Doa Niat Sholat Fardhu Lengkap Makna dan Artinya

Posted on

Doa Niat Sholat Fardhu Lengkap Makna dan Artinya – Sholat merupakan sebuah ritual ibadah umat Islam yang begitu penting. Sebagai sebuah bentuk ibadah, sholat dipandang sebagai tiangnya agama. Ibadah sholat, khususnya sholat fardhu memiliki hukum wajib sehingga akan mendapat dosa jika tidak dilaksanakan. Sehingga posisi sholat sendiri menempati posisi yang sangat penting dan esensial.

Dalam sejarahnya Sholat fardhu yang kita jalankan sekrang tidak lepas kaitannya dengan peristiwa besar, yakni Isra dan Miraj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ketika itu. Disebutkan jika Nabi Muhammad diajak oleh Malaikat Jibril ke langit ke tujuh untuk menghadap Allah SWT dan mendapat perintah untuk melaksanakan sholat fardhu yang semuanya berjumlah 50 rakaat.

Selepas menerima perintah Allah SWT tersebut akhirnya Nabi Muhammad kemudian turun lagi ke bumi dengan melewati beberapa lapisan langit. Ketika hendak turun, Nabi Muhammad sendiri bertemu dengan Nabi Musa. Di situ Nabi Muhammad dan Nabi Musa kemudian berinteraksi dan berkomunikasi.

Nabi Musa bertanya kepada Nabi Muhammad berapa jumlah rakaat sholat yang diperintahkan Allah untuk dikerjakan. Nabu Muhammad menjawab 50 rakaat selama sehari semalam. Nabi Musa kemudian menyarankan untuk kembali meminta keringanan kepada Allah SWT, karena khawatir umat Nabi Muhammad tidak mampu menjalankannya. Pengalaman Nabi Musa umatnya saja sudah tidak kuat menjalankan sholat sebanyak 50 waktu sehari semalam.

Mendengar saran Nabi Musa, Nabi Muhammad kemudian meminta keringanan kembali kepada Allah SWT. Dari yang tadinya 50 rakaat akhirnya Allah SWT memberi keringanan hingga kini berjumlah 5 rakaat sehari semalam saja. Meskipun demikian masih banyak orang yang melalikan sholat merkipun telah diberikan keringann yang besar oleh Allah SWT.

(Simak artikel menarik lainnya: doa sholat tahajud lengkap)

Doa Niat Sholat Fardhu Lengkap Makna dan Terjemahan Latin

Berbicara mengenai sholat, maka tidak bisa dilepaskan dari doa niat sholat. Niat merupakan syarat sah yang membuat sholat kita diterima atau tidak oleh Allah SWT. Setipa ibadah termasuk di dalamnya sholat didasarkan pada niatnya masing-masing. Dengan niat murni untuk beribadah kepada Allah SWT, maka insyallah ibadah kita bisa menajdi sah.

Salahsatu fungsi dari niat sholat sendiri adalah untuk membedakan antara sebuah ibadah dengan ibadah yang lainnya. Contoh yang paling nyata tentunya adalah doa niat sholat. Tentunya berniat untuk melakukan sholat subuh dan isya adalah berbeda. Dalam hal waktu pelaksanaan, jumlah rakaat dan beberapa hal lainnya terdapat perbedaan, tentunya niat yang dipanjatkan pun berbeda.

Berbicara mengenai niat ibadah khususnya sholat, maka berikut kami berikan doa niat sholat fardhu lenkap makna dan terjemahannya. Doa niat tersebut bisa anda hapalkan dan amalkan untuk melakukan ibadah wajib yang dierintahkan oleh Allah SWT. Doa niat sholat ini sendiri sebagai penguat ketika kita berniat di dalam hati. Sehingga yang paling penting selain doa niat puasa yang dilafadzkan ini anda harus berniat di dalam hati. Silahkan simak di bawah ini!

1. Doa Niat Sholat Subuh

Sholat subuh merupakan salahsatu waktu sholat dari lima sholat fadhu yang diwajibkan oleh Allah SWT. Sholat subuh snediri dikerjakan pada waktu cahaya putih muncul di ufuk timur sampai matahari belum terbit di sebelah ufuk barat. Waktu menjalankan sholat subuh ini cukup pendek.

Sholat subuh memiliki rakaat yang paling sedikit dibandingkan dengan sholat fardhu lainnya, yakni dua rakaat saja. Dalam pengerjaan shoalt subuh sendiri ada yang menambahkan bacaan qunut di dalamnya. Meskipun demikian tidak diwajibkan untuk malkukan qunut di waktu menjalankan sholat subuh. Lebih lanjut mengenai sholat subuh, berikut ini merupakan doa niat sholat subuh yang bisa anda simak dan amalkan. Silahkan simak di bawah ini!

Doa Niat Sholat Fardhu Lengkap Makna dan Artinya

Demikian tadi merupakan doa niat sholat subuh yang bisa anda amalkan. Sholat subuh sendiri merupakan ibadah fardhu yang memiliki tantangnan lebih. Waktu subuh merupakan waktu di mana orang masih terlelap tidur, namun sebagai umat muslim kita harus sudah bangun dan menyentuh kulit dengan air wudhu yang dingin.

2. Doa Niat Sholat Dzuhur

Memasuki waktu siang hari, tepatnya ketika matahari berada di atas kepala, kita kwmbali meghadap Allah SWT melalui ibadah sholat dzuhur. Ibadah sholat dzuhur termasuk ke dalam ibadah wajib umat muslim. Sholat yang satu ini dikerjakan dalam empat rakaat dengan tahiyat awal di rakaat dua dan tahiyat akhir di rakaat ke empat.

sama seperti ibadah sholat lainnya, sholat dzuhur juga dilakukan dengan mengamalkan niat terlebih dahulu di awalnya. Tentunya sholat dzuhur memiliki doa niat sholat yang berbeda dengan ibadah sholat lainnya. Berikut ini merupakan doa niat sholat dzuhur yang bisa anda amalkan ketika hendak melakukan sholat dzuhur. Silahkan amalkan sembari menetapkan niat di dalam hati, dengan begitu insyaallah salahsatu syarat sah sholat sudah terpenuhi.

Berikut ini merupakan doa niat sholat dzuhur yang bisa anda simak. Silahkan simak di bawah ini!

Doa Niat Sholat Fardhu Lengkap Makna dan Artinya

Demikian tadi merupakan doa niat sholat dzuhur, silahkan anda amalkan dan ajarkan kepada anak anda semenjak dini. Dengan membiasakan sholat sejak dini, maka ia bisa mengamlkan kewajibannya sebagai umat muslim. Tidak ada alasan yang menghalanginya untuk mengerjakan shoalt fardhu, khususnya dzuhur. Banyak yang seringkali beralasan terbentur pekerjaan yang sedang berlangsung. Padahal tidak ada alasan yang benar untuk meninggalkan ibadah sholat wajib tersebut.

3. Doa Niat Sholat Ashar

Termasuk ke dalam bagian sholat wajibatau fardhu bagi umat muslim, sholat ashar dikerjakan setelah sholat dzuhur di sore hari. Sama seperti sholat dzuhur, sholat ashar dikerjakan sebanyak empat rakaat. Meskipun dikerjakan di siang hari, godaan untuk melalaikan sholat ashar tetaplah besar. Banyak yang beralasan masih menjalankan kegaitan-kegiatan duniawi hingga akhirnya membuat kita lupa menjalankan sholat yang satu ini.

Ada sebuah hadist yang menjabarkan mengenai pahala bagi mereka yang menjaga untuk terus menjalankan sholat ashar. Allah memberikan janji bagi mereka yang menjalankan sholat asharnya maka mendapatkan pahala dua kali lipat dan menjaga mereka dari api neraka. Dengan demikian, mari ktia penuhi kewajiban kita sxebagai umat muslim kepada Allah dengan menjalankan sholat fardhu yang salahsatunya adalah sholat ashar.

Berbicara lebih lanjut mengenai sholat fardhu, khususnya sholat ashar, maka berikut kami berikan doa niat sholat ashar yang bisa anda simak. Doa niat sholat ashar lengkap berserta dengan arti dan maknanya ini bisa anda amalkan dan ajarkan kepada anak anda yang baru belajar untuk sholat. Silahkan anda simak doa niat sholatnya di bawah ini!

Doa Niat Sholat Fardhu Lengkap Makna dan Artinya

Demikian tadi merupaka doa niat sholat ashar lengkap bersama dengan terjemahan latin dan artinya. Dengan begitu akan memudahkan anda yang baru belajar untuk sholat atupun juga untuk memahami makna dari setiap ucapan niat yang anda lafadzkan dan azamkan dalam hati. Dengan begitu insyaallah kita bisa lebih mengerti dan menjiwai setiap niat sholat yang kita jalankan. Dengan begitu semoga Allah SWT menerima setiap sholat yang kita jalankan.

4. Doa Niat Sholat Maghrib

Sholat fardhu atau wajib bagi muslim itu ada sebanyak 5 kali dalam sehari semalam. Salahsatunya adalah sholat maghrib yang dikerjakan sebanyak tiga rakaat. Dalam sholat maghrib anda akan menjalankan tahiyat awal di rakat ke dua dan tahiyat akhir di rakaat ketiga. Perbedaan rakaat dalam sholat fardhu sendiri hanya terjadi pada sholat subuh dan juga maghrib yang msing-masing memiliki rakaat dua dan tiga.

Rasulullah pernah bersabda mengenai waktu-waktu shoalt, khususnya sholat fardhu yang berada di pertengahan, yakni dzhur dan maghrib. Khusus untuk sholat maghrib, Rasulullah bersabda jika waktu maghrib merupakan waktu permohonan taubat Nabi Adam diterima oleh Allah SWT. Barangsiapa mereka (mukmin) mengerjakan sholat maghrib dengan ikhlas kemudian memanjatkan permohonannya, isnyaallah permohonannya tersebut akan diperkenankan oleh Allah SWT. Menurut Rasulullah saat maghrib itu merupakan salahsatu waktu yang paling mustajab untuk memohon kepada Allah SWT.

Nah bagi anda yang hendak menjalankan sholat maghrib dan atau baru berlajar sholat berikut kami berikan doa niat sholat maghrig lengkap bersama dengan tejemahan latin dan maknanya. Dengan menghapalkan dan menbaca doa niat sholat tersebut insyaallah bisa mempermudah anda untuk belajar menjalankan sholat fardhu, khususnya sholat maghrib. Berikut ini kami berikan doa niat sholat yang bisa anda ikuti. Simak dia niat sholat tersebut di bawah ini!

Doa Niat Sholat Fardhu Lengkap Makna dan Artinya

Begitulah doa niat sholat maghrib lengkap dengan terjemahan dan maknanya yang bisa anda simak dan amalkan. Jangan lupa utnuk terus selalu menjaga sholat fardhu anda agar dijauhkan dari api neraka dan didekatkan dengan surga Allah SWT. Ambil juga keutamaan dari setiap sholat fardhu yang telah Allah SWT janjikan. Dengan demikian kita bisa merasakan manfaat yang besar dari menjalankan sholat fardhu lima waktu tersebut.

(Baca juga: doa qunut dan terjemahan)

5. Doa Niat Sholat Isya

Setelah sholat maghrib, sholat fardhu yang selanjutnya wajib dikerjakan umat islam adalah sholat isya. Sholat isya dikerjakan di malam hari sebanyak empat rakaat. Sholat isya sendiri memiliki waktu yang panjang dibandingkan dengan sholat lainya. Meskipun demikian untuk menjalankan sholat sebaiknya kit asegerakan agar tiadk lupa dan mengambil keutamaannya.

Sama seperti sholat fardhu empat rakaat lainnya, dalam sholat isya ada tahiyat awal di rakaat ke dua dan tahiyat akhir di rakaat ke empat. Berikut ini kami berikan doa niat sholat isya yang bisa anda jalankan. Silahkan simak doa niat sholat berikut di bawah ini!

Doa Niat Sholat Fardhu Lengkap Makna dan Artinya

Demikian tadi merupakan doa niat sholat isya yang bisa anda hapalkan dan lakukan. Silahkan anda ajarkan anak anda untuk menghapalkan doa niat sholat tersebut. Semoga kita bisa mengerjakan sholat fardhu dengan baik dan tidak pernah ditinggalkan.

Demikian tadi di atas merupakan doa niat sholat ashar yang bisa anda amalkan. Jangan lup auntuk mengajarkan anak anda sewaktu kecil dan sedini mungkin sehingga mereka terbiasa menjalankan ibadah wajib ini. Ajarkan juga kepada mereka mengenai betapa pentingnya mengerjakan perintah Allah yang menjadi kewjiban tersebut.

Demikianlan doa niat sholat yang bisa anda sekalian hapalkan dan ajarkan pada anak-anak anda. Silahkan ajarkan doa niat sholat ini semenjak dini bagi anak-anak anda. Dengan demikian mereka sudah terbiasa beribadah dan mengerjakan sholat. Dengan makanda dan terjemahan latinnya anda juga bisa semakin mengerti dan mudah untuk menghapalkan doa niat sholat lima waktu di atas.

Silahkan berikan komentar mengenai doa niat sholat yang ada di atas dan mulailah untuk berinteraksi dengan pembaca lainnya. Cukup dengan mengisi kolom yang terletak di bawah ini anda sudah bisa memberikan komentar anda. Jangan lupa juga untuk berbagi artikel doa niat sholat tersebut dengan teman atau sahabat anda yang berada di media sosial dengan cara menekan tombol share yang telah disediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *