Doa Setelah Sholat Taubat, Latin dan Artinya

Posted on

Doa Setelah Sholat Taubat, Latin dan Artinya – Sebagai manusia kita tidak luput dari kesalahan, karena manusia tidak ada yang sempurna. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Namun, Allah SWT selalu membukakan pintu ampunan untuk umat-Nya yang bersungguh-sungguh dalam bertaubat.

Memanjatkan doa memohon ampun pada Allah SWT atas segala kesalahan yang sudah diperbuat. Juga dengan melaksanakan sholat taubat. Menjalankan sholat taubat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menebus dosa. Taubat berarti kembali pada Allah SWT, kembali pada syariat-Nya, mengakui segala kesalahan yang diperbuat dan menyesalinya, juga berjanji agar tidak mengulangi segala kesalahan tersebut.

Doa Setelah Sholat Taubat, Latin dan Artinya

Dalam melaksanakan sholat taubat, kita tidak hanya mengerjakan sholat dua rakaat saja. Namun, ada doa yang harus dibaca setelah sholat taubat. Dimana dengan membaca doa setelah sholat taubat tersebut kita akan memohon perlindungan Allah SWT, memohon ampunan pada Allah SWT dan mengakui segala dosa yang diperbuat.

Nah, setelah anda selesai melaksanakan sholat taubat, dapat dilanjutkan dengan dzikir yang dibaca 100 kali:

أَسْتَغْفِرُاللَّهَالْعَظِيمَالَّذِيلَاإِلَهَإِلَّاهُوَالْحَيَّالْقَيُّومَوَأَتُوبُإِلَيْه

Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaihi.

Artinya: “ Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Jika sudah selesai dzikir tersebut,  lalu bisa dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat taubat seperti berikut ini:

Doa Setelah Sholat Taubat

Hal yang Mendukung Seseorang Melakukan Taubat

Ketika melakukan taubat, ada proses yang membutuhkan konsistensi untuk melakukannya. Perlu diketahui, dalam melakukan taubat kita tidak hanya sekedar melaksanakan sholat taubat serta membaca doa setelah selesai sholat taubat saja. Ada hal-hal yang dapat mendukung kita dalam melakukan taubat seperti berikut ini.

Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan yang Islami dan sehat akan mendukung seseorang dalam bertaubat. Dalam lingkungan ini, maka akan saling mengingatkan mengenai segala hal yang baik dan saling memberikan nasihat. Dalam lingkungan sehat dan islami ini akan meminimalisir dalam melakukan kesalahan atau perbuatan buruk yang dilarang oleh Allah SWT.

Melakukan Amalan

Selain melaksanakn sholat taubat dan berdoa, dalam melakukan taubat kita juga dianjurkan untuk melaksanakan amalan-amalan yang lainnya. Saat kita melakukan amalan tersebut, kita akan senantiasa ingat pada Allah SWT yang akan membuat hati tenang.

Keutamaan Sholat Taubat

Ada beberapa keutamaan yang akan didapatkan dengan melaksanakan sholat taubat seperti berikut ini.

Mendapatkan Pahala Sholat Sunnah

Keistimewaan pertama yang akan didapatkan dengan menjalankan sholat taubat yaitu akan mendapatkan pahala karena sudah mengerjakan sunnah.

Dosa-Dosanya Akan Diampuni

Keutamaan menjalankan sholat taubat lainnya yaitu dosa-dosa yang sudah kita perbuat akan Allah SWT ampuni, asalkan taubat dilakukan dengan niat, tekad dan istiqomah dan menghindari segala perbuatan dosa lagi.

Dimudahkan Segala Sesuatunya

Dengan melaksanakan sholat taubat maka segala sesuatunya akan dimudahkan oleh Allah SWT.

Derajatnya Ditinggikan Oleh Allah SWT

Keistimewaan sholat taubat selanjutnya yaitu akan ditinggikan derajat oleh Allah SWT.

Baca juga : Doa Setelah Sholat Witir, Latin dan Artinya

Itulah bacaan doa setelah sholat taubat beserta keutamaan-keutamaan menjalankan sholat taubat. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *