Doa Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah dan Artinya

Posted on

Doa Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah dan Artinya – Lahirnya anak menjadi momen yang membahagiakan untuk setiap orangtua. Setiap orangtua tentu akan bersyukur dengan lahirnya buah hati ke dunia. Nah, sebagai bentuk rasa syukur, orangtua muslim akan melaksanakan aqiqah dengan memotong hewan ternak, kemudian dibagikan kepada saudara dan tetangga. Selain itu, Aqiqah juga menjadi sunnah Rasulullah yang tentunya harus dilaksanakan.

Dalam bahasa Arab, Aqiqah itu sendiri asalnya dari kata al qat’u yang artinya memotong. Dimana kata ini mempunyai dua arti, yakni memotong rambut bayi baru lahir, serta makna lainnya yaitu memotong hewan.

Saat hendak melakukan aqiqah buah hati, anda tentu harus memilih waktu terbaik. Dimana waktu terbaik melaksanakan aqiqah sesuai sunnah Rasulullah SAW yaitu hari ke 7 setelah bayi dilahirkan. Cara menentukan hari ke 7 untuk aqiqah yaitu, apabila bayi lahir ketika siang hari, maka itu sudah termasuk hari pertama dari 7 hari. Apabila bayi lahir saat malam hari, hari pertamanya yaitu di hari berikutnya.

Namun, sebagian ada yang memakai tata cara hari ke 14 atau hari ke 21 setelah bayi dilahirkan. Menurut Mazhab Syafi’i, pelaksanaan aqiqah dapat dilakukan setelah melewati hari ke 7 setelah si kecil lahir.  

Doa Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah dan Artinya

Saat aqiqah, doa mencukur rambut bayi ini harus dipanjatkan dan merupakan tata cara aqiqah. Nah, berikut ini bacaan doa saat mencukur rambut bayi ketika aqiqah.

Doa Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah

Apabila rambut si kecil sudah dicukur, maka selanjutnya dianjurkan untuk meniup ubun-ubunnya. Saat meniup ubun-ubun bayi dianjurkan untuk membaca doa berikut ini.

Doa Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah

Tata Cara Aqiqah

Adapun tata cara aqiqah yang harus diketahui oleh orangtua yaitu seperti berikut ini.

Menyembelih Kambing

Untuk aqiqah, jumlah kambing yang disembelih tidak sama antara anak perempuan dan anak laki-laki. Untuk anak perempuan, jumlah kambing yang disembelih yaitu sebanyak satu ekor. Sedangkan untuk anak laki-laki yaitu dua ekor kambing.

Adapun syarat kambing yang akan disembelih untuk aqiqah untuk anak perempuan dan laki-laki yaitu kualitasnya baik, baik jenis hingga usianya. Selain itu, kambing juga bebas dari cacat dan tidak mengalami penyakit.

Memasak Daging Hewan Aqiqah

Ada sebuah pendapat bahwa daging hewan yang telah disembelih lebih baik dimasak dulu sebelum dibagikan. Namun, ada juga yang berpendapat untuk membagikan daging seperti kurban, dimana daging tersebut tidak dimasak dulu. Namun, jumhur ulama menyarankan agar daging aqiqah dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan.

Memakan Daging Aqiqah Sebagian

Menurut sebuah hadist diriwayatkan oleh Al-Bayhaqi, daging aqiqah sebagian harus dimakan. Sedangkan sebagian lainnya dibagikan. Dimana cara membagikan daging aqiqah ini hampir mirip dengan kurban. Sebagian daging diberikan pada keluarga muslim yang menjalankan aqiqah. Sedangkan sebagian lainnya dibagikan pada tetangga ataupun fakir miskin.

Lihat juga : Bacaan Doa Bayi Baru Lahir yang Dapat Diamalkan

Mencukur Rambut Bayi dan Memberikan Nama

Tata cara aqiqah selanjutnya yaitu mencukur rambut dan memberikan nama. Tata cara ini wajib dilakukan. Orangtua tentu sudah menyiapkan nama yang baik untuk buah hatinya. Nama yang baik akan mencerminkan dari sifat, akhlak dan iman anak nantinya. Mencukur rambut bayi berdasarkan pendapat kuat pada kalangan ulama hukumnya sunnah.

Itulah bacaan doa mencukur rambut bayi saat aqiqah beserta latin dan artinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *