Doa Menghilangkan Was-Was Pada Saat Shalat

Posted on

Doa Menghilangkan Was-Was Pada Saat Shalat – Was-was merupakan kondisi dimana hati dan pikiran seseorang merasa tidak tenang yang sumbernya datang dari setan. Banyak orang seringkali mengalami rasa was-was dan panik tak karuan, bahkan ketika mereka beribadah. Salah satu ibadah yang seringkali dihinggapi dengan rasa was-was adalah pada saat shalat. Nah, dibawah ini mari kita simak doa menghilangkan was-was pada saat shalat.

Setiap orang didalam hidupnya pasti pernah merasakan was-was atau rasa panik berlebihan. Kondisi semacam ini biasanya seringkali membuat kita sulit tenang dan fokus pun menjadi buyar. Akibatnya segala hal yang dilakukan akan mungkin sulit untuk terasa khidmat dan fokus.

Nah, dari sekian banyak hal dan kegiatan yang dilakukan rasa was-was seringkali datang dan hingga dan sulit untuk diredakan. Salah satunya adalah ketika kita shalat. Padahal hal semacam ini akan dapat merusak dan mengganggu ibadah yang dilakukan. Baca juga: Doa yang Dibaca Sewaktu Persalinan Mengharapkan Keselamatan dan Kelancaran

Mereka yang sedang was-was akan seringkali mengulang pembacaan niat shalat didalam hatinya. Bukan hanya itu, mereka pun cenderung mengulang-ulang gerakan takbiratul ikhramnya. Bahkan beberapa orang yang dihinggapi dengan perasaan was-was bisa mungkin seringkali lupa dengan rakaat shalat yang dilakukan.

Doa Menghilangkan Was-Was Pada Saat Shalat

Nah, agar terhindar dari perasaan was-was yang merupakan penyakit dari setan ini. Maka mari kita simak doa menghilangkan was-was pada saat shalat. Ingin tahu seperti apa? Simak langsung informasinya dibawah ini.

Doa yang Diriwayatkan Para Syekh

Rasa was-was yang datang pada saat kita tengah mengerjakan ibadah shalat akan tentu mengganggu ibadah yang dilakukan. Betapa tidak, ibadah shalat yang seharusnya dilakukan dengan khidmat dan khusuk malah diganggu dengan perasaan panik yang tak karuan didalam diri. Hal semacam ini akan tentu membuat shalat yang dijalankan menjadi terhambat.

Rasa was-was yang dialami seseorang datang karena keragu-raguan yang mereka miliki dalam dirinya. Hal semacam ini biasanya terjadi ketika mereka dihadapkan pada banyak pilihan didalam hidupnya. Namun mereka cenderung merasa kurang percaya diri dengan pilihan yang mereka buat. Sehingga pada akhirnya hal tersebut terus menerus membuat mereka merasa tidak tenang.

Nah, bagi anda yang ingin terhindar dari perasaan was-was pada saat sedang beribadah terutama menjalankan shalat. Maka dibawah ini mari kita simak doa-doa yang dianjutkan oleh pada Syekh. Ingin tahu seperti apa? Maka mari simak dibawah ini informasi menariknya.

Doa Menghilangkan Was-Was Pada Saat Shalat

Bacaan doa diatas akan dapat anda amalkan dengan baik pada saat anda merasakan was-was yang hebat. Pada dasarnya berserah diri kepada Allah SWT dan teguh pada keimanan anda pada-Nya adalah kunci penting yang harus dimiliki. Untuk itu, percayalah bahwa setiap masalah pasti ada jalannya.

Meletakkan Tangan Kanan Pada Bagian Dada dan Membaca Doa

Selain membaca doa yang diriwayatkan oleh para Syekh diatas. Cara lain yang akan dapat meredakan perasaan was-was yang besar karena masalah yang anda hadapi. Adalah dengan menyimpan telapak tangan dibagian dada kemudian membaca serangkaian doa.

Cara ini diajarkan oleh Imam Abi-Hasan as-Syadszili sebagaimana telah diriwayatkan oleh Syekh Abu Bakar Syatho ad-Dimyathi. Bacaan doa tersebut akan dapat anda simak dibawah ini.

Doa Menghilangkan Was-Was Pada Saat Shalat

Perasaan was-was yang tersimpan didalam hati memang tak bisa kita pungkiri selalu mempengaruhi dan memberikan masalah yang besar. Apalagi bila masalah tersebut sampai mengganggu shalat anda. Maka mungkin hal ini membuat ibadah yang dijalankan menjadi tidak sah.

Untuk itulah, penting sekali menemukan cara dan bacaan doa yang akan dapat meringankan perasaan didalam hati anda. Selain itu, yakinlah bahwa Allah SWT tidak semata memberikan ujian pada umatnya melainkan dari menguji keimanannya. Dengan begini maka iman kita akan lebih kuat dan lebih kokoh.

Lanjutkan dengan Membaca Q.S Fathir (35:16-17)

Bukan hanya membaca doa-doa yang diriwayatkan oleh pada Syekh saja. Namun ketika anda merasa kegelisihan yang begitu besar dan rasa was-was yang tak kunjung usai. Maka minta pada Allah SWT dalam doa-doa anda agar perasaan yang diberikan oleh setan ini disembuhkan oleh Allah.

Sebab sejatinya gangguan dan godaan setan akan terus menerus mengejar kita agar kita lalai dan mengabaikan perintah Allah. Sebagaimana shalat 5 waktu adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim maka hal ini penting sekali untuk anda menemukan solusi tentang bagaimana mengantisipasi hal ini dengan baik.

Nah, dibawah ini adalah rangkaian surah Fathir yang akan dapat anda baca dan anda hafalkan untuk memudahkan anda mengamalkannya.

Doa Menghilangkan Was-Was Pada Saat Shalat

Jangan lupa untuk senantiasa mengamalkan bacaan doa diatas guna memudahkan anda mengatasi perasaan waswas didalam hati. Sebab sesungguhnya perasaan was-was yang dirasakan datangnya dari godaan syetan yang sengaja mengganggu ibadah yang anda jalankan. Bacaan doa diatas dibaca sebanyak 3 kali dan diulang-ulang.

Doa dari Syekh Abu Bakar Syathojuga

Melanjutkan bacaan doa diatas, ada beberapa rangkaian bacaan doa yang penting untuk dibaca ketika hati dan pikiran kita diselimuti dengan ras was-was. Doa ini telah diriwayatkan oleh Syekh Abu Bakar Syathojuga dalam sebuah kitab. Rangkaian doa ini adalah bacaan doa yang pendek yang akan mudah anda hafalkan.

Lafadz ini akan dapat dibaca seperti anda sedang berdzikir. Membaca lafadz ini secara berulang-ulang akan sangat dianjurkan. Diharapkan hati yang gelisah dan perasaan was-was didalam diri akan dapat berkurang dan menghilang. Sehingga demikian, ibadah yang tengah dijalankan menjadi lebih lancar dan khidmat.

Doa Menghilangkan Was-Was Pada Saat Shalat

Jangan lupa amalkan lafadz suci Allah ini dengan khidmat baik pada saat anda hendak menjalankan ibadah shalat agar membuat anda menjadi lebih tenang dan siap untuk menjalankan ibadah dengan lebih khusuk. Atau mungkin anda bisa membacanya setelah usai shalat dan diharapkan bacaan doa ini akan membuat anda merasa lebih baik dan lebih terjaga.

Doa Penutup

Doa penutup ini diriwayatkan oleh Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, dalam kitab Al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr, (Surabaya: Kharisma, 1998), hal. 51. Beliau meriwatkan bahwa ketika seseorang merasa was-was atau tidak tenang. Maka hendaknya bacaan doa ini dibaca dengan baik.

Fungsinya tentu saja untuk mengusir provokasi dari para setan yang terus menerus mengganggu ibadah yang tengah dijalankan. Untuk itu, guna memudahkan anda membacanya maka sebaiknya bacaan doa ini diamalkan dan dipahami dengan baik.

Doa Menghilangkan Was-Was Pada Saat Shalat

Karena sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang untuk itu maka penting sekali menyerahkan diri kepada-Nya dan serahkan semua masalah kita hanya kepada Rabb kita. Sejenak ketika ibadah shalat akan dijalankan maka jangan biarkan pemikiran-pemikiran semacam ini menghancurkan pahala ibadah yang akan anda jalankan.

Demikianlah beberapa rangkaian doa menghilangkan was-was pada saat shalat. Diharapkan dengan mengetahui rangkaian doa diatas akan memberikan kita pengetahuan lebih untuk mengatasi perasaan ini dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *