Doa Qunut Witir Saat Ramadhan dan Manfaat Melaksanakannya

Posted on

Membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat witir setelah melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadhan merupakan sunnah. Dalam bahasa Arab, doa qunut berarti patuh, ketaatan, berdiri lama dan diam.

Nah, berikut ini bacaan doa qunut saat Ramadhan dan manfaat melaksanakannya. Namun, sebelumnya penting mengetahui macam-macam doa qunut seperti berikut ini.

Jenis-Jenis Doa Qunut

Doa qunut itu sendiri terdiri dari beberapa macam, yaitu doa qunut sholat subuh, doa qunut sholat witir saat bulan Ramadhan dan doa qunut nazilah.

  • Doa qunut subuh. Doa qunut subuh itu sendiri dibaca setelah selesai menjalankan sholat subuh. Doa qunut subuh merupakan sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. Doa qunut subuh dibaca saat rakaat kedua, ketika iktidal atau berdiri setelah rukuk dan sebelum sujud pertama. Ketika membaca doa qunut ini posisi tangan diangkat seperti berdoa.
  • Doa qunut witir. Doa ini dibaca ketika rakaat terakhir shalat, setelah rukuk, serta sebelum sujud pertama. Saat membaca doa ini tangan keduanya diangkat.
  • Doa qunut nazilah. Doa qunut nazilah merupakan doa agar dijauhkan dari malapetaka. Membaca doa ini setelah rukuk saat rakaat terakhir salat fardhu.

Doa Qunut Witir Beserta Latin dan Artinya

Berikut ini bacaan doa qunut saat sholat witir beserta latin dan artinya.

Doa Qunut Witir
Doa Qunut Witir

Demikian bacaan doa qunut witir lengkap dengan latin dan artinya. Nah, sangat penting juga mengetahui beberapa manfaat membaca doa qunut seperti berikut ini.

Baca juga : Bacaan Doa Setelah Shalat Tarawih ( Doa Kamilin )

Manfaat Membaca Doa Qunut

Bacaan doa qunut itu sendiri mencangkup kebaikan di dunia maupun diakhirat dan permohonan dengan tunduk dan merendah. Dimana permohonan tersebut bertujuan untuk mendatangkan manfaat, serta menolak mudarat baik di dunia maupun diakhirat. Berikut ini beberapa manfaat membaca doa qunut:

Doa Mendapatkan Permohonan Hidayah

Maksudnya yaitu permohonan untuk mendapatkan manfaat dalam agama. Tidak hanya itu, membaca doa qunut juga bermanfaat sebagai fondasi untuk kesahihan amal, diterimanya sebuah amalan yang menjadi tujuan hamba.

Doa Mendapatkan Kesehatan

Untuk kesehatan nabi banyak berdoa dengan membaca doa qunut. Ini dilakukan setelah meminta petunjuk. Nabi memohon kesehatan, serta kebahagiaan dunia dan akhirat.

Doa Memberi Pertolongan

Manfaat membaca doa qunut selanjutnya yaitu untuk memberi pertolongan. Doa qunut diyakini bisa menolak apa yang kita takutkan, serta mendatangkan apa yang kita harapkan. Seorang hamba yang Allah tolong pasti akan dicukupkan, diberikan apa yang diharapkan, serta dilindungi dari segala sesuatu yang ditakutkan.

Doa Perlindungan Dari Bahaya

Membaca doa qunut bermanfaat untuk memohon perlindungan dari hal yang tidak kita inginkan. Doa ini sebagai permohonan untuk keselamatan dunia maupun akhirat.

Doa Supaya Dicukupkan Nikmat

Doa qunut juga diyakini sebagai doa agar rizki diperlancar. Allah akan memberikan nikmat pada seorang hamba yang taat dengan tetap dan terus menerus.

Itulah penjelasan seputar doa qunut witir saat Ramadhan. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *