Doa Penenang Hati Yang Dapat Anda Amalkan

Posted on

Merasakan ketenangan hati merupakan dambaan semua orang. Ketika hati kita merasa tenang, tentunya kita akan semakin merasa tenteram dalam menjalani kehidupan setiap harinya.

Hati merupakan sebuah elemen inti pada jiwa dan raga manusia yang menentukan perasaan dan pikiran kita. Bahkan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam pernah bersabda mengenai pentingnya hati:

Dari An Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

“Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

Oleh karena itu memiliki ketenangan hati merupakan sebuah hal yang sangat penting sehingga kita akan merasakan ketenteraman dalam menjalani kehidupan. Sebagai umat islam tentunya kita harus meminta ketenangan hati pada Allah subhanahu wa ta’ala dengan memanjatkan doa kepada-Nya.

Doa Penenang Hati

Panutan kita Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Salam mengajarkan beberapa doa khusus yang dapat anda amalkan untuk memohon ketenangan hati pada Sang Maha Pencipta, yaitu sebagai berikut:

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Artinya:

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Doa tersebut menganfug makna bahwa hanya Allah subhanahu wa ta’ala yang dapat memberikan kemudahan di setiap kesulitan. Hati kita tentunya akan terasa tidak tenang ketika kita dihadapkan pada masalah-masalah yang sulit, dan sudah merupakan keharusan bagi kita untuk memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala untuk diberi kemudahan sehingga hati kita merasa tenang.

Selain itu, doa tersebut juga akan mengobati perasaan hati kita yang tidak tenang dengan mengetahui bahwa semua masalah yang terjadi dalam hidup kita merupakan takdir dari Allah subhanahu wa ta’ala dan hanya Ia yang dapat merubah suatu takdir. Insya Allah, dengan mengamalkan doa tersebut hati kita akan terasa lebih tenang.

Sebagai tambahan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa salam juga mengajarkan doa khusu yang dapat kita amalkan untuk memohon keteguhan hati, yaitu sebagai berikut:

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

Allahumma mushorrifal quluub shorrif  quluubanaa ‘ala tho’atik

Artinya:

Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu!

Makna dari doa tersebut adalah untuk memohon keteguhan hati pada Allah subhanahu wa ta’ala sehingga tetap berada di jalan lurus. Dengan doa tersebut insya Allah kita akan merasa tenang ketika menghadapi beragam cobaan dan godaan yang dapat datang kapan saja dan dengan cara apapun.

Demikianlah beberapa doa yang dapat anda amalkan sebagai penenang hati. Doa-doa tersebut diajarkan langsung oleh utusan Allah subhanahu wa ta’ala sehingga dapat anda jadikan sebagai ikhtisar doa khusus untuk diamalkan sehari-hari.

Semoga dengan mengamalkan doa-doa penenang hati di atas kita dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih tenteram. Aamin Ya Rabbal ‘Alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *