Doa Menjenguk Orang Sakit dan Artinya

Posted on

Doa Menjenguk Orang Sakit – Agama Islam selalu mengajarkan untuk saling menghormati antara sesama, berbuat baik dan mendoakan kebaikan untuk orang lain. Saat sahabat, kerabat atau saudara terkena musibah sebagai umat Islam sudah sepatutnya kita mendoakannya, termasuk ketika mereka sedang sakit. Rasulullah SAW menganjurkan pada umatnya untuk menjenguk ketika ada kerabat yang sedang sakit atau terkena musibah. Beliau juga mengajarkan doa untuk orang sakit supaya Allah SWT memberikan kesembuhan.

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain di sekitarnya. Manusia tidak bisa hidup sendiri atau mandiri tanpa pertolongan orang lain. Saat dalam keadaan sakit kita tentu membutuhkan bantuan dari orang lain. Menjenguk teman atau saudara yang sedang sakit adalah salah satu wujud dari kehidupan sosial sekalipun itu kerabat atau teman yang berbeda keyakinan.

Saat menjenguk orang yang sedang sakit hendaknya dilakukan dengan etika dan adab yang baik. Rasulullah sudah mengajarkan pada kita semua tentang adab dan etika menjenguk orang yang sedang sakit serta bagaimana cara memberikan doa untuk orang yang sedang sakit. ( Baca juga : Doa Sehari-Hari)

Doa Menjenguk Orang Sakit

Selain membawakan hadiah, penting bagi kita untuk mendoakan orang yang sedang sakit. Doa sangat penting agar ia cepat sembuh. Do’a akan membantu memudahkan segalanya. Berikut ini doa menjenguk orang yang sedang sakit.

Doa Menjenguk Orang Sakit

Adab dan Etika Menjenguk Orang Sakit

Adapun adab dan etika saat menjenguk orang sakit seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah berikut ini.

Awali dengan Niat Baik

Saat menjenguk teman atau saudara yang sedang sakit tentunya harus diawali dengan niat yang baik. Jangan nodai perbuatan mulia ini dengan niat yang tidak baik awalnya. Semua perbuatan yang kita lakukan memang harus diawali dengan perbuatan yang baik agar apa yang kita lakukan dapat bermanfaat untuk orang lain.

Saat menjenguk orang lain yang sedang sakit niatkah dalam hati semata-mata untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT, serta ingin melaksanakan anjuran Rasulullah, juga mengerjakan kewajiban sebagai sesama umat Islam untuk saling menolong.

Melakukan Kunjungan Pada Waktu yang Tepat

Etika menjenguk orang yang sedang sakit yaitu berkunjung saat waktu yang tepat. Apabila orang yang akan kita jenguk dirawat di rumah sakit maka sebaiknya kunjungilah saat jam besuk rumah sakit. Jangan sampai melebihi jam besuk yang sudah ditentukan karena dapat mengganggu waktu istirahat. Rasulullah mengajarkan untuk menjenguk orang yang sedang sakit saat sore atau atau siang hari sebelum dzuhur, serta malam hari saat bulan puasa. ( Artikel lainnya : Doa Untuk Anak )

Tanyakan Keadaannya

Ketika kita menjenguk orang yang sedang sakit wajib hukumnya menanyakan keadaannya. Kita bisa langsung bertanya pada orang yang sedang sakit ataupun keluarganya. Bertanya akan keadaan orang yang sedang sakit sebagai wujud perhatian yang kita berikan padanya.

Membawa Hadiah

Membawa hadiah sebenarnya hukumnya tidak wajib, sebab hanya dengan kehadiran pun orang yang sedang sakit biasanya sudah merasa bahagia. Jika anda ingin memberikan hadiah berikanlah hadiah sesuai dengan kemampuan anda.

Berikan Semangat

Menyemangati atau memberikan hiburan pada orang yang sedang sakit termasuk salah satu etika dan adab menjenguk orang yang sedang sakit. Anda bisa memberikan hiburan bisa berupa kata kata penyemangat.

Itulah doa menjenguk orang sakit beserta adab dan etika saat kita menjenguk orang yang sedang sakit. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *