Doa Sebelum Membaca Al-Qur’an dan Adabnya

Posted on

Doa Sebelum Membaca Al-Qur’an dan Adabnya – Membaca Al-Qur’an merupakan ibadah utama selain sholat. Al-Qur’an adalah kitab umat Islam, yang di dalamnya terdapat firman Allah SWT yang dapat kita jadikan pedoman dalam hidup. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk selalu membaca Al-Qur’an. Nah, berikut ini bacaan doa sebelum membaca Al-Qur’an beserta adab dan keutamaannya.

Doa Sebelum Membaca Al-Qur’an

Sebelum membaca al-Qur’an ada doa yang harus dibaca terlebih dahulu. Berikut ini bacaan doa sebelum membaca Al-Qur’an beserta latin dan artinya.

Doa Sebelum Membaca Al-Qur’an

Adab Membaca Al-Qur’an

Berikut ini adab membaca Al-Qur’an yang bisa umat muslim lakukan agar mendapatkan pahala yang maksimal.

Berwudhu. Sebelum membaca Al-Qur’an hendaknya keadaan kita suci dan telah berwudhu sebelumnya.

Membersihkan mulut. Saat berwdhu, kita akan membersihkan mulut. Akan tetapi, jika dirasa kurang bersih, kisa bisa menyikat gigi atau bersiwak terlebih dahulu.

Memakai pakaian bersih. Pakaian yang kita gunakan harus bersih dan suci dari najis. Sebelum membaca Al-Qur’an hendaknya kita mengganti pakaian yang lebih bersih.

Pilih tempat bersih, menghadap kiblat. Adab membaca Al-Qur’an selanjutnya yaitu memilih tempat yang bersih. Selain itu, kita dianjurkan untuk menghadap kiblat ketika membaca Al-Qur’an.

Niat. Membaca Al-Qur’an dimulai dengan niat karena Allah  SWT. Semua pahala atau kebaikan yang  kita dapatkan dengan membaca Al-Qur’an datangnya dari Allah SWT. Apabila niat dalam hati kita baik, maka kita tidak akan berat untuk melaksanakannya.

Awali dengan membaca ta’waudz dan basmallah. Membaca Al-Qur’an diawali dengan membaca ta’awudz, serta basmallah terlebih dahulu. Ini dilakukan supaya selama membaca Al-Qur’an kita akan mendapatkan perlindungan Allah SWT.

Memelihara tajwid. Saat membaca Al-Qur’an kita harus memelihara tajwid, harus jelas panjang pendeknya, mengetahui kapan waktunya berhenti, bunyi huruf harus jelas dan kapan harus dibaca menyambung sebagai ilmu tajwid. Pasalnya, jika kita salah membaca panjang pendeknya, maka arti dari bacaan tersebut akan berubah. Sehingga kita harus senantiasa memelihara tajwid ketika membaca Al-Qur’an.

Dibaca dengan tartil. Al-Qur’an harus dibaca dengan tartil. Artinya yaitu dibaca dengan perlahan, sehingga tajwid maupun makhrajnya jelas terdengar. Saat membaca Al-Qur’an kita tidak boleh terburu-buru. Baca dengan perlahan dan resapi supaya kita mendapatkan ketenangan.

Sungguh-sungguh. Kita harus membaca Al-Qur’an dengan sungguh-sungguh. Kita harus fokus ketika membacanya sambil memperhatikan dan merenungkan setiap bacaannya.

Akhiri dengan membaca doa. Jika kita sudah selesai membaca Al-Qur’an, maka kita harus mengakhirinya dengan membaca doa. Berikut ini doa yang dapat dibaca.

صدق الله العظيم وبلغ رسوله الكريم ونحن على ذلك من الشاهدين

“Shadaqallahul ‘adziim wa balagha rasuuluhul kariim wa nahnu ‘alaa dzaalika minasy syaahidin.”

Artinya: “Maha benar Allah Yang Maha Agung dan Rasulnya yang mulia telah menyampaikan dan kami atas hal itu termasuk orang-orang yang bersaksi.”

Artikel lainnya : Bacaan Sholawat Nariyah Beserta Arti dan Keutamaannya

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Adapun keutamaan membaca Al-Qur’an yaitu seperti berikut ini.

  • Akan mendapatkan pahala berlipat. Seseorang yang membaca Al-Qur’an dengan rutin maka ia akan mendapatkan pahala berlipat.
  • Mengobati penyakit hati dan fisik. Membaca Al-Qur’an dapat menjadi obat dari penyakit hati maupun fisik.
  • Umat muslim yang membiasakan dirinya rutin membaca Al-Qur’an maka tidak akan sesat maupun celaka.
  • Dengan rutin membaca Al-Qur’an di rumah, maka rumah tersebut akan menjadi bercahaya. Selain itu, rumah juga akan menjadi lebih damai dan tenang.
  • Keutamaan membaca Al-Qur’an selanjutnya yaitu akan dilindungi dari godaan setan.
  • Dengan membaca Al-Qur’an maka akan mendatangkan kemuliaan. Selain di dunia, juga diakhirat kelak. Al-Qur’an dapat menjadi penolong.
  • Selain itu, membaca Al-Qur’an juga akan menambah kecerdasan anak. Waktu terbaik mengenalkan Al-Qur’an pada anak yaitu ketika masa kanak-kanak.
  • Jika kita rutin membaca Al-Qur’an maka kita akan memperoleh kemuliaan, baik di dunia ataupun diakhirat.

Itulah doa sebelum membaca Al-Qur’an beserta adab dan keutamaannya. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *