi.

Utang Baik. Utang halal yaitu transaksi utang piutang, dari seseorang yang memberikan pinjaman pada seseorang yang meminjam dengan tujuan ingin menolong. Ini dilakukan supaya peminjam dapat memenuhi kebutuhan mendesak, kemudian saat mengembalikan pinjaman nilainya sama tanpa ada syarat melebihkannya.

Hutang Haram. Yaitu jenis utang piutang yang riba, meminjamkan pada seseorang dengan syarat harus dikembalikan dengan nilai yang lebih dari jumlah pinjaman.

Syarat Utang Piutang Dalam Islam

Adapun syarat utang piutang yaitu seperti berikut ini.

  • Asal-usul harta yang dihutangkan harus jelas dan halal.
  • Orang yang memberikan utang atau pinjaman jangan mengungkit masalah utang agar tidak menyakiti orang yang meminjam.
  • Niat pihak yang meminjam yaitu agar mendapatkan ridho Allah dengan mempergunakan dengan benar.
  • Harta yang dihutangkan tidak memberi keuntungan atau kelebihan terhadap pihak yang berutang.

Doa Agar Terbebas Hutang

Rasulullah bersabda :

“Menangguhkan utang orang yang mampu adalah suatu kezaliman. Dan, apabila diantara kamu sekalian itu dibayar oleh orang yang mampu dengan cara cicilan maka terimalah yang demikian itu.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Hadits di atas menjelaskan bahwa seseorang yang berutang atau meminjam dengan niat benar ingin mengembalikannya, dan ia berusaha untuk melunasi sesuai dengan perjanjian, maka Allah SWT akan memberikan rezeki padanya agar bisa membayarnya.

Lihat juga : Bacaan Doa Bercermin, Beserta Latin dan Artinya

Nah, berikut ini doa agar terbebas dari hutang, beserta latin dan artinya yang dapat anda amalkan.

Doa Terbebas Hutang

Doa Untuk Pemberi Utang

Nabi Muhammad mengajarkan kepada umatnya agar saling mendoakan antara sesama. Ketika seorang muslim diberikan pinjaman, maka sebaiknya ia mendoakan orang yang sudah memberikannya pinjaman agar orang itu mendapatkan berkah dan pahala karena sudah memudahkan urusan seseorang. Berikut ini doa yang dapat anda baca.

Doa Terbebas Hutang

Itulah doa agar terbebas dari hutang dan doa untuk pemberi hutang. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *