Doa Menyambut Bulan Ramadhan dan Artinya

Posted on

Doa Menyambut Bulan Ramadhan – Kerinduan akan bulan suci Ramadhan akan segera terobati. Tidak lama lagi bulan Ramadhan akan segera tiba. Sebagai umat Islam kita semua tentu sangat menantikan bulan suci Ramadhan yang penuh berkah. Mengingat beberapa hari lagi kita memasuki bulan Ramadhan, sebagai rasa syukur dan bahagia kita bisa menunjukannya dengan berdoa menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Terdapat beberapa doa yang bisa anda bacakan saat menyambut bulan Ramadhan. Pada kesempatan kali ini kami hadirkan doa menyambut bulan Ramadhan beserta artinya untuk anda semua. Di bawah ini doa menyambut bulan Ramadhan beserta artinya.  (  Baca  juga : Doa Niat Puasa Senin Kamis )

Doa Menyambut Bulan Ramadhan dan Artinya

Perlu kita ketahui semua bahwa sebenarnya tidak ada doa-doa khusus untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang Rasulullah SAW maupun para sahabatnya ajarkan. Hanya saja para sahabat dan para ulama pada generasi setelahnya menyambut bulan yang suci dengan penuh suka cita dan kegembiraan.

Kegembiraan tersebut mereka ungkapkan dengan kalimat yang mengandung doa harapan dan kebaikan.
Sebagaimana yang dirangkum di laman konsultasi syariah bahwa Al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan satu riwayat yang menunjukan semangat mereka dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Ibnu Rajab menyebutkan keterangan Mu’alla bin Al-Fadhl-ulama tabi’tabiin yang menyatakan.

Doa Menyambut Bulan Ramadhan
Satu harapan yang begitu luar biasa. Mereka menilai bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang begitu istimewa, sehingga mereka tidak akan menjadikan kesempatannya dengan sia-sia.

Setelah itu Al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan contoh doa yang dilantunkan oleh mereka. Diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir – seorang ulama tabi’in –, bahwa beliau mengatakan.

Doa sebagian sahabat saat datang bulan Ramadhan,

Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Demikian beberapa doa menyambut bulan Ramadhan yang bisa kita lafalkan. Sambut bulan Ramadhan dengan penuh kebahagiaan dan kemeriahan.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Bulan nan Suci ini memiliki banyak keutamaan untuk umat Islam. Bahkan bulan Ramadhan disebut sebagai bulan seribu bulan. Nah, berikut ini beberapa keutamaan bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan, Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan Ramadhan adalah bulan turunnya kitab suci Al-Quran untuk pertama kalinya.

Amal Sholeh yang Berlipat Ganda

Ibadah atau amalan yang dijalankan saat bulan Ramadhan akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda. Karena seperti itu, lakukanlah setiap ibadah di bulan Ramadhan dengan baik untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Bulan Ramadhan Penuh dengan Keberkahan

Di bulan Ramadhan umat muslim memiliki kesempatan untuk kembali ke jalan yang baik dan benar, serta mendapatkan keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

Bulan Ramadhan Adalah Bulan Pengampunan Dosa

Di bulan Ramadhan seorang umat muslim memiliki kesempatan untuk meraih pahala dengan sebanyak-banyaknya. Ibadah yang dilakukan dengan sempurna di bulan Ramadhan akan kembali suci.

Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Saat bulan Ramadhan, pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Pintu untuk kembali ke jalan yang lurus dibuka selebar-lebarnya di bulan Ramadhan bagi umat muslim.

Bulan Ramadhan Mendidik Untuk Mencapai Ketaqwaan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dapat membimbing umat Islam untuk mencapai ketaqwaan. Menahan lapar, haus dan amarah adalah jalan untuk menuju sifat sabar yang taqwa. (  Artikel lainnya : Doa Keselamatan Diri )

Terdapat Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar jatuh pada malam 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Dimana malam tersebut sangat baik diisi doa.

Itulah keutamaan bulan suci Ramadhan. Setelah mengetahui keutamaannya semoga kita semua termotivasi untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *