Doa Selepas Sholat Tahajud, Arab, Latin dan Terjemahan

Posted on

Doa Selepas Sholat Tahajud, Arab, Latin dan Terjemahan – Bacaan Doa Sholat Tahajud, Arab, Latin dan Terjemahan – Selain menjalankan sholat wajib, ada beberapa amalan sholat lain yang bisa dilakukan. Salahsatu yang bisa anda kerjakan adalah sholat tahajud yang dikerjakan pada malam hari. Sholat tahajud sendiri dikenal sebagai sholat yang dikerjakan pada malam hari sesudah bangun tidur (qiyamul lail). Shalat yang dikerjakan minimal sebanyak dua rokaat ini memiliki banyak sekali keutamaan dan manfaat bagi yang melakukannya.

Anda bisa menjalankan sholat ini kapanpun di malam hari setelah tidur terlebih dahulu. Meskipun demikian, sebaik-baiknya menjalankan sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mendapatkan keutamaanya secara lebih besar, akan lebih baik menjalankan sholat ini sekitar jam 2 sampai 3 dini hari. Di waktu tersebut anda bisa menyampaikan doa-doa anda dengan lebih tenang. Di waktu tersebut juga merupakan waktu terbaik bagi anda untuk memanjatkan do’a kepnada sang pencipta.

Bagi sebagian besar orang yang tidak mengetaui keutamaan dan manfaatnya pasti merasakan berat sekali menjalankan Sholat Tahajud ini. Di tengah keadaan yang mengantuk dan hawa dingin malam hari tentunya berat sekali untuk bangun dan membasuh badan dengan air wudhu. Namun justru di kala itulah semua permohonan dan permintaan yang ada dalam diri ini bisa kita panjatkan. Tenangnya sepertiga malam menjadi waktu yang pas bagi anda bermunajat dan emohon. Di kala yang lain terlelap anda bisa dengan khusuyk meminta kepada-Nya.

Manfaat Melaksanakan Sholat Tahajud

Berbicara mengenai sholat tahajud pasti tidak lepas dari keutamaan dan kebermanfaatannya dlam diri kita. Adapun beberapa manfaat dan keutamaan yang bisa anda ambil dalam menjalankan sholat tahajud antara lain adalah:

1. Do’a yang Mustajab dan Mengangkat Derajat Orang yang Melakukannya

Sholat yang dikerjakan di sepertiga penghujung malam setelah sebelumnya tidur ini memang sangat mustajab untuk digunakan berdoa. Oleh karena itu, jika anda memiliki permohonan-permohonan dan pengharpan, silahkan untuk lebih rajin melakukan sholat tahajud. Dalam suasana yang tenang dan begitu adem itu Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-hambanya yang terbangun dari tidurnya dan membasuh wajahnya dengan air wudhu. Selain itu Allah SWT juga berjanji akan mengangkat derajat orang-orang yang melakukan sholat tahajud. Hal tersebut bis anda lihat pada QS Al Isra 17:79.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Menyehatkan dan Mengusir Penyakit

Tidak hanya secara spiritual, keutamaan sholat tahajud juga bisa dirasakan oleh fisik kita. Dengan melakukan sholat tahajud makan manfaat seperti kekebalan tubuh dan kesehatan bisa anda rasakan. Dengan melakukan sholat tahajud juga anda bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang bisa menyerang tubuh ini. Terbangun ketika sepertiga malam menuju pagi (sekitar pukul 03:00) maka anda bisa meraskan udara yang masih segar dan bersih. Dengan udara yang bersih dan gerakan-gerakan sholat yang terbukti bermanfaat bagi tubuh, maka tubuh anda akan bisa lebih segar dari biasanya. Hal ini tentunya tidak bisa dirasakan merak yang tebangun terlamabat atau bahkan di siang hari.

Penemuan mencengangkan juga terjadi dalam ilmu bioteknologi yangmenyebutkan jika melakukan sholat tahajud bisa meningkatkan imunitas tubuh. Bagi anda yang memiliki keluhan dengan penyakit berat, maka sholat tahajud bisa menjadi salahsatu terapi penyembuhan yang dicoba. Sholat tahajud juga dikatakan bisa meningkatkan respon positif terhadap bius /anestesi pra bedah.

3. Meringankan Nasab dan Menjauhkan Dari Panasnya Api Neraka

Setiap manusia tentunya tidak pernah lepas dari dosa, namun anda tetap selalu bisa memohon ampun dan bertaubat kepada Allah SWT. Dosa dan pahala yang anda miliki nantinya akan dinasab di akhirat danmenjadi penentu ke mana anda akan dimasukan, surga atau neraka. Tentunya sebagai hamba-Nya kita ingin untuk memasuki surganya yang indah dan nikmat. Berkaitan dengan hal tersebut, maka dengan melakukan sholat tahajud anda bisa meringankan nasab buruk pada hari nanti. Anda bisa bermohon di sepertiga malam kepada Allah untuk mengampunkan segala dosa yang pernah kita perbuat di dunia.Niscaya doa yang dipanjatkan di momen tersebut bisa mustajab dan didengar oleh-Nya.

4. Pikiran Segar dan Muka Bercahaya

Menjalankan gerakan sholat yang bermanfaat setelah tidur membuat pikiran anda menjadi segar dan jernih kembali. Tentunya hal tersebut bisa sangat bermanfaat bagi anda. Selain itu, muka anda akan tampak bercahaya dan senantiasa cemerlang. Hal tersebuit selaras dengan yang diriwayatkan oleh Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail. Mengapa orang yang melaksanakan sholat tahajud tampak bercahaya dan bersinar? Karena mereka (yang melakukan sholat tahajud) menyendiri bersama Tuhan-Nya di malam hari, kemudian Allah memberikan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya

5. Memperoleh Cinta Dari Allah SWT

Kita melaksanakan sholat tahajud seperti apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, orang yang paling dicintai oleh Allah SWT. Maka kita sebagai umatnya pun bis mengikuti jejaknya dan menikmati cinta dari Allah ketika kita rutin menjalankan sholat malam ini. Nabi Muhammad SAW sendiri pernah bersabada. Mereka yang terbangun di tengah malam dan meninggalkan kenyamanan tidur, niscaya akan mendapat cinta dari Allah SWT. Ingat pula jika Allah akan memberikan pengmpunan bagi mereka yang dicintai-Nya. Cinta Allah juga tidak akan pernah berputus kepada orang-orang yang dicintai hingga hari akhir nanti.

6. Mencegah Perbuatan Dosa dan Lalai

Bagi anda yang menjalankan sholat tahajud akan mendapatkan sekali banyak keuntungan dan juga pahala. Selain denganmengampunkan dosa-dosa yang diperbuat dna merupakan tiket surag, Sholat tahajud juga bisa mencgah perbuatan dosa dan lalai. Sesuai dengan sabda yang dikemukan oleh Rasulluah, mereka yang mengerjakan sholat tahajud bisa terhidar dari perbuatan dosa dan lalai.

Bacaan Sholat Tahajud dan Doa Selepas Sholat Tahajud

Bagi anda yang berniat menjalankan sholat tahajud maka sebaiknya tidur terlebih dahulu dan kembali terbangun di sepertiga malam untuk mendapatkan keutamaannya. Anda bisa bangun dan menunaikan sholat tahajud pada sekitar pukul 03:00 pagi. Secara umum anda bisa melaksanakan sholat tahajud seperti sholat-sholat sunah lainnya, hanya saja berbeda niat pelaksanaanya saja.

sebagai sholat sunah, sholat tahajud sendiri memiliki kedudukna sebagai sunnah muakad atau dengan kata lain sangat dianjurkan. Dalam pengertian lainnya, sunnah muakad adalah ibadah sunnah yang jarang sekali ditinggalkan oleh Rasulullah SAW. Kedudukannya hampir sama dengan sholat duha atau tarowih pada bulan ramadhan.

Bacaan Niat Sholat Tahajud

Doa Selepas Sholat Tahajud, Arab, Latin dan Terjemahan
Artinya: “Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.”

Demikianlah niat yang akan anda lafalkan ketika hendak melakukan sholat tahajud. Selanjutnya disusul oleh takbiratul ihram dan menjalankan gerakan sholat seperti pada umumnya. Niat sendiri terbagi atas dua, yakni lafadh dan qasadh. Lafadh sendiri merupakan bacaan yang dibacakan sebelum takbiratul ihram, sedangkanqashadh sendiri berkaitan dengan niat dalam hati. Untuk lafadh sendiri hukumnya sunnah sedangkan qosodh adalah wajib.

Shoplat dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan beberapa surat pendek yang bisa anda pilih. Uasahakan sholat anda sekhusyuk mungkin dan tidak perlu terburu-buru dalam melaksanakannya. Sebagian mungkin seringkali mengejar target rokaat dan lupa kepada esensi sholat itu sendiri. Perlu diperhatikan juga jika sholat tahajud ini dilaksanakan dengan dua rokaat salam.

Bacaan Selepas Menjalankan Sholat Tahajud

Usai melakukan sholat tahajud, maka dilanjutkan dengan duduk tenang sembari membaca doa. Sebelum membaca doa anda bisa memulainya dengan memanjatkan bacaan dzikir (istigfar, tasbih, tahmid dll). Sesuai dengan fungsinya, dzikir itu merupakan media kita mendekatkan diri dengan sang pencipta, oleh karena itu lakukanlah denganikhlas danjuga openuh khusyuk.

Lepas membaca bacaan dzikir anda bisa menlanjutkan membaca doa lepas sholat tahajud. Ada baiknya anda menghapal doa tersebut, sehingga anda bisa lebih khyusyuk ketika memanjatkannya. Adapun doanya adalah sebagai berikut.

Doa Selepas Sholat Tahajud, Arab, Latin dan Terjemahan
Artinya:
“Wahai Allah, Milik-Mu lah segala puji.
Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah Yang Hak (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).
Wahai Allah, Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum.
Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku.
Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Doa Selepas Sholat Tahajud Terjemahan Latin

Jika anda kurang lancar dalam membaca tulisan arab di atas, maka berikut ada tulisan latin yang bisa anda baca. Dengan tulisan latin ini bisa memudahkan anda yang berusaha menghapal doanya. Simak di bawah ini!

Doa Selepas Sholat Tahajud, Arab, Latin dan Terjemahan

Demikianlah serangkaian bacaan-bacaan doa yang bisa anda panjatkan setelah menjalankan sholat tahajud. Anda bisa menghapalkannya untuk kemudian diaplikasikan. Anda juga bisa mencoba menagkap maknanya dari arti yang yang diberikan. Sehingga anda akan bias lebih memaknai doa yang anda panjatkan.

Jangan takut untuk terus belajar dan membiasakan diri membaca doa setelah tahajud ini. Bagi anda yang baru beberapa kali menjalankan dan kurang hapal bisa terus berlatih. Selanjutnya perlahan anda bisa menghapal dan memahami maknda dari pelaksanaan sholat tahajud. Anda juga nantinya bisa lebih mengkhusyukan sholat anda. Perlahan anda bisa memahami cara pembacaan yang tepat dan benar sesua dengan tajwid dalam bacaanya.

Jangan lupa untuk berbagi dengan teman dan sahabat anda yang berada di media sosial. Dengan membagikannya melalui media sosial anda sudah membantu menyebarkan kebaikan dan berdakwah. Jangan lupa juga untuk berbagi komentar dengan para pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar yang sudah tersedia pada bagian bawah artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *