Doa Niat Puasa Senin Kamis Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Posted on

Doa Niat Puasa Senin Kamis – Puasa sunnah merupakan amalan yang bisa melengkapi kekurangan amalan wajib. Selain itu, puasa sunnah bisa meningkatkan derajat seseorang untuk menjadi wali Allah yang terdepan. Melalui puasa sunnah inilah seorang hamba bisa mendapatkan cinta Allah dengan mudah. Salah satu puasa sunnah yaitu puasa yang dilakukan pada hari Senin dan Kamis.

Puasa sunnah yang dilakukan setiap hari Senin dan Kamis itu sendiri biasanya disebut dengan puasa Senin Kamis. Muslim melakukan puasa sunnah ini karena bertepatan dengan hari kelahiran Rasulullah SAW, yakni pada hari senin. Dan pada hari senin juga Rasulullah diberikan wahyu oleh Allah SWT. Pada hari senin dan kamis amalan seorang hamba diangkat.

Untuk anda yang ingin mengamalkan puasa sunnah Senin dan Kamis, anda harus tahu niatnya. Untuk doa niat puasa Senin dan Kamis itu sendiri sebenarnya sangat mudah. Jika anda belum tahu atau belum hafal doa niat puasa Senin Kamis, anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Doa Selamat Ringkas )

Doa Niat Puasa Senin Kamis Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa niat puasa Senin Kamis yang mudah dihafal. Adapun untuk bacaan doa niat puasa Senin Kamis adalah sebagai berikut ini:

Bacaan Niat Puasa Senin

Doa niat puasa senin kamis

Di bawah ini bacaan puasa sunnah hari Senin dalam bahasa Arab, Latin dan artinya:

Bacaan Niat Puasa Kamis

Doa niat puasa senin kamis

Di bawah ini bacaan puasa sunnah hari Kamis dalam bahasa Arab, Latin dan artinya:
Itulah bacaan doa niat puasa Senin Kamis, baik dalam bahasa Arab, Latin dan artinya. Anda bisa membacanya berulang kali untuk menghafalnya. ( Lihat juga : Doa Selepas Azan )

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis

  • Baginda Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya untuk mengerjakan puasa sunnah Senin Kamis. Pasalnya, hari Senin dan Kamis memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri. Dimana diantaranya yaitu segala amal perbuatan manusia di hari Senin dan Kamis diperiksa oleh malaikat.
  • Selain itu, puasa sunnah yang dijalankan pada hari Senin dan Kamis memiliki keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT. Untuk setiap umat muslim yang mau mengerjakan puasa ini, Allah akan melimpahkan pahala secara langsung. Karena seperti itu, sangat baik sekali menjalankan puasa di hari Senin dan Kamis.
  • Dari aspek kejiwaan, kesehatan dan sosial, menjalankan puasa memiliki banyak manfaat. Secara kejiwaan puasa dapat membantu kita membiasakan kesabaran, membantu bagaimana caranya menguasi diri, menguatkan kemauan dan membentuk serta mewujudkan ketaqwaan dalam diri.
  • Dari aspek sosial, menjalankan puasa sunnah dapat senantiasa untuk membiasakan agar tetap disiplin, cinta akan persamaan dan kedamaian, bersatu, serta menimbulkan perasaan kasih sayang di antara umat muslim.
  • Sedangkan dari aspek kesehatan, berpuasa sunnah dapat membantu membersihkan organ dalam tubuh seperti misalkan usus, membersihkan tubuh dari sisa endapan makanan, memperbaiki kerja sistem pencernaan, meminimalisir kegemukan dan penumpukan lemak dalam perut.
  • Manfaat lainnya dari berpuasa yaitu dapat meredam hawa nafsu, meredam niat untuk melakukan kejahatan, meredam niat untuk tidak bersyukur atas nikmat yang Allah berikan dan meredam hal-hal yang lainnya yang bisa menyebabkan kelengahan.
  • Dengan menjalankan puasa maka aliran darah akan luput dari jalan setan. Setan dapat masuk dalam diri anak Adam melalui aliran darah. Dengan menjalankan puasa maka akan aman dari gangguan setan, kemarahan dan nafsu syahwat. ( Artikel lainnya : Doa Pembuka Rezeki )

Itulah beberapa hikmah atau manfaat puasa sunah Senin Kamis. Semoga kita semua termasuk dalam orang-orang yang selalu mengamalkan puasa sunnah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *