Niat Doa Sholat Tarawih Lengkap Arab, Latin dan Arti

Posted on

Doa Sholat Tarawih – Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang kedatangannya sangat ditunggu-tunggu oleh jutaan umat muslim di dunia ini. Bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan dari bulan-bulan yang lainnya. Manfaatkanlah waktu di bulan Ramadhan ini untuk beribadah dan melakukan amalan-amalan sholeh lainnya agar kita bisa mendapatkan keistimewaan bulan Ramadhan. Selain puasa, salah satu ibadah yang identik dengan bulan Ramadhan yaitu sholat Tarawih.

Sholat Tarawih itu sendiri merupakan sholat sunnah malam yang dikerjakan selama bulan Ramadhan. Sholat Tarawih hukumnya sunnah muakkad atau boleh dikerjakan sendiri maupun berjama’ah. Sholat Tarawih dilakukan selepas sholat Isya hingga waktu fajar.

Pada zaman Rasulullah SAW, sholat Tarawih umumnya dikerjakan sebanyak 8 rakaat dengan tujuan agar tidak menimbulkan suatu keberatan. Sedangkan pada zaman Khalifah Umar bin Al-Khattab, beliau menambahkan lagi sholat tarawih menjadi 20 rakaat. Pasalnya beliau berpendapat bahwa umat Islam di zamannya tidak keberatan untuk menunaikan sholat tarawih sebanyak itu. Sholat Tarawih ini dibuat 20 rokaat dengan tambahan 3 rokaat sholat Witir. Pada umumnya, masyarakat di Indonesia melaksanakan sholat tarawih sebanyak 20 rakaat yang ditambah dengan 3 rokaat sholat Witir. ( Baca juga : Doa Setelah Sholat Dhuha )

Niat Doa Sholat Tarawih Lengkap Arab, Latin dan Arti

Meskipun jumlah rakaat sholat Tarawih itu sendiri berbeda, ada yang 23 rokaat dan ada pula yang 11 rokaat, namun pelaksanaannya tetap sama yaitu 2 rokaat yang diakhiri dengan salam. Sehingga niat sholat Tarawihnya pun sama yaitu niat sholat sunnah 2 rokaat. Hanya saja yang membedakan sholat Tarawih yaitu sebagai imam atau makmum atau melaksanakan sholat Tarawih sendirian. Untuk lebih jelasnya berikut kami sajikan niat doa sholat Tarawih lengkap arab, latin dan terjemahannya.

Niat Sholat Tarawih Sebagai Ma’mum

Adapun doa sholat Tarawih sebagai ma’mum Arab, Latin dan terjemahannya adalah seperti berikut ini.

Doa Sholat Tarawih

Niat Sholat Tarawih Sebagai Imam

Adapun doa sholat Tarawih sebagai imam Arab, Latin dan terjemahannya adalah berikut ini.

Doa Sholat Tarawih

Niat Sholat Tarawih Sendirian

Adapun doa sholat Tarawih jika dilaksanakan sendirian adalah berikut ini.

Doa Sholat Tarawih

Itulah niat doa sholat Tarawih baik sebagai imam, ma’mum atau sholat sendirian.

Manfaat & Keutamaan Sholat Tarawih

Sholat Tarawih memiliki banyak manfaat atau keutamaan. Setelah mengetahui keutamaan sholat Tarawih diharapkan anda semakin semangat untuk menjalankannya. Berikut penjelasan mengenai manfaat atau keutamaan sholat Tarawih.

Mendapatkan Ampunan Dosa

Dari Abu Hurarirah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan atas dasar iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari).

Qiyam Ramadhan itu sendiri seperti yang diterangkan oleh imam Nawawi yaitu sholat Tarawih. Hadist di atas menunjukan kepada kita semua tentang besarnya pahala melaksanakan sholat Tarawih. Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa mereka yang menunaikan sholat Tarawih. Pengampunan dosa tersebut didapatkan apabila melaksanakan sholat Tarawih atas dasar iman dan Allah SWT.

Sholat Tarawih Bersama Imam Seperti Sholat Semalam Penuh

Melaksanakan sholat Tarawih yang dilakukan bersama imam atau berjamaah sama seperti pahala sholat semalaman suntuk.

Sholat Tarawih Seutama-Utamanya Sholat

Ulama-ulama Hanabilah berkata bahwa seutama-utamanya sholat sunnah yaitu sholat yang dikerjakan berjamaah karena sholat ini hampir sama dengan sholat fardhu. ( Artikel lainnya : Aneka Doa Sholat )

Demikian pembahasan tentang niat doa sholat tarawih beserta manfaat dan keutamaannya. Untuk mendapatkan pahala sholat Tarawih anda jangan lewatkan untuk menunaikannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *