Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Posted on

Doa Setelah Sholat Hajat – Sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang memiliki hajat atau sebuah keinginan. Berdasarkan hadist atau riwayat menyebutkan bahwa jika ingin hajat terwujud maka kita harus melaksanakan sholat sunnah ini sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT.

Bagaikan keutamaan sholat sunnah yang lainnya, sholat hajat juga memiliki beberapa keutamaan dan manfaat yang besar. Salah satu manfaat sholat hajat yaitu sebagai jalan agar semua keinginan kita terkabul. Sholat hajat memiliki keutamaan dibandingkan dengan sholat sunnah yang lainnya. Dimana doa yang dimohonkan saat menjalankan sholat hajat terbilang mustajab.  ( Baca juga : Doa sholat )

Manfaat serta keutamaan sholat hajat yang dijanjikan oleh Allah SWT bukanlah tanpa bukti. Riwayat di masa silam sudah menjadi tanda kebenaran dari amalan ibadah sholat sunnah yang satu ini. Berikut ini beberapa keajaiban yang membuktikan bahwa sholat hajat memiliki keutamaan yang luar biasa:

  • Seorang tunanetra yang pulih penglihatannya setelah ia melaksanakan sholat hajat.
  • Seorang pria yang melakukan perjalanan dari Yaman. Kemudian keledai yang ia tumpanginya mati. Setelah itu ia mengambil wudhu dan mengerjakan sholat dua rakaat. Kemudian ia berdoa agar keledainya dapat bangkit kembali. Keledainya pun kemudian bangun dengan seketika dan mengibaskan kembali telinganya.

Selain dua riwayat tersebut sebenarnya masih banyak keajaiban-keajaiban yang lainnya yang sudah pernah mereka alami dalam mengerjakan sholat sunnah ini dengan sepenuh hati.

Waktu mengerjakan sholat hajat berbeda dari sholat sunnah yang lainnya. Seperti yang kita ketahui, sholat dhuha haya bisa dikerjakan ada waktu dhuha saja dan sholat tahajud bisa dikerjakan pada waktu sepertiga malam terakhir. Namun sholat hajat bisa dikerjakan setiap saat ketika kita sempak melaksanakannya, baik itu siang ataupun malam hari.

Meskipun bisa dikerjakan kapanpun, beberapa ulama menyarankan untuk menjalankan sholat hajat pada waktu yang mustajab. Dimana waktu sholat hajat yang mustajab yaitu waktu yang sama dengan melaksanakan sholat tahajud, yaitu sepertiga malam terakhir. Hal yang perlu diingat dalam mengerjakan sholat hajat yaitu jangan dilakukan saat waktu yang dilarang untuk sholat seperti saat terbit matahari, tengah hari atau saat matahari terbenam.

Sholat hajat bisa dikerjakan baik 2 rakaat maupun 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat ataupun 12 rakaat, dimana setiap 2 rakaatnya diakhiri dengan salam. Sedangkan pelaksanakan sholat hajat di siang hari bisa dilakukan dalam 4 rakaat sekaligus dengan satu salam.

Cara mengerjakan sholat hajat sebenarnya hampir sama dengan sholat sunnah yang lainnya yakni diawali dengan bacaan niat, kemudian diakhiri dengan salam. Yang membedakan sholat sunnah hajat dengan sholat sunnah yang lainnya terletak pada niatnya.

Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Ada doa-doa khusus yang bisa dipanjatkan setelah mengerjakan sholat hajat. Hanya saja, akan lebih baik jika tidak langsung berdoa melainkan membaca wirid dan dzikir terlebih dahulu seperti istigfar sebanyak 100 kali, sholawat nabi sebanyak 100 x dan bacaan wirid serta dzikir yang lainnya yang kemudian diakhiri dengan membaca doa. Adapun doa setelah sholat hajat lengkap beserta bahasa arab, latin dan juga artinya adalah berikut ini. ( Artikel lainnya : Doa Sholat Dhuha )

Doa Setelah Sholat Hajat

Doa Setelah Sholat Hajat

Demikian doa setelah sholat hajat yang bisa anda panjatkan pada Allah SWT. Pahami, maknai agar doa tersebut semakin ampuh jika anda memahaminya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *