Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Latin dan Artinya

Posted on

Doa Setelah Sholat Dhuha – Sholat menjadi salah satu kewajiban umat Islam. Tidak hanya sholat wajib saja, namun kepada umatnya Islam menganjurkan untuk melakukan ibadah sunnah, misalkan sholat Dhuha. Melakukan ibadah sunnah menjadi cara agar amal ibadah kita meningkat, juga meningkatkan akhlak manusia.

Sholat Dhuha adalah sholat yang dilaksanakan di waktu Dhuha atau di antara waktu sesudah matahari terbit yakni pukul 8 sampai sebelum tengah hari yaitu pukul 11 siang. Sholat Dhuha jumlah rakaatnya paling sedikit yaitu 2 rakaat, serta paling banyak 12 rakaat.

Baca juga : Doa Shalat Tahajud Yang Dapat Anda Amalkan Sesuai Hadist

Setelah selesai menjalankan sholat Dhuha, anda dapat membaca wirid serta doa setelah melaksanakan sholat Dhuha. Nah, di bawah ini doa setelah melaksanakan sholat Dhuha lengkap dengan latin dan artinya.

Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Latin dan Artinya

Doa Setelah sholat dhuha

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Di bawah ini merupakan artinya :

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu DhuhaMu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu”

“Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh”

Keutamaan Menjalankan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Dengan melaksanakan sholat Dhuha anda akan mendapatkan keutamaan-keutamaan tersebut. Nah, berikut ini beberapa keutamaan sholat dhuha yang dapat anda ketahui.

Pahala Sholat Dhuha Seperti Bersedekah

Melaksanakan sholat Dhuha memiliki nilai yang sama seperti keutamaan bersedekah, yakni sedekah yang dibutuhkan 360 persendian tubuh, apalagi jika kita melakukannya dengan penuh keikhlasan. Dimana umat Islam yang melaksanakan sholat Dhuha akan mendapatkan pahala yang banyak, sebanyak persendian tersebut.

Kebutuhannya Tercukupi

Jika sholat Dhuha dilakukan ketika awal hari maka rezekinya akan tercukupi. Sholat Dhuha dilaksanakan untuk memohon rezeki pada Allah SWT. Allah SWT berjanji kepada umatnya yang rajin melaksanakan sholat Dhuha kebutuhannya akan tercukupi.

Mendapatkan Keuntungan Lebih Cepat

Seseorang yang rajin mengerjakan sholat Dhuha, atas izin Allah SWT ia akan mendapatkan keuntungan lebih cepat.

Menggugurkan Dosa

Keutamaan sholat Dhuha lainnya yaitu dapat menggugurkan dosa-dosa orang yang rajin melaksanakannya.

Mendapatkan Ganjaran Berupa Rumah di Surga

Untuk umat Islam yang selalu meluangkan waktu untuk melakukan sholat Dhuha 12 rakaat pada awal hari, maka Allah SWT menjanjikan ganjaran rumah indah kelak diakhirat terbuat dari emas.

Akan Dibuatkan Pintu Khusus Saat di Surga

Orang yang rajin melaksanakan sholat Dhuha juga kelak di surga akan dibuat pintu khusus, yakni pintu Dhuha.

Itulah doa setelah sholat Dhuha beserta latin dan artinya. Anda bisa membaca doa tersebut setelah selesai mengerjakan sholat Dhuha. Agar kita mendapatkan keutamaan sholat Dhuha, maka kita harus istiqomah dan rutin melaksanakannya. Semoga dengan melaksanakan sholat Dhuha, keimanan kita semakin bertambah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *