Doa Rumah Baru dan Artinya yang Dapat Anda Amalkan

Posted on

Doa Rumah Baru – Memiliki hunian yang nyaman dan aman adalah dambaan semua orang. Rumah merupakan tempat kita tinggal dan berlindung dari panas, hujan dan binatang buas. Nah, ketika memiliki rezeki, kita tentu ingin membeli atau membangun rumah sendiri. Saat menempati hunian baru, berikut ini doa yang bisa anda amalkan.

Artikel menarik lainnya tentang desain rumah : Polarumah

Doa Rumah Baru dan Artinya yang Dapat Anda Amalkan

Bacaan doa rumah baru, lengkap beserta latin dan artinya yang terdiri dari doa rumah baru sesuai Hadist Imam Muslim, Hadist Abu Daud dan Hadist Anas bin Malik.

Doa Rumah Baru Hadist Imam Muslim

Dijelaskan dalam Hadist Imam Muslim, bahwa ketika kita masuk ke rumah baru dan membaca doa ini, maka kia akan senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Berikut ini doa yang bisa anda amalkan beserta latin dan artinya

Doa Rumah Baru

Doa Rumah Baru Hadist Abu Daud

Sesuai Hadist Abu Daud, bahwa seseorang yang minta kebaikan dari tempat tinggalnya dapat membaca doa berikut ini.

Doa Rumah Baru

Doa Rumah Baru Hadist Anas bin Malik

Berikut ini bacaan doa rumah baru sesuai Hadist Anas bin Malik beserta latin dan artinya.

Doa Rumah Baru

Dengan membaca doa di atas, diharapkan hunian kita dilindungi Allah dari segala macam gangguan. Anda bisa memilih bacaan doa di atas sesuai dengan kemampuan anda. Karena doa apapun itu sebenarnya tujuan tetap sama yaitu meminta kebaikan.

Amalan Ketika Menghuni Rumah Baru

Membaca doa dimaksudkan agar kita dilindungi dan selamat dari segala marabahaya, serta gangguan jin ataupun setan. Sehingga saat menempati hunian baru kita dianjurkan untuk membaca doa. Anda bisa mengamalkan membaca ayat Al-Qur’an seperti berikut ini.

Membaca Surat Al-Baqarah. Ketika kita menempati rumah baru, kita dianjurkan untuk membaca Surat Al-Baqarah supaya rumah yang kita tempati tidak seperti kuburan.

Membaca Surat Al-Mu’minun ayat 28-29. Dalam surat ini dijelaskan rumah merupakan keberkahan yang wajib kita syukuri. Amalan ini sebaiknya kita awali dengan membaca Al-Fatihah 3 kali. Surat ini bisa kita baca saat pagi ataupun sore hari.

Membaca Surat Al-Ikhlas. Anda bisa membaca surat Al-ikhlas 3 kali. Dengan membaca surat ini akan meluaskan rezeki dan kemudian akan mengalir pada tetangganya.

Lihat juga : Doa Membangun Rumah

Amalan Saat Menempati Rumah Baru

Kita tentu ingin rumah yang kita tempati suasananya damai, tenang dan nyaman. Nah, supaya suasana ini dapat terwujud, maka muslim yang akan menempati rumah baru sebaiknya melakukan hal berikut ini.

Bersyukur Kepada Allah

Bersyukur kepada Allah bisa dilakukan dengan cara mengakui bahwa setiap nikmat yang datang dari Allah SWT, bukan hasil kita sendiri. Atas segala nikmat yang sudah dianugerahkan hendaknya memuji Allah. Kemudian memanfaatkan nikmat yang kita dapatkan untuk kebaikan bukan untuk hal yang dilarang Allah SWT.

Mengadakan Syukuran Rumah Baru

Ini dilakukan untuk penyempurna rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita. Caranya yaitu biasanya dengan mengundang kerabat atau warga sekitar agar memberikan doa. Oleh sebagian ulama hal ini dianjurkan.

Membaca Doa

Ketika memasuki hunian baru kita dianjurkan untuk membaca doa.

Selain itu, saat kita hendak keluar atau masuk ke dalam rumah sebaiknya kita membaca do’a. Dengan berdo’a maka kita akan dijauhkan dari segala macam gangguan makhluk halus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *