Doa sebelum Tidur yang Dianjurkan Untuk Anda Amalkan

Posted on

Doa sebelum Tidur yang Dianjurkan Untuk Anda Amalkan – Tidur merupakan sebuah kegiatan yang sangat dibutuhkan bagi setiap makhluk hidup. Dengan tidur, kita bisa mengistirahatkan tubuh kita dari pekerjaan dan kegiatan yang sehari-hari kita lakukan. Dengan tidur yang baik, maka kekuatan dan ketahanan tubuh dari seseorang bisa kembali dipulihkan dan siap untuk kembali beraktifitas.

Tidak hanya untuk sekedar mengembalikan stamina tubuh, namun tidur sendiri bisa menjadi salahsatu bagian daripada ibadah bagi kita. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran yang menyebutkan jika memang tugas manusia dan juga jin adalah untuk beribadah kepada-Nya. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita juga mejadikan tidur sebagai salahsatu kegiatan ktia yang bernilai ibadah.

Lantas bagaimana cara membuat tidur kita memiliki nilai ibadah? Untuk membuat tidur ktia bernilai ibadah, maka tentunya kita harus mengikuti adab-adab tidur yang sudah ditunjukan oleh Allah SWT. Dari sekian banyak adab yang harus anda jalankan, salahsatu yang harus diperhatikan adalah membaca doa.

Doa Sebelum Tidur yang Sangat Dianjurkan Untuk Anda Baca

Banyak sekali yang seringkali lupa untuk membaca doa sebelum tidur ini, padahal manfaat dan keutamanaanya sangat penting. Oleh karena itu, janganlah lupa untuk membaca doa. Berikut ini kami berikan doa yang anda bisa amalkan sebelum anda tidur. Kami berikan doa bersama dengan makna dan juga terjemahan latin yang bisa anda hapalkan.

Doa sebelum Tidur yang Dianjurkan Untuk Anda Amalkan

Demikian tadi bacaan doa yang bisa anda amalkan ketika menjelang waktu tidur. Silahkan anda hapalkan dan amalkan ketika menjelang tidur. Dengan demikian anda bisa mengambil kebiakan dan keutamaan dari doa sebelum tidur tersebut.

(Artikel menarik lainnya: doa selepas sholat)

Adab Tidur Sesuai dengan Sunnah Rasul

Berdoa merupakan salahsatu dari enam adab tidur yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasul. Dengan mengikuti ada menjelang tidur tersebut kita bisa mendapatkan manfaat dan keutamaan yang dijanjikan oleh allah. Dengan mengikuti adab menjelang tidur tersebut kita juga bisa menjadikan tidur kita ini sebagai bagian dari ibadah kepada Allah SWT. Adapun adab tidur yang sebaiknya anda lakukan menjelang tidur selain dengan membaca doa itu adalah sebagai berikut.

Berwudhu Menjelang Tidur

Bagi anda yang hendak tidur, maka dilahkan ambil terlebih dahulu air wudhu untuk membasahi badan anda. Hal tersebut sesuai dengan apa yang diriwayatkan dalam hadist Bukhari. Dalam hadist tersebut dijelaskan jika dianujurkan untuk berwudhu ketika mengjelang tidur layaknya hendak menjalankan shalat. Menurut hadist, orang yang menjelang tidurnya mengambil air wudhu, maka malaikat akan senantiasa mendoakannya.

Tidur Lebih Awal

Dianjurkan untuk tidur lebih awal setelah menjalankan shalat isya. Hal tersebut dicontohkan oleh Rasulullah yang kemudian akan bangun lebih awal untuk mengerjakan ibadah di saat sepertiga malam. Hal tersebut diriwayatkan dalam sebuah hadist Bukhasi. Dalam hadist tersebut dijelaskan jika Rasullulah tidak menyukai orang yang tidur larut malam atau bagi mereka yang sudah tidur namun belum mengerjakan shalat isya.

Membersihkan Tempat Tidur

Menjelang tidur, Rasulullah mencontohkan untuk membersihkan tempat tidur terlebih dahulu. Kita bisa membersihkan tempat tidur atau pembaringan kita dengan cara mengibaskan kain di atas tempat tidur kita sebanyak 3 kali. Hal tersebut dimaksudkan untuk membersihkan tempat tidur kita. Sebab kita tidak tahu apa yang ada di sana, sehingga akan bisa dipakai untuk tidur dengan nyaman.

Dzikir Sebelum Tidur

Selain dengan doa, kita juga dianjurkan untuk mengingat Allah SWT dengan cara memanjatkan dzikir kepada-Nya. Hal tersebut merupakan salahsatu bentuk amlan sunnah yang diajarkan oleh Rasull. Dengan demikian kita bisa mengambil banyak manfaat dari amalan-amalan tersebut. Anda bisa membaca surah Al-Baqarah ayat 285 dan 286, surah Al-Falaq , An-Naas (Al-Mu`awwidzatain), kemudian diakhiri dengan surah Al-Ikhlas. Setelah semua bacaan tersebut selesai anda panjatkan , maka lanjutkan dengan membaca bacaan dzikir. Bacaan dzikir yang bisa anda baca adalah tasbih, tahmid dan takbir masing-masing 33 kali. Barulah setelah semua bacaan dan dzikir tersebut selesai anda panjatkan anda bisa membaca doa sebelum tidur.

Berdoa Ketika Bangun Tidur

Jika kita berdoa ketika menjelang tidur, maka sudah sepantasnya kita juga membaca doa ketika terbangun dari tidur kita. Doa yang kita panjatkan kepada Allah tersebut merupakan sebuah bentuk rasa syukur yang besar kepada Allah SWT. Melalui doa tersebut kita mengucap rasa syukur karena masih diberikan kesempatan untuk menikmati kehidupan. Kita masih bisa menghirup udara dan dibangunkan dari tidur kita yang sementara tersebut.

Demikianlah doa yang bisa anda amalkan sebelum anda tidur dan beristirahat. Dengan mengamalkan doa tersebut, maka tidur anda bisa menjadi kegiatan ibadah. Selain itu, dengan doa juga maka tidur kita bisa menjadi lebih berkah dan bermanfaat, terhindar dari gangguan syetan dan selamat dari marabahaya.

Mari berikan komentar dan pendapat anda mengenai doa sebelum tidur tersebut dengan cara mengisi bagian kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa juga untuk berbagi dengan teman dan sahabat anda yang berada di media sosial dengan cara menekan tombol berbagi yang telah disediakan. Tekan tombol berbagi yang telah disediakan dan mulailah berbagi melalui sosial media yang anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *