Doa Perjalanan Jauh Sesuai Hadist Nabi Muhammad

Posted on

Melakukan perjalanan yang jauh merupakan salah satu aktivitas yang selalu kita lakukan. Setidaknya bagi sebagian orang, melakukan perjalanan jauh adalah suatu yang sering dilakukan bahkan sudah menjadi salah satu rutinitas.

Tentunya kita memiliki tujuan tertentu ketika kita melakukan perjakanan yang cukup jauh. Menengok sanak saudara, kepentingan pekerjaan, berlibur seringkali menjadi beberapa tujuan mengapa kita harus menempuh perjalanan yang jauh.

Satu hal utama yang selalu kita inginkan ketika melakukan perjalanan yang jauh adalah selamat sampai tujuan. Kita semua tentunya ingin tiba di tempat yang kita tuju dalam keadaan sehat dan baik-baik saja tanpa adanya halangan berarti selama berada dalam perjalanan.

Sebagai umat islam, kita percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita tidak terlepas dari campur tangan Allah subhanahu wa ta’ala. Begitupun dengan keselamatan, hendaknya kita selalu meminta untuk selalu dilindungi dari marabahaya terutama ketika kita hendak menempuh perjalanan yang jauh.

Tidak ada hal lain yang dapat kita lakukan untuk memohon keselamatan pada Allah subhanahu wa ta’ala selain dengan doa. Bahkan, panutan kita Rasulullah Shalallahu ‘alaihu wa Salam mengajarkan secara langsung doa yang dapat kita amalkan ketika kita melakukan perjalanan yang jauh yang termaktub dalam sebuah hadist.

Doa Perjalanan Jauh

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna  lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibuun[. Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Artinya:

Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga. ( HR. Muslim no. 1342, dari ‘Abdullah bin ‘Umar)

Itulah doa yang dapat kita amalkan ketika kita sedang menempuh perjalanan yang jauh. Doa tersebut dapat kita baca ketika kita hendak menaiki kendaraan yang kita gunakan untuk melalukan perjalanan dengan jarak yang jauh.

Hendaklah kita selalu mengamalkan doa tersebut ketika hendak bepergian jauh. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama dalam perjalanan. Oleh karena itu meminta Allah subhanahu wa ta’ala untuk melindungi diri kita dari hal-hal yang tidak diinginkan merupakan sebuah keharusan yang kita lakukan.

Doa tersebut diajarkan langsung oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Salam, sehingga kita sebagai pengikutnya hingga akhir zaman harus selalu mengamalkan apa yang beliau anjurkan. Semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah subhanahu wa ta’ala kapanpun dan dimanapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *