Doa Shalat Tahajud Yang Dapat Anda Amalkan Sesuai Hadist

Posted on

Salah satu jenis shalat sunnah yang memiliki keutamaan yang besar adalah shalat tahajud. Tentunya, shalat tahajud sudah tidak asing lagi di benak kita dikarenakan shalat sunnah ini sangat dianjurkan untuk diamalkan.

Nama lain dari shalat tahajud adalah shalat qiyamul lail yang berarti shalat malam. Hal tersebut dikarenakan shalat tahajud dilaksanakan pada waktu sepertiga malam. Lebih detail lagi, shalat tahajud dapat dilaksanakan pada awal, pertengahan, atau akhir malam setelah bangun tidur.

Waktu Utama Shalat Tahajud

Namun tetap, waktu utama yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan shalat tahajud adalah pada sepertiga malam, seperti yang tercantum dalam hadist berikut:

Waktu utama untuk shalat malam adalah di akhir malam. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kami -Tabaroka wa Ta’ala- akan turun setiap malamnya ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman, “Siapa yang memanjatkan do’a pada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Siapa yang meminta ampun pada-Ku, Aku akan memberikan ampunan untuknya”.”  (HR. Bukhari no. 1145)

Keutamaan Shalat Tahajud

Adapun keutamaan shalat tahajud banyak terdapat dalam beberapa hadist dan ayat suci Al-Qur’an, di antaranya:

Firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam surat Adz Dzariyat:

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (15) آَخِذِينَ مَا آَتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (16) كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17) وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (18) 

Artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (QS. Adz Dzariyat: 15-18).

Lalu, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim No. 1163)

Doa Shalat Tahajud

Sebenarnya, adan bisa memanjatkan doa apapun dan memohon apapun dalam pelaksanaan shalat tahajud selama tidak melanggar adab-adab berdoa. Anda dapat menyesuaikan permohonan yang anda panjatkan dengan keinginan pribadi anda atau masalah yang sedang dihadapi.

Namun, ada salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca, yaitu:

Dari Aisyah, “Beliau memulai shalat malam beliau dengan membaca doa:

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ، اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ أَنْتَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

“Ya Allah, Tuhannya Jibril, mikail, dan israfil. Pencipta langit dan bumi. Yang mengetahui yang gaib dan yang nampak. Engkau yang memutuskan diantara hamba-Mu terhadap apa yang mereka perselisihkan. Berilah petunjuk kepadaku untuk menggapai kebenaran yang diperselisihan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki menuju jalan yang lurus.” (HR. Muslim 770, Abu daud 767, Turmudzi 3420 dan yang lainnya)

Sebenarnya masih ada beberapa doa lain yang dapat anda amalkan dalam pelaksanaan shalat tahajud. Doa di atas hanyalah salah satu pilihan yang dapat anda amalkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *