Doa Pagi Hari Sesuai Dengan Hadist Rasulullah Shallahu‘Alaihi Wa Salam

Posted on

Sebagai umat islam sejati, sudah sepantasnya kita selalu mengingat Rabb kita, Allah subhanahu wa ta’ala di setiap waktu yang kita lalui. Baik itu pagi, siang, sore, dan malam kita tidak boleh lengah sedikitpun dalam mengingat-Nya karena setiap waktu yang kita lalui tidak lepas dari pengawasan Allah subhanahu wa ta’ala.

Setiap umat manusia memiliki takdir yang telah ditentukanoleh Sang Pencipta. Itu berarti pada setiap harinya kita sudah memiliki catatanhidup yang termaktub dalam takdir yang telah Allah subhanahu wa ta’ala tentukan. Apakah hari ini kita akan mendapat musibah atau keberuntungan, itusemua sudah ada bagiannya dan kita sebagai manusia hanya bias berserah diri dan meminta perlindungan kepada-Nya.

Namun, panutan dunia akhirat kita, Rasulullah shallahu‘alaihi wa salam pernah bersabda bahwa doa dapat merubah takdir. Seperti yang beliau utarakan dalam hadist berikut:

“Yang dapat menolak takdir hanyalah doa. Yang dapat menambah umur hanyalah amalan kebaikan.” (HR. Tirmidzi, no. 6 dalam Kitab Al-Qadr, Bab“Tidak ada yang menolak takdir kecuali doa”)

Hadist tersebut menunjukkan bahwa doa adalah salah satu ikhtiar kita sebagai hamba Allah subhanahu wa ta’ala untuk meminta perlindungan-Nya dari takdir yang buruk dan memohon untuk selalu diberikan takdir yang baik. Oleh karena itu kita sebagai umat islam sangat dianjurkan untuk selalu membaca doa agar terhindar dari keburukan dan selalu mendapat kebaikan.

Doa Pagi Hari Sesuai Dengan Hadist

Doa Pagi Hari Sesuai Dengan Hadist feature

Baginda Nabi Muhammad mengajarkan pada kita untuk memulai hari dengan hal yang baik dan salah satunya adalah membaca doa. Doa yang dibaca di pagi hari adalah ikhtiar kita dalam mengawali hari sehingga kebaikan selalu menyertai kita sepanjang hari.

Beliau mengajarkan satu doa khusu yang dapat kita amalkan di pagi hari, yang tercantum dalam salah satu hadist berikut:

وَعَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ – رَضِيَ اللهُعَنْهُ – قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : ((مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ فِي صَبَاحِ كُلِّ يَوْمٍ وَمَسَاءِ كُلِّ لَيْلَةٍ :بِسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِيالسَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ العَلِيمُ ، ثَلاثَ مَرَّاتٍ ، إِلاَّ لَمْيَضُرَّهُ شَيْءٌ )) . رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ ، وَقَالَ : ((حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ )

Dari ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang hamba mengucapkan setiap pagi dari setiap harinya dan setiap petang dari setiap malamnya kalimat: BISMILLAHILLADZI LAA YADHURRU MA’ASMIHI SYAI-UN FIL ARDHI WALAA FIS SAMAA’ WA HUWAS SAMII’UL ‘ALIIM (dengan nama Allah Yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang membahayakan di bumi dan tidak juga di langit, dan Dialah Yang Maha Mendegar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, maka tidak akan ada apa pun yang membahayakannya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih). [HR. Abu Daud, no. 5088;Tirmidzi, no. 3388; Ibnu Majah, no. 3388. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan].

Itulah salah satu doa yang dapat kita amalkan saat pagi hari untuk meminta perlindungan pada Allah subhanahu wa ta’ala dari keburukan danmemohon keridhaan-Nya untuk selalu dilimpahkan kebaikan. Doa tersebut diajakanlangsung oleh Rashulullah shallahu ‘alaihi wa salam sehingga sangat dianjurkanbagi kita untuk mengamalkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *