Doa Setelah Wudhu | Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Posted on

Sebelum melaksanakan sholat, baik itu sholat wajib ataupun sholat sunnah, kita harus dalam keadaan bebas dari hadast besar ataupun hadast kecil. Hadast besar dapat disucikan dengan mandi junub. Sedangkan mensucikan hadast kecil yaitu dengan berwudhu. Saat berwudhu dianjurkan untuk membaca niat wudhu, serta doa setelah wudhu.

Baca juga : Doa Setelah Sholat Dhuha Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Setelah Wudhu

Setelah anda selesai melakukan wudhu, maka dianjurkan untuk membaca doa setelah wudhu. Bacaan doa setelah wudhu ini tidak selalu harus langsung dibaca setelah anda melakukan langkah wudhu terakhir, yakni membasuh kaki. Membaca doa setelah wudhu bisa anda lakukan setelah anda keluar dari tempat wudhu ataupun sebelum anda masuk ke dalam masjid. Karena bisa saja tempat wudhu akan digunakan oleh banyak orang. Jika anda berwudhu di kamar mandi, anda bisa membaca doa setelah wudhu saat anda keluar dari kamar mandi.  Nah, berikut ini bacaan doa setelah wudhu, baik arab, latin dan artinya.

Doa Setelah Wudhu

Bagaimana Tata Cara Wudhu yang Benar ?

Dalam melakukan wudhu, ada adab atau cara, serta urutan yang benar. Nah, berikut ini penjelasan mengenai tata cara wudhu.

Niat Wudhu

Sebelum berwudhu anda harus berniat terlebih dahulu. Niat dalam melaksanakan wudhu ini artinya sebagai kesungguhan hati berwudhu melaksanakan perintah Allah SWT, serta mengikuti ajaran Rasul-Nya.

Membaca Basmallah

Setelah anda berniat dengan kesungguhan hati, anda kemudian dapat membaca basmallah. Anda dapat membaca basmallah sambil mencuci kedua telapak tangan anda 3 kali sampai sela-sela jari.

Berkumur

Setelah itu, anda berkumur-kumur 3 kali atau memutar air di dalam mulut dan mengeluarkannya. Bersihkan gigi anda dari sisa makanan yang terdapat pada gigi.

Mencuci Hidung

Kemudian mencuci lubang hidung 3 kali agar kotoran yang terdapat di dalamnya keluar. Selain itu, disunnahkan untuk mencuci lubang hidung caranya yaitu menghirup air sekali hirup, kemudian mengeluarkannya dengan memencet hidung anda.

Mencuci Wajah Sebanyak 3 Kali

Selanjutnya mencuci muka anda sebanyak 3 kali. Mencuci muka ketika berwudhu dilakukan mulai dari bagian ujung kepala tumbuhnya rambut sampai ke bawah dagu. Serta membersihkan dari bagian telinga kanan ke telinga kiri.

Mencuci Kedua Tangan Sampai Siku

Setelah anda selesai mencuci muka, kemudian cucilah kedua tangan anda sampai siku. Lakukan sebanyak 3 kali. Anda sebaiknya melakukannya dengan mendahulukan anggota tubuh anda sebelah kanan.

Mengusap Kepala

Selanjutnya yaitu mengusap kepala dari bagian depan hingga ke belakang kepala.

Ali bin Abi Thalib berkata, “Aku melihat Nabi SAW mengusap kepalanya satu kali.” (HR. Sahih Abu Dawud no.106)

Bersihkan Kedua Telinga

Setelah itu, membersihkan kedua bagian telinga tanpa harus mengambil air yang baru. Dalam tata cara wudhu ini membersihkan telinga dilakukan dengan jari telunjuk dimasukan ke dalam telinga, lalu ibu jari mengusapkan pada kedua daun telinga. Ini dilakukan dengan bersamaan pada telinga kanan, serta telinga kiri.

Mencuci Kedua Kaki

Tata cara wudhu yang selanjutnya yaitu mencuci kedua kaki sampai atas mata kaki. Tata cara wudhu ini dilakukan 3 kali, dimulai dari kaki sebelah kanan.

Membaca Doa Wudhu

Setelah semua rangkaian wudhu selesai dilakukan, disunnahkan membaca doa setelah wudhu. Ketika anda memanjatkan doa wudhu, sebaiknya anda menghadap ke arah kiblat serta mengangkat kedua tangan anda.

Lihat juga : Doa Istikharah yang Bisa Anda Amalkan Ketika Menemukan Keraguan

Nah, itulah bacaan doa setelah wudhu, arab, latin dan artinya serta tata cara wudhu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *