Doa Memohon Kekuatan Untuk Beribadah, Beserta Latin dan Artinya

Posted on

Doa Memohon Kekuatan Untuk Beribadah, Beserta Latin dan Artinya – Sebagai umat islam sudah menjadi kewajiban untuk beribadah kepada Allah SWT. Kita memiliki banyak kesempatan untuk beribadah pada Allah SWT, misalkan ibadah yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sholat wajib, sholat sunah, puasa, membaca Al-Qur’an, berdzikir dan ibadah yang lainnya.

Akan tetapi, tidak jarang rasa malas menghampiri untuk meluangkan waktu beribadah. Nah, ketika merasa malas untuk beribadah, kita dapat membaca doa agar diberikan kekuatan untuk beribadah. Berikut ini doa memohon kekuatan untuk beribadah, beserta latin dan artinya.

Baca juga : Doa Setelah Wudhu

Doa Memohon Kekuatan Untuk Beribadah, Beserta Latin dan Artinya

Doa Memohon Kekuatan Untuk Beribadah

Bagaimana Cara Memupuk Semangat Ibadah?

Ibadah adalah jembatan penghubung antara Allah dan hambanya. Yang merupakan jembatan untuk mendapatkan magfiroh dan kasih sayang Allah SWT. Jika jembatan tersebut semakin kokoh, maka rahmat, kasih sayang dan ampunan Allah akan semakin melimpah. Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk memupuk semangat beribadah. Sehingga ibadah yang kita jalankan menjadi suatu kenikmatan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memupuk semangat beribadah. Nah, berikut ini cara memupuk semangat ibadah yang bisa kita lakukan.

Berdoa

Dalam melakukan ibadah kita membutuhkan motivasi kuat. Supaya semangat dalam beribadah sebaiknya dimulai dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Kita dapat meminta untuk dikaruniai semangat dalam memperbanyak ibadah. Kita juga bisa berdoa supaya Allah SWT senantiasa menjaga hati kita supaya tetap berada di jalan Allah.

Tetap Dalam Keikhlasan

Ikhlas berarti kita hanya mengharap ridho dari Allah SWT. Tidak beribadah dengan tujuan hanya untuk duniawi. Hati hanya tertuju pada allah SWT dan tidak memiliki perasaan sombong, iri dengki, riya dan nifak.

Mujahadah dalam Beramal

Mujahadah memiliki arti keseriusan dan kesungguhan. Orang yang bermujahadah dalam melaksanakan ibadah akan berusaha untuk menghilangkan segala rintangan yang akan mengganggu kesungguhan. Tidak jarang, amal ibadah akan sia-sia apabila lalai, berleha-leha dan tidak mempunyai motivasi jelas ketika beramal. Sifat mujahadah akan dapat meningkatkan semangat ibadah.

Perbanyak Dzikir dan Tobat

Jika iman sudah menyentuh hati paling dalam, maka penghayatan rasa ketuhanan akan mengisi hatinya yang paling dalam. Dzikir menjadi ingatan yang terus ada kepada Allah SWT dalam hati dan  dengan lisan menyebut nama-Nya. Selain dzikir dalam hati serta lisan, juga dzikir dengan anggota badan. Dimana akan merasa takut saat berbuat sesuatu yang nista, karena kita mengetahui bahwa Allah SWT melihat yang dilakukan hambanya.

Selalu Introspeksi Diri

Seseorang yang selalu melakukan koreksi terhadap dirinya, dengan melihat amal pada masa lalu, maka akan selalu mempertimbangkan kehidupan pada masa yang datang. Jangan sampai ia melakukan hal atau kesalahan yang sama. Sehingga kesalahan yang pernah dilakukan tidak akan di ulang, amal kebaikan yang kurang akan ditambah dengan amalan-amalan yang lainnya.

Lingkungan yang Sholeh

Manusia mudah terpengaruh oleh lingkungan di sekitar. Lingkungan mempunyai peranan penting untuk membentuk karakter seseorang. Agar kita rajin beribadah maka pilihlah lingkungan yang memiliki semangat ibadah.

Bergaul dengan orang yang sholeh bukan berarti akan menjadikan kita terbebas dari dosa. Namun jika kita bergaul dalam lingkungan yang tidak sholeh, maka akan dihadapi dengan rintangan yang lebih besar.

Lihat juga : Doa Masuk ke Masjid 

Itulah doa memohon kekuatan untuk beribadah dan cara memupuk semangat beribadah yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *