Doa Mendapat Musibah dan Keutamaan Membaca Doa Ini

Posted on

Doa Mendapat Musibah – Musibah dan anugerah selalu ada pada kehidupan manusia, entah itu besar ataupun kecil. Umumnya musibah identik dengan hal-hal buruk yang terjadi dan tentunya merugikan kita. Sedangkan anugerah adalah hal-hal baik yang menguntungkan.

Mendapatkan musibah atau cobaan tentunya tidak mengenakan. Musibah akan selalu menyisakan kesedihan.  Allah SWT mengajarkan kepada umatnya yang ditimpa musibah untuk membaca istirja’ atau doa ketika mendapat musibah. Nah, di bawah ini doa yang dapat anda baca ketika mendapatkan musibah.

Doa Mendapat Musibah

Ketika mendapatkan musibah dapat membaca kalimat istirja’ seperti berikut ini.

Doa Mendapat Musibah

Keutamaan Membaca Doa Mendapat Musibah

Ada beberapa keutamaan yang akan didapatkan jika anda membaca doa mendapat musibah atau kalimat istirja’ seperti berikut ini.

Musibah Akan Terasa Ringan

Dengan membaca kalimat istirja’ maka musibah yang menimpa akan terasa ringan. Karena orang yang membaca kalimat ini akan sadar, serta mengakui bahwa semuanya adalah milik Allah SWT. Segala sesuatu yang kita miliki hanyalah titipan Allah SWT yang bisa diambil kapanpun.

Musibah sesungguhnya akan terasa ringan apabila kita tidak pernah merasa untuk memiliki sesuatu, sehingga kita tidak akan pernah merasa kehilangan apa yang kita miliki.

Baca juga : Doa Agar Terlindung dari Sihir dan Santet Menurut Hadist

Misalkan, pada saat anda kehilangan dompet dan uangnya. Jika anda merasa bahwa uang itu adalah milik anda, tentunya anda akan merasa bersedih dan kecewa. Namun, jika anda berpikir bahwa uang tersebut merupakan titipan Allah SWT, maka saat anda kehilangan uang tersebut anda tidak akan terlalu sedih dan kecewa. Anda mungkin akan tenang dan ikhlas akan kejadian yang anda alami.

Diberikan Kesabaran Atas Musibah yang Dialami

Memiliki hati yang sabar sangat penting ketika kita ditimpa musibah. Saat mengalami musibah tertentu kita biasanya emosional, mudah tersinggung dan gampang marah. Apabila seperti ini, terkadang kita mencari pelampiasan untuk menyalahkan orang lain.

Jika membaca doa ditimpa musibah, maka hati akan menjadi lebih sabar, serta ikhlas untuk menerima semua yang terjadi. Kalimat istirja’ yang kita ucapkan akan mengingatkan kepada kita bahwa segala sesuatu yang kita miliki merupakan milik Allah SWT.

Artikel Lainnya : Doa Penenang Hati

Mendapatkan Kedudukan Tinggi dan Pahala

Bagi mereka yang membaca istirja’ maka akan mendapatkan pahala. Dengan bacaan istirja’ maka kita akan ingat pada hakikat diri kita. Dengan membaca doa ini maka kita dapat mengambil manfaat dan hikmah dari musibah yang kita alami.

Tidak Memberatkan Hati

Dengan mengucapkan istirja’ maka dapat meringankan hati kita. Atas apa yang telah terjadi kita tidak akan berat hati atau terbebani. Hati akan menjadi tenang atas apapun yang terjadi, Allah SWT tentu mengetahui dan kelak akan memberikan yang terbaik. Jika tidak di dunia, maka balasan yang lebih baik akan didapatkan kelak diakhirat.

Dalam menyikapi masalah atau keadaan, manusia terkadang merasa berat hati. Padahal ada Allah SWT yang akan memberikan pertolongan terhadap hambanya. Segala sesuatu milik Allah SWT, bisa diberikan atau ditarik kapanpun oleh Allah SWT.

Itulah doa mendapat musibah beserta arti dan latinnya, serta keutamaan membaca doa mendapat musibah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *