Bacaan Doa Sholat Dhuha, Arab, Latin dan Terjemahan

Posted on

Bacaan Doa Sholat Dhuha, Arab, Latin dan Terjemahan – Shalat Dhuha menjadi bagian dari shalat Sunnah yang cukup penting dan memberikan banyak manfaat bila dikerjaan. Untuk anda yang hendak menunaikan shalat Dhuha dan ingin tahu bacaan shalat Dhuha, arab, latin dan terjemahannya. Mari simak langsung dibawah ini.

Sebagai seorang muslim yang taat ada serangkaian ibadah yang perlu untuk dikerjakan. Hal ini tentu menjadi bukti kecintaan dan ketaatan kita pada sang Khaliq, Allah SWT. Sebagai mana menjadi bagian dari rukun Islam yang kedua, Shalat adalah ibadah wajib yang mencirikan bahwa anda adalah muslim yang taat.

Adapun shalat yang wajib dilakukan dalam setiap harinya terbagi menjadi 5 waktu, yakni shalat Isya, Subuh, Dzuhu, Ashar, Maghrib dan juga Isya.

Serangkaian ibadah shalat ini adalah hal wajib yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Sementara bila anda benar melewatkannya maka dosa menjadi resiko yang akan ditanggung dari kelengahan ini.

Dalam Islam, hukum shalat dapat dikategorikan menjadi beberapa hal. Sementara shalat Fardhu (shalat wajib 5 waktu) ialah shalat yang wajib untuk dikerjakan. Selain itu, shalat Fardhu tebagi kembali menjadi dua bagian yakni Fardhu A’in dan Fardhu Kifayah. Untuk mengetahui lebih jelas pembahasannya mari simak dibawah ini.

Fardhu A’in

Shalat ini adalah kewajiban yang diharuskan kepada hamba Allah untuk dikerjakan langsung. Dimana hal ini akan berkaitan dengan dirinya dan tidak dapat diwakilkan kepada orang lain. Untuk ibadah dengan hukum ini contohnya seperti shalat wajib 5 waktu, naik haji dan juga Shaum.

Fardu Kifayah

Sementara untuk hukum Fardhu kifayah ialah kewajiban kepada hamba Allah yang dapat dilakukan cecara tidak langsung berkaitan dengan dirinya.

Kewajiban ini menjadi sunnah setelah ada sebagaian orang yang mengerjakannya. Akan tetapi, bila memang tidak ada orang yang mengejakannya maka kita pun tidak wajib untuk mengerjakannya. Sementara itu, meskipun kita tidak mengerjakannya maka tidak akan menjadi dosa. Contohnya adalah shalat jenazah.

Bacaan Doa Sholat Dhuha, Arab, Latin dan Terjemahan

Selain shalat wajib diatas, ada juga shalat sunnah yang mana pengerjaan shalat ini hanya dianjurkan. Dengan demikian, apabila shalat ini dikerjaan maka anda akan mendapatkan pahala. Namun bila tidak pun tidak akan menjadi dosa untuk diri anda sendiri.

Salah satunya adalah shalat Dhuha. Shalat Dhuha merupaka shalat Sunnah yang dkerjakan minimal 2 Raka’at. Selain itu, shalat Sunnah yang satu ini pun bisa dilakukan maksimal sampai dengan 12 Rakaat. Dimana masing-masingnya dikerjakan sebanyak 2 Rakaat dan diakhiri dengan satu salam.

Meskipun sifatnya Sunnah, akan tetapi banyak ulama mengatakan bahwa shalat Sunnah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kehidupan anda yang lebih baik. Manfaat yang didapatkan dari mengerjakan shalat ini akan sangat baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Sehinga demikian, pengerjaan shalat ini akan sangat baik bila dikerjakan setiap harinya.

Rangkaian Bacaan Sholat Dhuha dan Tata Cara Pelaksanaanya

Sementara itu, shalat Dhuha sendiri pada umummya dapat dilakukan saat matahari baru terbit sekitar pukul 08.00 sampai dengan waktu dzuhur. Untuk bacaan shalat yang dikerjakannya sendiri hampir mirip dengan bacaan shalat Sunnat lainnya. Hanya saja, bacaan niatan untuk shalat dan surat pendek yang dibaca setelah shalat agak berbeda. Sementara untuk bacaan shalat dan gerakan shalat pada umumnya sama saja seperti yang anda lakukan pada saat shalat.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak seperti apa saja bacaan shalat Dhua, Arab, Latin dan Terjemahannya. Untuk itu, maka mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Bacaan Niat Shalat Dhuha

Sebelum memutuskan mengawali takbiratulihram ada serangkaian doa niatan untuk mengawali shalat Sunnah Dhuha anda. Bacaan ini menjadi niat penting yang harus anda lafalkan. Adapun bacaan tersebut adalah:

Bacaan Doa Sholat Dhuha, Arab, Latin dan Terjemahan

 

Ushallii sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Yang artinya: ” Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat dengan menghadap ke kiblat saat ini, karena Allah.”

Diatas adalah niatan yang harus anda lafalkan pada saat hendak menunaikan ibadah Shalat Dhuha. Sementara untuk mengetahui pemacaa surat pendek yang digunakan pada shalat Dhuha, mari kita simak dibawah ini.

Surat Pendek yang Dibaca Saat Sholat Dhuha

Surat pendek yang dibaca setelah melafalkan surat Al-Fatihah pada shalat anda sebenarnya berbeda-beda. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa membaca beberapa surat pendek ini akan dapat memberikan manfaat yang lebih afdol untuk shalat Sunnah yang anda kerjakan.

Ada yang mengatakan bahwa surat Asy Syamsi pada rakaat pertama dan surat Ad Dhua pada rakaat kedua. Pendapat seperti ini disampaikan oleh Imam Jalana Suyutini dalam Hawsyil Khothiib.

Sementara itu, pendapat lain juga mengatakan bahwa membaca surat Al Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al Ikhlash pada rakaat kedua akan lebih baik. Dimana pendapat ini disampaikan oleh Ibnu Hajar dan Imam Ramli.

Para ulama sepakat menganjurkan pembacaan surat Asy Syamsi pada rakaat pertama dan diikuti dengan membaca surat Al Kafirun pada rakaat kedua.

Dimana bacaan ini dilakukan pada 2 rakaat pertama menunaikan shalat Dhuha.
Sementara itu, untuk 2 rakaat selanjutnya bagi anda yang menjalankan shalat Dhuha 4 rakaat adalah membaca Ad Dhuha. Ad Dhua dibaca pada rakaat pertama dan diikuti dengan membaca Al Ikhlash pada rakaat kedua.

Sementara itu, untuk rakaat-rakaat selanjutnya, memaca surat Al Kafirun pada rakaat pertama dan Al Ikhlash mengikuti untuk rakaat kedua.

Beberapa pendapat membaca surat pendek diatas akan dapat anda lakukan ketika menjalankan shalat Sunnah yang satu ini. Sementara itu, untuk doa setelah shalat Dhuha dapat anda pelajari dibawah ini.

Doa Setelah Shalat Dhuha

Usai menjalankan shalat Dhuha dan berakhir satu salam yang terkhir. Ada rangkaian doa yang bisa anda baca. Berikut ini adalah Doa setelah Shalat Dhuha, Arab, Latin dan Terjemahannya. Ingin tahu seperti apa saja rangkaian doa setelah Shalat Dhuha? Mari kita simak dibawah ini.

Doa Sholat Dhuha Bahasa Arab

Doa dengan bahasa arab setelah shalat Dhuha memang cukup panjang. Akan tetapi, bila anda rajin menghafalnya perlahan anda akan dapat menguasai doa sholat dhuha ini dengan baik.

Bacaan Doa Sholat Dhuha, Arab, Latin dan Terjemahan
Itulah dia doa seusai shalat Dhuha yang dapat dilafalkan. Meski terkesan panjang, namun bila anda rajin melafalkannya, perlahan anda akan dapat mengusainya dengan baik. Sehingga anda tidak akan perlu melihat tulisan karena anda sudah bisa menalarnya.

Doa Sholat Dhuha Tulisan Latin

Untuk anda yang masih terkendala membaca tulisan arab untuk bacaan setelah shalat Dhuha. Maka tak perlu khawatir berikut ini kami berikan tulisan latin doa sholat dhuha yang akan mempermudah anda membacanya.

Bacaan Doa Sholat Dhuha, Arab, Latin dan Terjemahan
Begitulah tulisan lagi untuk bacaan doa setelah menunaikan ibadah shalat Sunnah Dhuha yang dapat kami sampaikan. Untuk mengetahui makna atau rangkaian terjemahan dari bacaan diatas. Maka mari kita simak beberapa halnya dibawah ini.

Terjemahan Bacaan Doa Sh0lat Dhuha

Untuk mengetahui makna atau arti dari rangkaian doa shalat Dhuha anda dapat menyimaknya bersama kami dibawah ini.

 

Bacaan Doa Sholat Dhuha, Arab, Latin dan Terjemahan

Itulah dia serangkaian makna dari bacaan setelah shalat Dhuha yang kami sampaikan. Pembacaan dia diatas akan memudahkan anda untuk bisa menyampaikan makna atau arti dari doa-doa yang anda panjatkan. Oleh karenanya, akan lebih baik bila anda mengetahui pembacaan panjang-pendek dari doa sholat dhuha yang anda lafalkan.

Akan tetapi, bila anda masih terkendala dengan hal ini maka tak perlu khawatir lakukan dengan perlahan saja. Bila anda rajin melakukannya dan mau berlatih dengan mereka yang paham tata cara mengaji maka anda pun akan bisa melakukannya dengan lebih baik nantinya.

Manfaat Lain Menunaikan Sholat Dhuha

Sebagaimana telah kita singgung diatas mengenai manfaat dari menunaikan ibadah Shalat Dhuha meskipun hukum dari shalat ini adalah Sunnah. Ada cukup banyak manfaat yang bisa anda rasakan dari memunaikan ibadah shalat yang satu ini. Diantaranya adalah manfaat untuk ketenangan rohani dan jasmani.

Seperti apa saja sih manfaat dari menuaikan ibadah shalat Sunnah Dhuha yang dapat dirasakan? Untuk lebih jelasnya mari simak dibawah ini.

Mambuat Jiwa Lebih Tenang

Selain berdampak pahala atas usaha dan ibadah yan anda jalankan. Menunaikan ibadah Shalat Dhuha pun akan dapat membuat anda mendapatkan keuntungan lainnya. Bberapa gerakan pada shalat akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh anda. Shalat Dhuha akan sangat bermanfaat utnuk menjaga rohani. Diantaranya adalah membuat anda merasa lebih tenang, terlebih lagi pintu rezeki akan mudah terbuka.

Menghilangkan Stress

Seringkali stress timbul akibat rasa lelah dan tekanan yang menyerang tubuh secara bersamaan. Nah, daripada mencari media lain untuk menenangkan diri anda. Mengapa tidak berada didatas sajadah anda dan curahkan segala kekesalan anda bersama dengan Tuhan. Dengan begini anda akan dapat merasa lebih tenang dan lebih nyaman.

Itulah dia beberapa manfaat baik yang bisa dirasakan dari menjalankan ibadah Shalat Dhuha secara rutin. Selain berdampak pahala yang akan anda dapatkan, beberapa manfaat baik diatas tentu perlu anda pertimbangkan. Akan tetapi, tentunya pada saat anda hendak melakukan shalat ini alangkah lebih baik fokuskan segala niatan anda hanya untuk Allah SWT semata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *