Doa Niat Mandi Wiladah/Mandi Setelah Melahirkan

Posted on

Doa Niat Mandi Wiladah – Setelah mengandung atau hamil 9 bulan lamanya, seorang wanita akan melahirkan anaknya. Perjuangan selama ini akan terbayar dengan hadirnya buah hati ke dunia ini. Suasana rumah akan menjadi ramai dengan kehadiran seorang anak dan hidup akan menjadi lengkap dengan adanya mereka.

Saat melahirkan seorang wanita tentunya akan mengeluarkan bayi yang dikandungnya dengan darah atau kotoran yang lainnya. Melahirkan adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan hadats besar khususnya untuk seorang wanita. Oleh karena itu, saat seorang wanita telah melahirkan seorang anak maka ia harus mandi junub/mandi wiladah atau mandi setelah melahirkan.

Mandi wiladah harus dilakukan oleh setiap wanita yang baru saja melahirkan, walaupun ia melahirkan tanpa ada darah. Wanita yang keguguran juga sebenarnya dianjurkan untuk mandi wiladah, begitupun wanita yang melahirkan dengan operasi caesar.

Hukum Mandi Wiladah

Mandi wiladah atau mandi setelah melahirkan hukumnya wajib dilakukan oleh setiap wanita muslimah yang telah melahirkan anaknya baik dengan cara normal atau caesar. ( Baca juga : Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid )

Wanita yang Wajib Mandi Wiladah

Selain wanita yang sudah melahirkan, wanita yang wajib mandi wiladah yaitu wanita yang mengalami keguguran baik masih dalam bentuk gumpalan darah atau gumpalan daging. Wajib hukumnya untuk mereka melakukan mandi wiladah.

Hukum Jika Lupa Mandi Wiladah

Setelah melahirkan wanita harus melaksanakan mandi wiladah dan tidak menundanya hingga masa nifasnya selesai. Jika seorang wanita lupa mandi wiladah seperti misalkan satu minggu atau dua minggu setelah ia melahirkan sebenarnya tidak mengapa, namun jika teringat maka ia harus segera melakukan mandi wiladah. Sebab wanita yang baru saja melahirkan tidak diperbolehkan untuk melaksanakan sholat wajib atau ibadah yang lainnya.

Mandi Wiladah Tidak Sama dengan Mandi Nifas

Mandi wiladah berbeda dengan mandi nifas atau mandi yang dilakukan untuk mensucikan diri setelah masa nifas. Nifas itu sendiri yaitu darah yang keluar setelah melahirkan sama dengan haid namun waktunya lebih lama bisa mencapai 40 hari.

Doa Niat Mandi Wiladah/Mandi Setelah Melahirkan

Sebelum melaksanakan mandi wiladah, sebagai seorang muslim tentu kita harus tahu niat dan tata caranya. Adapun niat mandi wiladah seperti berikut ini:

Doa Niat Mandi Wiladah

Tata Cara Mandi Wiladah

Mandi wiladah setelah melahirkan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mandi wajib pada umumnya. Berikut ini tata cara mandi wiladah yang bisa dipraktikan.

  • Sebelah menjalankan mandi wiladah seorang wanita harus berniat dalam hati.
  • Setelah berniat dilanjutkan dengan membaca basmalah terlebih dahulu.
  • Pertama kali yang harus dilakukan saat memulai mandi wiladah yaitu mencuci atau membasuh telapak tangan dengan menggunakan air sebanyak tiga kali.
  • Setelah kedua telapak tangan dibasuh, bagan tubuh lainnya yang harus dibasuh yaitu kemaluan. Jika perlu bisa menggunakan wewangian untuk memastikan kebersihan organ kemaluan yang merupakan jalan lahir bayi.
  • Setelah membersihkan kemaluan dan tangan yang digunakan untuk membersihkannya, harus dilanjutkan dengan berwudhu.
  • Setelah selesai berwudhu siram kepala sebanyak tiga kali dengan menggunakan air sekitar kepalan telapak tangan. Siraman kepala harus dilakukan dimulai dari sebelah kanan.
  • Setelah menyiram kepala selesai, selanjutnya yaitu menyiram seluruh anggota tubuh, bersihkan dengan sabun jika diperlukan. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian-bagian lipatan tubuh. ( Artikel lainnya : Doa Ibu Hamil )
  • Setelah seluruh anggota tubuh selesai, tahap terakhir yaitu membasuh kedua kaki dengan menggunakan air.

Demikian doa niat mandi wiladah dan tata cara mandi wiladah atau mandi setelah melahirkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *