Doa Saat Membayar Hutang

Posted on

Doa Saat Membayar Hutang – Dalam keadaan tertentu, seseorang mungkin terpaksa harus berhutang. Nah, melunasi hutang menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh orang-orang yang berhutang. Jika seseorang yang berhutang tidak mampu melunasi hutangnya maka akan berdosa, saat diakhirat kelak  harus dipertanggungjawabkan.

Bisa membayar hutang-hutang merupakan salah satu nikmat yang Allah SWT berikan yang patut disyukuri oleh orang yang memiliki hutang. Dengan mampu membayar hutang maka akan melegakan pikiran dari orang yang meminjam hutang.

Saat membayar hutang, orang yang berutang tentunya wajib mengucapkan terimakasih pada seseorang yang meminjamkan uang atau seseorang yang memberikan utang. Nah, orang yang berutang harus mendoakan keberkahan untuk seseorang yang sudah membantunya, sudah memberikannya utang.

Doa Saat Membayar Hutang

Berikut ini doa saat membayar hutang yang dapat dibaca, beserta latin dan artinya.

Doa Saat Membayar Hutang

Amalan Agar Terbebas dari Utang

Utang merupakan sesuatu yang harus dibayar. Selain dengan berusaha untuk membayarnya, seseorang juga bisa meminta pertolongan pada Allah SWT dengan membaca doa supaya terbebas dari hutang. Selain itu, terdapat beberapa amalan agar terbebas dari hutang seperti berikut ini.

Bertaubat

Amalan pertama agar terbebas dari hutang yaitu bertaubat. Pasalnya, hutang bisa saja menjadi bagian dari dosa yang sudah dilakukan. Setelah bertaubat, tentunya harus dibarengi dengan usaha agar tidak mengulangi perbuatan itu lagi.

Berdoa Kepada Allah

Sebagai umat muslim kita dapat meminta bantuan kepada Allah SWT supaya dimudahkan dan terbebas dari hutang-hutang. Anda dapat membaca doa agar terbebas dari hutang.

Pasrah Pada Allah SWT

Ketika berada pada keadaan terendah dalam hidup yang disebabkan karena hutang, maka kita harus menyadari bahwa Allah SWT Maha Besar. Kita harus pasrah diri pada Allah SWT akan segala kehendaknya dan ikhlas akan kondisi yang ada. Atas segala kemungkinan yang terjadi harus menerimanya dan pasrahkan diri hanya pada Allah SWT. Hal ini tentunya harus dibarengi dengan ikhtiar yang maksimal.

Bantu Orang Lain

Membantu orang lain tidak akan membuat kita rugi. Dengan membantu orang lain justru akan mendapatkan keutamaan.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat.” (HR Muslim)

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat.” (HR Muslim)

Memperbanyak Sedekah

Bersedekah tidak mengenal waktu, bisa dilakukan kapanpun meskipun keadaan sedang sulit sekalipun.

Silaturahmi

Silaturahmi akan membuka rezeki. Oleh karena itu, cobalah untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga, sanak saudara, teman-teman, rekan kerja dan lain sebagainya.

Baca juga : Doa Agar Mimpi Indah dan Artinya

Meningkatkan Amalan Salih

Meningkatkan amalan salih juga bisa kita lakukan. Ada banyak amalan salih yang bisa kita lakukan sehari-hari seperti mengerjakan sholat Tahajud, sholat Dhuha, melaksanakan sholat wajib tepat waktu, membaca Al-Qur’an, sholat subuh berjamaah, berdzikir serta amalan-amalan lainnya.

Itulah bacaan doa saat membayar hutang, latin dan artinya beserta amalan-amalan agar terbebas dari hutang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *