Doa Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat

Posted on

Doa Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat – Sebagai manusia tempat salah dan khilaf, tentunya kita berharap bahwa Allah SWT senantiasa menyelamatkan kita dari panasnya api neraka dan siksaan di akhirat. Namun demikian, kita juga berharap bahwa kehidupan dunia yang kita jalani saat ini pun bisa menyelamatkan kita dari godaan yang akan menuntun kita pada siksa neraka. Nah, mengamalkan doa sehari-hari seperti doa memohon keselamatan dunia dan akhirat kali ini akan dapat anda simak.

Sebagai seorang hamba Allah yang dikaruniai kehidupan sudah semestinya kita mampu menjalani kehidupan ini dengan baik. Menjadi seorang hamba Allah penuh dengan pilihan. Kita bisa memilih untuk bisa menjadi hamba yang taat atau memilih menjadi hamba yang mendustakan semua perintah Allah SWT.

Tentunya setiap manusia yang taat dengan segala perintah dan larangan Allah SWT. Surga adalah janji yang mutlak yang akan diganjarkan kepada kita. Baca juga: Bacaan Doa Tahlil Lengkap dengan Terjemahannya

Sebaliknya, menjadi hamba yang mendustakan setiap perintah dan larangan dari Allah SWT. Maka siksa neraka adalah hukuman yang akan menanti anda diakhir hayat nanti.

Tentunya kita berharap bahwa Allah SWT senantiasa menyelamatkan kita dari kehidupan dunia yang penuh ujian. Karena sejatinya kehidupan akhirat yang kekal dan dunia yang sementara. Berikut ini mari kita simak doa memohon keselamatan dunia dan akhirat.

Doa Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat

Doa memohon keselamatan dunia dan akhirat adalah bagian dari doa sehari-hari. Yang mana pengamalan dari doa ini perlu anda lakukan setiap saat dan setiap hari. Sehingga perlahan akan menjadi kebiasaan dan akan lebih mudah untuk anda mengamalkannya.

Kapanpun dan dimanapun doa-doa ini perlu anda panjatkan demi menjaga kita dari jurang kesalahan dunia dan akhirtat. Adapun mari kita simak rangkaian doa memohon keselamatan dunia dan akhirat yang pertama.

Doa Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat Pertama

Dibawah ini adalah sepenggal doa memohon keselamatan dunia dan akhirat yang pertama yang pada umumnya mungkin sudah pernah anda dengar. Atau mungkin sebagian dari anda sudah hafal dengan doa yang satu ini. Doa ini dikenal pula dengan doa sapu jagad yang mungkin ustad atau orang-orang yang paham rangkaian doa seringkali menggunakan doa yang satu ini.

Doa Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat

Itulah dia teman-teman, sepenggal doa memohon keselamatan dunia dan akhirta. Pada hakikatnya doa adalah amalan serta bagian dari wujud ketaatan kita sebagai hamba Tuhan, Allah SWT.

Jadi demikian, doa memohon keselamatan diatas bisa anda baca setiap saat. Dimanapun anda berada dan kapanpun anda beraktivitas atau pada saat shalat doa diatas sebaiknya anda amalkan dengan baik.

Agar demikian, semakin banyak rangkaian doa-doa baik yang kita panjatkan kepada Allah SWT. Maka akan semakin banyak kehidupan kita dihiasi dengan amalan-amalan baik kepada Sang Maha Pencipta.

Doa Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat Kedua

Doa memohon keselamatan yang selanjutnya adalah doa yang bisa anda panjatkan kapan saja. Utamanya doa kali ini dapat anda baca usai menjalankan ibadah shalat. Dengan memanjatkan doa yang satu ini semoga Allah SWT senantiasa mampu mengabulkan doa kita semua.

Ingin tahu seperti apa doa memohon keselamatan dunia akhirat yang kedua? Maka mari kita simak informasi menariknya dibawah ini.

Doa Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat

Itulah dia teman-teman rangkaian doa memohon keselamatan dunia dan akhirat yang dapat kami sampaikan. Dengan senantiasa memanjatkan doa ini usai shalat dihadapatkan kita semua diberikan kebaikan baik di dunia maupun di akhirtat. Serta semoga kita terjaga dari siksa api neraka jahanam yang amat menakutkan.

Nah, selain beberapa rangkaian doa diatas adapula tata cara berdoa yang baik dan dianjurkan menurut Islam.

Tentunya memahami tata cara berdoa yang tepat diharapkan akan dapat membantu anda memaknai doa-doa yang anda panjatkan.

Selain itu, dengan memahami tata cara berdoa yang sesuai dengan syariah Islam pun diharapkan membuat doa-doa kita menjadi lebih mudah didengar. Sehingga diharapkan doa-doa yang kita panjatkan lebih cepat Allah SWT kabulkan.

Tata Cara Berdo’a

Ada beberapa tata cara dalam berdoa yang penting untuk anda simak dengan baik. Hal ini dikarenakan setiap doa yang kita panjatkan tidak bisa dengan sembarang kita lakukan.

Apalagi jika kita berharap doa-doa kita dapat diijabah oleh yang Maha Kuasa. Maka ada adab berdoa yang penting untuk anda perhatikan dan perlu anda terapkan dengan baik. Ingin tahu seperti apa? Mari simak dibawah ini.

Memiliki Wudhu

Wudhu adalah bagian dari mensucikan diri dari kotoran dan najis yang mungkin ada dalam diri anda. Ketika kita beraktivitas selama seharian, kita mungkin tidak menyadari bahwa ada najis yang mengenai tubuh kita. Pada saat anda beribadah kepada Allah SWT maka tubuh anda perlu dalam keadaan bersih dan suci. Hal ini dilakukan agar doa dan ibadah yang anda panjatkan tidak sia-sia.

Memang ada berbagai macam cara untuk membersihkan najis tergantung dari jenis najisnya itu sendiri. Untuk najis besar maka adus atau mandi besar adalah cara membersihakn diri yang dianjurkan.

Hanya saja, untuk anda yang mungkin sudah membersihkan diri dan tidak sadar bila mungkin ada najis yang terbawa pada tubuh anda. Maka penting sekali bagi anda untuk memiliki wudhu sebelum beribadah. Untuk itu, maka penting sekali mempelajari tata cara wudhu sebelum anda terburu untuk melakukan ibadah dan berdoa kepada Allah SWT.

Menghadap Ke Kiblat

Hal ini berdasarkan dari sebuah hadist yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW datang ke tempat wuquf fi Arafah dan kemudian ia menghadap ke arah Kiblat. Selanjutnya ia terus menerus berdoa sampai dengan matahari tenggelam.

Jadi demikian, bila anda mengikuti sunnah Rasulullah maka penting sekali untuk menentukan arah pada saat anda akan memanjatkan doa-doa anda. Termasuk pada saat anda beribadah seperti shalat 5 waktu. Dimana ibadah ini mengharuskan anda menghadap ke arah kiblat pada saat anda beribadah.

Dengan Suara Lembut dan Rasa Takut

Firman Allah SWT yang berbunyi “Berserulah (berdoa) kepada Tuhanmu dengan merendahkan dirinya dan suara yang lembut. Sebab sesunguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah engkau berbuat kerusakan dibumi sesudah (Allah SWT ) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak diterima) dan harap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. Al A’raf : 55-56)

Penggalan ini menjelaskan kepada kita bahwa sebuah doa seyoganya dipanjatkan dengan sungguh-sungguh dan tidak dilantangkan dengan keras. Karena beroda dan beribadah hubungannya hamba dengan Tuhannya.

Jadi demikian, lakukan dengan khidmat dan sungguh-sungguh. Terutama bila kita berharap Allah berkenan mengabulkan doa-doa kita dengan cepat.

Demikianlah beberapa doa memohon keselamatan dunia dan akhirat yang dapat kami sampaikan bersama dengan tata cara berdoa yang dianjurkan. Semoga dengan menyimak doa-doa diatas akan membantu anda mengamalkannya dengan lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *