Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin yang Bisa Anda Amalkan

Posted on

Sebagai umat Islam, puasa atau shaum menjadi agenda wajib tiap tahun yang diperintahkan oleh Allah SWT. Shaum atau puasa merupakan salahsatu ibadah yang wajib dilakukan umat islam selama sebual penuh di bulan Ramadhan. Shaum atau puasa dilakukan dengan menahan lapad dan segala bentuk hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selain itu pula dilakukan denga niat atau doa puasa.

Seperti apa yang telah Allah sampaikan, jika puasa merupakan salahsatu hal atau ibadah wajib yang harus dilakukan oleh orang muslim agar ia semakin bertakwa atas Allah SWT. Meskipun demikian, ibadah puasa dalam Islam sendiri bisa dilakukan di hari-hari biasa dan tidak hanya di bulan Ramadhan yan gmenjadi agenda wajib. Kita bisa melakukan puasa di hari sunnah seperti apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah.

Dalam puasa sendiri ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari berpuasa adalah kemampuan mengendalikan hawa nafsu dan diri, manfaat kesehatan yang kini banyak terbukti secara ilmiah. Puasa merupakan sebuah ibadah yang mampu meningkatkan rasa komintmen dan kejujuran bagi banyak orang. Dalam berpuasa bisa saja kita berbohong dan berpura-pura puasa namun dalam berpuasa kita harus jujur untuk memperoleh kemenangan yang sesungguhnya.

Terkait dengan kegiatan puasa atau shaum, salahsaut hal yang harus menajdi perhatian adalah doa puasa atau niatnya. Dengan berniat atau melakukan doa puasa, maka amalan puasa kita menjadi sempurna dan sah. Berbeda jika kita melakukan puasa hanya sekedarnya tanpa mengindahkan hal tersebut.

Bacaan Niat dan Doa Puasa Arti serta Bacaan Latinnya

Bagi anda yang hendak menjalankan puasa, maka tidaklah boleh kita melupakan niat dan juga doa puasa. Tanpa meingadahkan niat dan doa puasa, maka membuat puasa yang kita lakukan tidak sah dan menjadi hal yang sia-sia. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengamalkan niat dan doa puasa sebelum kita benar-benar menjalankan ibadah yang sangat banyak manfaatnya tersebut.

Berikut ini kami berikan beberapa doa puasa dan niat (buka dan sebelum) untuk anda amalan sebelum mejalankan ibadah puasa. Dengan doa puasa dan niat berikut ini semoga ibadah puasa anda, baik wajib ataupun sunnah bisa diterima dengan baik. Silahkan simak di bawah ini!

Doa Puasa Ramadhan Niat Berpuasa dan Berbuka Puasa

Bulan ramadhan menjadi bulan paling ditunggu dan dirindukan oleh umat Islam, pasalnya di bulan ini keberkahan dari Allah seperti tercurah dengan begitu melimpah. Pahala dikalikan hingga berkali lipat. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh dengan rahmat dan keberkahan. Ramadhan tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan puasa atau shaum. Kegiatan shaum merupakan rangkaian menuju hari Idul Fitri atau kemenangan. Dengan ibdah puasa yang penuh tanpa putuds dan berbagai amalan kebaikan lainnya, maka kemenangan sesungguhnya bisa kita dapatkan.

Terkait dengan puasa atau shaum, maka salahsatu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah niat. Berikut ini kami coba berikan amalan doa puasa, yakni niat berpuasa dan berbuka yang harus anda amalkan sebelum menjalankan ibadah puasa. Silahkan anda simak di bawah ini!

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Demikian tadi adalah doa niat berpuasa yang anda amalkan ketika hendak berpuasa. Sedangkan untuk berbuka puasa, maka berikut ini adalah doa puasa (niat berbuka) yang bisa anda bacakan kala waktu berbuka tiba. Simak di bawah ini!

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Demikian tadi di atas merupakan doa puasa (niat berbuka dan berpuasa) yang bisa anda amalkan ketika ada di bulan Ramadhan. Niat merupakan hal yang penting dalam sebuah ibadah, termasuk puasa. Bagi anda yang lupa berniat (di dalam hati) ketika hendak berpuasa di malam sebalum berpuasa, maka tidaklah sah ibdah puasa anda. Oleh karena itu, untuk menghindarkan hal tersebut terjadi, beberapa orang membaca niat atau doa puasa untuk satu bulan penuh. Hal itu dilakukan untuk mengcover kemungkinan terjadinya lupa membaca doa atau niat berpuasa selama bulan Ramadhan.

Bagi anda yang kebetulan belum tahu niat doa puasa sebulan penuh atau mungkin lupa dengan bacaanya, berikut kami berikan doa puasa tersebut. Simak doa puasa sebulan penuh tersebut di bawah ini!

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Demikianlah niat puasa yang bisa anda amalkan untuk satu bulan penuh. Dengan niat puasa sebulan penuh ini menjadi langkah aman bagi anda agar puasa anda bisa menjadi ibadah yang diterima.

(Baca juga: doa sholat dhuha berserta artinya)

Doa Puasa Arafah dan Keutamaan Melakukan Arafah

Salahsatu momen besar bagi umat muslim adalah lebaran haji atau dikenal dengan Idul Adha. Di Momen tersebut banyak umat muslim yang datng ke kota suci Mekkah untuk melakukan ibadah haji seperti yang Rasulullah contohkan. Meskipun dmeikian tidak semua umat islam mampu datang dan berkunjung setiap lebaran haji tiba. Bagi mereka yang tidak bisa datang ke Mekkah dan menunaikan ibadah haji, maka di tanggal 9 Djuhijah bisa melakukan puasa sunnah. Puasa sunnah tersebut bernama Puasa Arafah dan tepat dilakukan sehari sebelum menjelang hari raya kurban.

Puasa Arafah memiliki sejumlah besar keutamaan dan juga menfaat bagi umat islam. Oleh karena itu tidaklah seharusnya kita melewatkan momen tersebut karena hanya setahun sekali saja. Selain itu kesempatan mendapatkan keutamaan yang besar dengan hanya berpuasa satu hari merupakan hal yang luar bisa. Puasa arafah sendiri merupakan puasa yang memiliki hukum sunnah muakad atau sunnah yang dianjurkan. Dengan demikian, meskipun tidka wajib namun anda sebaiknya menjalankan ibadah yang satu ini.

Terkait dengan puasa arafah, maka berikut ini adalah doa dan niat puasa arafah yang bisa anda amalkan kala hendak berpuasa. Dengan mengamalakan doa puasa arafah sebelum beribadah membuat ibadah anda tersebut insyaallah menjadi ibadah yang sah juga berkah. Simak niat dan doa puasa arafah di bawah ini!

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Demikian tadi merupakan niat dari puasa arafah yang dilakukan tepat sehari sebelum hari lebaran haji. Silahkan dihapalkan untuk melanngsungkan ibadah puasa anda.

Puasa arafah sendiri memiliki beragam manfaat dan keutamaan, yakni meghapus dosa selama dua tahun (satu tahun kebelakang dan satu tahun kedepan). Puasa arafah juga mampu membebaskan kita dari siksa api neraka. Terakhir, puasa arafah menjadi doa yang baik agar Allah mengabulkan harapan-harpan baik yang kita miliki.

Doa dan Niat Puasa Tasua dan Keutamaan yang Bisa Anda Dapatkan

Apakah anda pernah mendengar atau melaksanakan puasa Tasua? Puasa Tasua sendiri merupakan amalan ibadah sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Muharram. Puasa Tasua (asal kata tis’ah) merupakan puasa yang mengiringi puasa asyura yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Puasa Tasua sendiri dimaksudkan agar tidak menyamai Yahudi yang hanya melakukan puasa di tanggal 10 Muharram saja. Oleh karena itu, jika anda melakukan ibadah ini sebaiknya dilakukan selama 2 hari berturut-turut di tanggal 9 dan 10. Sebab kedua puasa tersebut melengkapio antara satu dengan lainya.

Puasa Tasua sendiri merupakan ibadah yang baru bersifat rencana dari Nabi Muhammad. Mengapa? Karena puasa ini baru direncanakan dan belum sempat dijalankan oleh Nabi. Meskipun demikian hal tersebut termasuk ke dalam sunnah hamiyah. Sunnah hamiyah sendiri merupakan ibadah yang baru direncanakan oleh Nabi namun belum sempat terelisasi.

Terkait dengan puasa Tasua, berikut ini kami berikan doa puasa atau niat berpuasa Tasua. Silahkan anda simak di bawah ini, bacaan, arti dan terjemahan lisannya.

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Demikianlah niat atau doa puasa Tasua yang bisa anda bacakan ketika hendak melakukan amalan ibadah puasa tasua. Selamat beribadah.

Niat dan Doa Puasa Asyura

Apakah anda pernah melakukan ibadah di bulan Muharram yang dikenal dengan puasa Asyura? Puasa Asyura yang dikerjakan tiap tanggal 10 Muharamm setelah bulan Ramadhan merupakan salahastu puasa sunnah yang memiliki ganjaran besar. Bulan Muharram menjadi salahsatu bulan yang paling dirahmati oleh Allah SWT. Diriwayatkan bulan Muharram juga disebut sebagai bulannya Allah SWT.

Pada bulan ini sebaiknya ktia menghindarkan diri dari perbuatan yang diharamkan oleh Allah SWT dan mengerjakan ibadah sunnah. Umat Islam dilarang melakukan perbuatan seperti berperang atau membunuh dan banyak hal lain yang tercela. Dengan melakukan perbuatan dosa, maka dos yang kita dapat bis aberlipat ganda.

Oleh karena itu baiknya kita melakukan amalan sunnah yang salahsatunya adalah ibadah puasa Asyura yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram. Salahsatu keutamaan yang bisa didapatkan dari melakukan puasa ini adalah dengan diampuninya dosa (kecil) selama setahun penuh. Mendengar hal tersebut tentunya beribadah puasa di hari tersebut sangatlah dianjurkan meskipun sifatnya sunnah. Namun jika kita ingin melaksanakannya, maka silahkan menjalankannya dua hari, yakni tanggal 9 dan 10 seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Bagi anda yang ingin mencoba melaksanakan ibdah tersebut, maka berikut ini kami berikan doa puasa atau niat puasa Asyura. Silahkan simak dan hapalkan doanya di bawah ini. Kami berikan lengkap dengan terjemahan dan bacaan latinnya.

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Demikian tadi merupakan doa puasa Asyura yang bisa anda amalkan kaa hendak menjalankan ibadah puasa Asyura. Selamat beribadah.

Doa Puasa Syawal

Syawal merupakan bulan setelah Ramadhan, di mana kita meraih kemenangan dengan melaksanakan Idul Fitri setelah puasa Ramadhan satu bulan penuh. Di bulan ini keberkahan Allah SWT tidaklah berhenti, justru di bulan Syawal kita dianjurkan untuk kembali berpuasa. Puasa yang dilakukan di bulan Syawal bisa menggenapi ibadah yang telah dilakukan di bulan Ramadhan. Nabi Muhammad pernah mengatakan jika kita berpuasa Ramadhan 1 bulan penuh dan dilanjutkan dengan melakukan puasa syawal (6 hari) maka sama dengan puasa 1 tahun penuh.

Melihat hal tersebut tentunya ganjaran yang kita peroleh juga sangatlah besar. Bisa dibayangkan anda melakuka puasa satu tahun penuh dan berapa pahala yang bisa diambil dari hal tersebut. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah tersebut berikut kami berikan niatnya. Silahkan hapalkan doa puasa atau niat puasa syawal berikut untuk bisa menjalankan ibadah puasa sunnah bulan syawal. Simak doa puasa Syawal tersebut berikut ini!

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Demikianlah doa puasa syawal yang bisa anda amalkan ketika hendak melakukan ibadah puasa syawal. Puasa syawal sendiri dilakukan selama 6 hari di bulan Syawal, di mana bisa dilakukan berturut-turut atau tidak. Namun banyak ulama yang mengatakan jika puasa selama 6 hari berturut-turut itu lebih diutamakan. Dengan menjalankan puasa selama 6 hari berturut-turut artinya kita telah menyegerakan kegiatan ibadah dan tidak menunda-nundanya lagi.

Doa Puasa Senin Kamis

Salahsatu kegiatan puasa sunnah yang bisa anda lakukan adalah puasa Senin – Kamis. Amalan puasa Senin – Kamis merupakan salahsatu amalan ibadah yang paling sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Amalan satu ini merupakan amalan puasa sunnah rutin yang disenangai oleh Nabi Muhammad. Dalam hadistnya ia mengatakan jika, pada hari Senin dan Kamis amalan manusia itu seluruhnya diperika oleh malaikat. Oleh karena itu, Nabi sangan menyenangi jika amalan ibadahnya diperiksa tatkala ia sedang berada dalam kondisi puasa (menahan hawa nafsu).

Keutamaan dari puasa Senin – Kamis adalah adanya pengampunan dari Allah atas dosa yang kita miliki sesua dengan apa yang Nabi muhammad sampaikan. Namun tidak demikian bagi mereka yang masih menyimpan permusuhan dan dendam dengan sesama mukmin. Keutaman yang kedua adalah meningkatkan kesabaran dan menahan haw nafsu sebagaimana fungsi puasa. Di samping itu berpengaruh juga terhadap kesehatan tubuh sesuai dengan manfaat kesehatan.

Bagi anda yang ingin menabah ganjaran pahala dan mengambil manfaat puasa, maka puasa sunnah Senin – Kamis ini sangat dianjurkan. Silahkan simak doa puasa atau niat puasa Senin – Kamis di bawah ini untuk kemudian anda amalkan.

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Di atas merupakan doa puasa yang anda bacakan di hari Senin, sedangkan untuk kamis silahkan anda simak doanya di bawah ini!

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Demikianlah doa puasa yang bisa anda simak dan juga hapalkan. Amalkan niat puasa tersebut tiap kali anda hendak menjalankan puasa sunnah Senin – Kamis. Selamat berpuasa dan semoga amalan anda diterima oleh Allah SWT.

(Artikel terkait lainnya: doa qunut latin)

Doa Puasa Daud

Bagi anda yang ingin melengkapi dan menambah ganjaran pahala anda di setiap waktunya amalan sunnah yang bisa anda lakukan adalah puasa Daud. Amalan satu ini merupakan puasa sunnah yang dijalankan dengan cara selang-seling. Anda berpuasa di satu hari kemudian berbuka di hari esoknya, dilanjutkan lagi berpuasa di hari berikutnya, begitu seterusnya. Puasa ini bisa dijalankan selama setahun penuh dan di hari Jum;at sekalipun. Meskipun demikian tetap tidak boleh melaksanakannya ketika waktu-waktu yang dilarang, yakni pada hari Idul Fitiri, Idul Adha dan Hari Tasyrik.

Nabi Muhammad SAW juga pernah menyampaikan dalam hadistnya jika amaln puasa sunnah yang paling disukai oleh Allah Adalah puasanya Nabi Daud. Begitu pula dengan Shalat atau ibadah yang paling disukai oleh Allah adalah shalatnya Nabi Daud. Dengan melihat fakta tersebut maka tidak ada salahnya kita mengikuti ibadah sunnah yang begitu disukai oleh Allah SWT ini.

Bagi anda yang tertarik menjalankan puasa Daud, berikut kami berikan terlebih dahulu bacaan doa puasa yang wajib anda niatkan. Dengan membaca doa puasa tersebut, maka ibdaha anda insyaallah dijalankan dengan sah. Simak doa puasa tersebut di bawah ini!

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Demikian tadi adalah bacaan niat puasa Daud yang bisa anda amalkan. Ada banyak keutamaan yang bisa anda ambil dari melaksanakan puasa yang paling disukai oleh Allah SWT ini. Adapun keutamaannya adalah, terpelihara dari segala perbuatan maksiat, menjadi pintu rejeki, terlihat berwibawa dan banyak lagi lainnya. Dengan keutaman yang begitu besar dan manfaat yang banyak sebaiknya anda mencoba melaksanakan ibadah puasa satu ini.

Doa Puasa Bagi Pemuda yang Belum Menikah dan Beristri

Bagi anda oemuda yang belum menikah maka melakukan puasa sunnah merupakan sebuah hal yang sangat dianjurkan. Puasa dalam hal ini sangat dianjurkan untuk menahan syahwat yang tinggi atas perempuan yang bukan mahram. Sebagaimana manfaat puasa yang melatih kesabaran dan mengendalikan hawa nafsu, puasa sunnah ini begitu bermanfaat bagi para pemuda.

Untuk melaksanakan amalan ibadah sunnah satu ini tidak ada waktu khusus, anda bisa melakukannya kapan saja terkecuali pada hari-hari yang dilarang untuk melakukan puasa. Bagi anda pemuda dan merasa jika memerlukan amalan puasa ini, maka silahkan amalkan dan lakukan. Berikut ini kami berikan bacaan dan doa puasa untuk niat. Simak doanya di bawah ini!

(gambar niat puasa)

Demikianlah niat dan doa puasa untuk pemuda yang belum menikah. Nabi Muhammad SAW sendiri mengajurkan untuk segera melakukan pernikahan bagi mereka yang telah siap dan mampu. Dengan begitu anda bisa terhindar dari perbuatan tercela.

Doa Puasa Syaban

Bagi anda yang pernah menjalankan atau menlakukan ibadah puas syaban, pastilah mengenal mengenai keutamaan yang dimiliki dari puasa satu ini. Dilakukan menjelang bulan Ramadhan, puasa Syaban menjadi persiapan menjalankan ibadah wajib satu bulan di Bulan Ramadhan. Rasulullah sendiri mencontohkan untuk banyak berpuasa di Bulan Syaban. Banyak yang meriwayatkan jika tidak pernah melihat Nabi begitu banyak melaksanakan ibadah sebanyak di Bulan Syaban selain Bulan Ramadhan.

Teraktit dengan puasa Syaban, maka berikut ini kami berikan terlebih dahulu amalan doa atau niat puasa yang digunakan ketika hendak menjalankan puasa syaban. Silahkan anda simak doa puasanya berikut ini!

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Demikianlah tadi adalah doa puasa syaban yang bisa anda amalkan ketika hendak menjalankan ibadah puasa sunnah yang satu ini. Hikmah menjalankan ibadah Puasa Syaban begitu besar sehingga Nabi pun tidak lupu dari mengerjakannya. Adapun beberapa hikmah dari menjalankan puasa syaban antara lain adalah sebagai berikut;

Puasa syaban merupakan amalan yang membuat kita sebagai manusia senantiasa ingat kepada Allah SWT dan tidak lalai dalam beribadah. Dosebutkan jika Bulan Syaban sendiri merupakan tempat manusia lalai karena terbuai oleh keistimewaan yang ada di Bulan Rajab dan persiapan memasuki Ramadhan. Sehingga Puasa Syaban bisa menjadi pengingat yang baik sebagaimana amalan di tempat manusia lalai, amalan ini menjadi sangat istimewa.

Puasa Syaban merupakan pemanasan yang baik bagi anda yang hendak memasuki Bulan Ramadhan. Pada Bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk melaksanakan puasa satu bula penuh. Tidak jarang banyak orang gagal i pertengahan karena tidak kuat menjalankan ibadah puasa. Hal itu bisa terjadi karena tidak terbiasa menjalankan puasa. Oleh karena itu, berlatih dengan menjalankan ibadah sunnah puasa Syaban bisa menjadi jalan keluar yang baik.

Diriwayatkan jika setiap bulan Nabi Muhammada sendiri menjalankan puasa sebanyak 3 hari. Namun ada riwayat yang meyatan jika tekadang Nabi menunda untuk melakukan puasa tersebut dan kemudian dikumpulkan untuk ditebus di Bulan Syaban. Dengan begitu Nabi tetap penuh menjalankan ibadah puasa sunnahnya dengan mengqodho di Bulan Syaban.

Doa Puasa Ayyamul Bidh (3 Hari Di Pertengahan Bulan)

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa ada amalan sunnah yang bisa dilakukan ketikadalam masa pertengahan bulan. Puasa tersebut dilakukan pada setiap tanggal 13, 14 dan 15 hijriah. Rasulullah sendiri pernah mewasiatkan 3 hal kepada Abu Hurrairah radhiyallahu ‘anhu mengenai ibadah sunnah yang sebaiknya tidak ditinggalkan sampai mati. Adapun 3 ibadah sunnah tersebut adalah berpuasa 3 hari di pertengahan bulan, sholat dhua dan sholat witir.

Ada keutamaan yang bisa anda ambil dari menjalankan ibadah yang menjadi sunnah Nabi ini. Adapun keutamaannya adalah untuk mengendalikan hawa nafsu yang kita miliki, mengistirahatkan tubuh setiap bulannya, dan untuk menghidupkan sunnah yang diwaiatkan Nabi.

Bagi anda yang ingin mendapatkan dan merasakan keutamanaan dari amalan sunnah tersebut silahkan bacaterlebih dahulu doa puasanya berikut ini. Simak di bawah ini!

Doa Puasa Lengkap Arti dan Terjemahan Latin

Demikian tadi doa puasa Ayyamul Bidh yang bisa anda hapalkan dan amalkan.

Niat dan Doa Puasa Asyhurul Hurum (Bulan-bulan Haram)

Islam mengenal bulan haram yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rojab. Dalam bulan tersebut kita dianjurkan untuk meninggalkan perbuatan dosa dan memperbanyak amalan sunnah. Berikut ini kami berikan niat puasa sunnah yang bisa anda amalkan di bulan haram. Simak di bawah ini!

(gambar niat puasa)

Demikian tadi merupakan doa puasa dan niat dari ibadah puasa sunnah di bulan haram atau dikenal dengan Asyhurul Hurum. Selamat menjalankan dan beribadah, semoga anda mendapatkan ganjaran setimpal dan ibadahnya siterima oleh Allah SWT.

Demikianlah doa-doa yang wajib anda hapalkan kala menjelang bulan Ramadhan atau bulan puasa. Doa-doa tersebut merupakan doa yang biasa digunakan untuk menyempurnakan amalan puasa atau shaum anda. Dengan doa ini semoga amalan puasa dan shaum anda bisa diterima dengan baik oleh Allah SWT.

Jangan lupa menekan tombol share untuk membagikan artikelnya kepada teman dan sahabat anda yang berada di media sosial. Dengan menekan tombol share yang telah disediakan anda bisa membagikan artikel ini melalui media sosial yang anda miliki masing-masing. Silahkan berikan komentar anda terkait dengan doa puasa di atas dengan mengisi kolom yang sudah dipersiapkan pada bagian bawah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *