Doa Setelah Membaca Al-Qur’an dan Artinya

Posted on

Doa Setelah Membaca Al-Qur’an – Tidak sedikit orang yang merasa malas untuk membaca AL-Qur’an. Padahal Al-Qur’an itu sendiri adalah petunjuk untuk kehidupan manusia di dunia ini. Sebagian orang selalu berasalan tidak memiliki waktu membaca Al-Qur’an padahal sebenarnya terdapat pahala yang besar di dalamnya. Kata kata dalam Al-Qur’an itu sendiri dianggap sulit padahal sebenarnya membacanya begitu mudah dan dapat mendatangkan kebaikan.

Membaca Al-Qur’an itu sendiri memiliki banyak keutamaan atau hikmah. Adapun keutamaan membaca Al-Qur’an adalah berikut ini.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Kesibukan yang kita jalankan dalam setiap harinya terkadang menjadikan kita lalai untuk beribadah termasuk membaca Al-Qur’an. Jangankan membaca, bahkan membuka pun rasanya jarang. Kitab suci umat Islam ini dibiarkan berdebu. Saat kitab suci ini jatuh seseorang biasanya langsung mengambil dan menciumnya, namun tidak berniat untuk membuka atau membacanya. Sangat merugi orang-orang muslin yang jauh dari Al-Qur’an. Berikut ini beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an yang perlu anda ketahui.

Menjadi Manusia Terbaik

Setiap rang tentu ingin menjadi manusia yang terbaik. Sebaik-baiknya orang adalah mereka yang mempelajari Al-Qur’an kemudian mengamalkannya.

Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Siapa saja yang membaca satu huruf kitab suci Al-Qur’a maka ia akan menerima satu kebaikan. Dimana kebaikan tersebut dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.

Maka sungguh rugi besar jika kita tidak membaca dan mengamalkan Al-Qur’an. Kita sudah melewatkan banyak kebaikan dan pahala. Padahal pahala membaca Al-Qur’an itu sendiri sangatlah banyak.

Orangtua Dipakaikan Mahkota Cahaya di Hari Kiamat

Seseorang yang membaca Al-Qur’an, kemudian mempelajari dan mengamalkannya, maka orangtuanya akan dipakaikan mahkota dari cahaya dengan sinar bagaikan cahaya matahari. Orangtuanya pun akan dipakaikan perhiasan yang nilainya tidak pernah tertandingi di dunia. Ini bisa menjadi bentuk kasih sayang dan bakti anak pada orangtuanya.

Hati Menjadi Tentram

Seseorang yang membaca Al-Qur’an kemudian memahami dan mengamalkannya ia akan diberikan ketentraman hati dan curahan rahmat. Hati yang tenang dan tentram menjadi salah satu rahmat yang tidak bisa kita pikirkan. Biarkan orang lain dikejar oleh urusan di dunia. Biarkan mereka bergelut dengan kehidupan dunia yang dapat membuat hati stres. Namun anda jangan sampai mengesampingkan agama untuk kesenangan di dunia ini.

Dikeluarkan Dari Kegelapan

Al-Qur’an sebenarnya adalah cahaya di siang hari. Dikeluarkan dari kegelapan dan untuk menuju cahaya adalah karunia yang sangat besar. Karunia yang tidak bisa dibandingkan dengan emas atau apapun itu.

Mendatangkan Syafaat

Membaca Al-Qur’an akan mendatangkan syafaat. Al-Qur’an akan datang pada hari kiamat, dia akan memberikan sya’faat pada siapa saja yang membacanya.

Salah Satu Ibadah Paling Agung

Allah telah menjamin untuk siapa saja yang mengikuti Al-Qur’an, ia tidak akan tersesat di dunia dan tidak akan merugi di akhirat.

Doa Setelah Membaca Al-Qur’an dan Artinya

Untuk mendapatkan hikmah dari membaca Al-Qur’an maka kita harus rajin atau sering membaca, mempelajari dan mengamalkannya. Dalam membaca Al-Qur’an jangan lupa untuk memulai dan mengakhirinya dengan doa. Berikut ini doa setelah membaca Al-Qur’an.

Doa Setelah Membaca AL-Qur'an

Demikian hikmah membaca Al-Qur’an yang bisa anda peroleh beserta dengan doa setelah membaca A-Qur’an. Setelah mengetahui hikmah membaca Al-Qur’an diharapkan anda termotivasi untuk selalu membaca Al-Qur’an. Semoga para pembaca semuanya bisa istiqomah dalam membaca Al-Qur’an setiap harinya dan mengamalkan atas apa yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *