Doa Selepas Azan dan Keutamaan serta Adab Azan

Posted on

Selama lima waktu dalam sehari kita diperdengarkan seruan untuk beribadah kepada Allah SWT. Seruan yang dikumandangkan oleh muadzin ini merupakan penanda waktu kita untuk menghadap kepada Allah SWT. Sebagai umatnya yang taat tentunya seruan azan merupakan penanda nikmat yang begitu besar. Oleh karena itu, sebaiknya kita segera meningglkan berbagai pekerjaan kita dan segera menghadap kepada-Nya. Tidak lupa juga kita terlebih dahulu mengamalkan doa selepas azan sebagai bentuk rasa syukur dan permohonan akan hal-hal baik kepada Allah SWT.

Peran dan posisisi azan bagi umat Islam sangatlah penting. Dengan adanya azan, maka kita senantiasa mengetahui dan menyadari waktu bagi kita untuk segera beribadah kepada-Nya. Karena pada dasarnya, manusia sendiri berada di dunia ini tidak lain hanya untuk beribadah kepada-Nya. Selain dengan peran dan fungsinya tersebut, keutamaan azan dalam Islam sangatlah besar dan penting. Dalam sebuah hadist bahkan disebutkan jika setan akan lari ketika mendengar seruan azan berkumandang.

(Baca juga: Doa qunut dan artinya)

Doa Selepas Azan yang Bisa Anda Amalkan

Azan merupakan salahsatu hal yang begitu penting dalam kehidupan seorang Muslim. Selain sebagai penanda datangnya waktu beribadah, seruan azan juga memiliki banyak keutamaan lainnya. Dengan demikian posisi azan sendiri sangatlah penting. Ada beberapa adab yang perlu diketahui dan sebaiknya ktia ikuti terkait dengan azan ini. Salahsatunya adalah membaca doa selepas azan. Doa selepas azan merupakan doa yang diamalkan setelah kita mendengarkan seruan azan.

Melalui doa selepas azan, kita meminta dan memohon kepada Allah atas karunia-Nya atas Baginda Nabi Muhammad dan juga kedua orang tua kita. Pada dasarnya azan merupakan seruan untuk menghadap kepada Allah dan menjadi lahan untuk kita menunaikan perintahnya dan menambah pahala. Oleh karena itu, sangatlah dianjurkan untuk kita membaca doa selepas azan. Silahkan anda simak doa selepas azan di bawah ini dan mulailah untuk mengamalkannya tiap selepas anda mendengarkan seruan azan. Simak di bawah ini!

Doa Selepas Azan dan Keutamaan serta Adab Azan

Demikianlah doa selepas azan yang sebaiknya anda bacakan tepat setelah muadzin selesai mengumandangkan azan. Ada keutamaan besar di balik doa selepas azan yang kita bacakan. Keutamaan terbesar dari membaca doa selepas azan adalah syafaat yang bisa kita terima di hari akhir kelak. Nabi Muhammad pernah bersabda atas hal tersebut. Berikut adalah sabda yang diberikan olehnya.

Doa Selepas Azan dan Keutamaan serta Adab Azan

Bagaimana? Dengan melihat keutamaan yang bisa kita dapatkan, maka sudah sewajarnya kita mengamalkan doa selepas azn tersebut. Semoga dengan doa yang kita panjatkan tersebut, pertolongan berupa syafaat dari Nabi Muhammad bisa kita dapatkan kelak di hari akhir.

Selain itu anda juga bisa membaca doa berikut setlah mendengarkan iqamah. Simak doa selepas iqamah di bawah ini!

Doa Selepas Azan dan Keutamaan serta Adab Azan

Keutamaan Dari Menjawab Azan yang Dikumandangkan Muadzin

Selain dengan berdoa, salahsatu hal yang dianjurkan untuk dilakukan adalah menjawab seruan azan yang dikumandangkan oleh Muadzin. Meskipun memang merupakan perkaran sunnah dan tidak wajib, namun di balik itu semua ada hal yang patut anda ketahui. Mungkin anda juga seringkali melakukan tersebut namun tidak menyadari bahwa dengan mengulang bacaan azan dan iqamah terdapat hal baik yang bisa anda dapatkan. Hal apakah itu? Hal tersebut adalah pengampunan dan jaminan untuk masuk ke dalam surga Allah SWT.

Doa Selepas Azan dan Keutamaan serta Adab Azan

Begitulah hadist terkait dengan keutamaan melafadzkan kembali seruan azan dan iqamah. Melihat keutamaannya, ada baiknya mulai dari sekarang kita membiasakan menjawab seruan azan dan iqamah tersebut yang kemudian dilanjutkan membaca doa selepas azan.

Fakta Unik Di Balik Seruan Azan

Selain sebuah penyeru dan penanda bagi umat Islam, azan memiliki posisi yang strategis dan sejarah panjang di dalamnya. Akulasi dari hal tersebut, tentunya ada fakta-fakta yang unik terkait dengan azan itu sendiri. Mungkin anda tidka pernah menyadari terkait dengan berbagai fakta unik di balik seruan azan yang berkumandang lima waktu setiap harinya tanpa putus.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik yang bisa anda ketahui di balik kumandang azan yang setiap hari memanggil dan mengingatkan kita kepada kebesaran Allah SWT. Anda penasaran dengan fakta apa sajakah itu? Silahkan anda simak faktanya di bawah ini!

Azan Memiliki Sejarah Panjang dan Asal Mula yang Menakjubkan

Terkait dengan sejarah azan sendiri, awalnya ketika Rasulullah mencari cara untuk menyerukan waktu shalat kepad umat mulim. Rasulullah Saw sempat hendak menggunakan cara seperti meniup terompet, membuyikan genderang, menepuk tangn dan beberapa cara lainnya. Namun kesemuanya terasa belum mewakili cara untuk menyerukan waktu beribadah kepada umat muslim.

Kala itu kemudian seorang sahabat, yakni Abdullah bin Zaid. Abdullah bin Zaid berbicara kepada Allah SWT jika ia bermimpi mengenai cara menyeru shalat kepada umat muslim. Dala mimpinya ia bertemu dengan seorang pria yang menggunakan dua helai kain serta membawa bel. Abdullah bin Zaid dalam mimpinya kemudian hendak membeli bel tersebut dan ia akan gunakan sebagai penyeru shalat. Alih-alh diberikan, sang apria dalam mimpi lalu menyarankan untuk mengumandangkan lafadz-lafadz seruan Allah SWT yang sekarang kita dengar.

Nabi Muhammad SAW kemudian setuju dengan apa yang dikatakan Zaid dan memintanya untuk memberi tahu Billal Bin Rabah. Billal sendiri merupakan muadzin pertama untuk umat muslim. Billal merupakan seorang bekas budak keturunan kulit hitam yang kemudian memeluk agama Allah SWT. Billan bin Rabbah juga dikenal sebagai orang yang termasuk ke dalam pemeluk agama islam pertama. Billal dipilih karena memiliki suara yang indah lagi keras. Dengan begitu, ia bisa memberikan kabar dan seruan pengingat shalat kepada banyak orang dalam jarang yang cukup jauh.

Azan Selalu Dikumandangkan Saat Ada Peristiwa Besar

Disdari atau tidak, azan itu merupakan penyeru bagi umat muslim kala sebuah peristiwa besar terjadi. Shalat sendiri merupakan ibadah rutin yang penting dan wajib dilakukan oleh seorang muslim, namun disamping itu ada lagi waktu pembacaan azan lainya. Pembacaan azan juga dilakukan kala ada seorang anak manusia yang baru lahir kedunia. Azan dikumandangkan di telinga kanan dan iqamah di kirinya. Tentunya pembacaan azan dalam waktu tersebut menjadi penanbda bagi sebuah peristiwa penting, yakni lahirnya seorang anak manusia.

Selain dengan peristiwa kelahiran, azan juga pernah dikumandangkan ketika waktu perebutan Kota Mekkah dan jatuhnya Konstatinopel ke tangan umat muslim. Dua peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang begitu monumental dalam sejarah umat Islam yang perlu kita ingan. Jika dicermati maka dalam dua peristiwa monumental tersebut pun, lagi-lagi azan dikumandangkan.

Azan Sudah Milyaran Kali Dikumandangkan

Sejak pertama kali dikumandangakan oleh Billal di Mainan, kumandang azan tidak pernah berhenti hingga sekarang. Justru kini kumandang azan lebih nyaring terdengar hampir di setiap tempat di dunia. Jika dihitung dari pertama kali azan tersebut dikumandangkan, maka sudah milyaran kali azan ini terdengar dan berkumandang. Hal tersebut tentunya menjadi hal yang begitu luar biasa dan fakta menarik di balik keberadaannya. Melihat fakta tersebut maka masuklah ke dalam logika jika memang jumlah hari dikali dengan perkiraan jumlah muadzin, maka nilainya sudha menyentuh ke dalam milyaran lebih kumandang azan.

(Artikel menarik lainnya: Doa sholat tahajud latin)

Azan Tidak Pernah Berhenti Berkumandang

Seiring dengan waktu dan persebaran Islam di seluruh dunia, membuat banyak umat muslim tersebar ke seluruh penjuru dunia. Persebaran islma ini juga membuat munculnya fakta unik di balik seruan beribadah, yang kita kenal dengan azan. Fakta unik mengenai azan adalah, terenyata azan tidak pernah berhenti dikumandangkan di seluruh dunia. Seruan azan akan berantai dan tidak pernah terputus. Hal tersebut dikarenakan perbedaan waktu di tiap belahan dunia. Pergeseran siang dan malam membuat azan terus dikumandangkan.

Dengan begitu azan akan terus berkumandang dan terus terdengar bergaung di seluruh belahan dunia. Azan sendiri tidak hanya berfungsi sebagai panggilan bagi umat muslim untuk beribadah. Suara azan yang bergema menunjukan keesaan Allah SWT dan bentuk tauhid kepada Allah SWT, Tuhan semesta alam. Dalam riwayat juga dijelaskan jika azan merupakan salahsatu tanda dari akhir zaman. Akhir zaman ditandai dengan menghilangnya para alim ualam, penghapal Al-Quran, Orang yang shalat hingga tidak pernah lagi terdengar adanya lantunan azan. Dengan demikian azan memiliki posisi yang begitu penting dan esensial di dalam kehidupan seorang muslim.

Azan Merupakan Seruan yang Memiliki Daya Magis

Sebagai sebuah seruan azan memiliki daya magis yang besar. Seruan azan yang berkumandang lantang membuat kita tergerak untuk menghentikan aktifitas lalu menghadap kepada Allah SWT. Tentunya azan memiliki daya penggerak yang luar biasa, sehingga mampu menggerakan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Dalam beberapa kisah, suara seruan azan yang begitu indah dan bergema tak jarang mengetuk pintu hati seseorang. Tatkala pintu hati mulai tersentuh, hidayah dari Allah juga mulai turun dan muncul. Dengan hidayah yang diberikan Allah, maka seorang manusia bis berubah menjadi pribadi yang baik atau lebih baik dari sebelumnya. Pribadi yang belum mengenal Allah SWT sekalipun bisa tegerak dan tersentuh hanya dengan mendengarkan lantunan azan yang begitu indah dan mengalun.

Demikian di atas merupakan doa selepas azan yang bisa anda amalkan setelah mendengarkan seruan Allah SWT tersebut. Dengan keutamaannya, maka sebaiknya anda mengamalakan doa tersebut dan senantiasa mendengarkan seruan-Nya. Sebagai umatnya yang taat, kehadiran azan sebagai sebuah seruan merupakan nikmat yang tidak bisa dielakan lagi. Oleh karena itu, silahkan hapalkan, amalkan dan sebarkan doa selepas azan tersebut.

Anda bisa berbagi ayat doa selepas azan dan berbagai hal terkait dengan keutamaan azan tersebut kepada teman dan sahabat anda. Anda bisa berbagi dengan teman dan sahabat anda di media sosial dengan menekan tombol share yang telah tersedia pada bagian bawah artikel ini. Tekan dan mulai berbagilah. Anda juga bisa menambahkan komentar dan berinteraksi dengan para pembaca lainnya. Silahkan anda isi bagian kolom komentar yang sudah disediakan pada bagian bawah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *