Doa Membangun Rumah yang Wajib Dibaca Supaya Mendapatkan Berkah

Posted on

Doa Membangun Rumah yang Wajib Dibaca Supaya Mendapatkan Berkah – Rumah tidak hanya sebagai tempat untuk berteduh, namun rumah menjadi tempat pulang dan  membangun kehangatan dengan keluarga. Namun, untuk seorang muslin, rumah juga menjadi tempat untuk beribadah. Sebagai tempat kita tinggal, maka ketika membangun rumah kita patut untuk memohon pada Allah SWT. Hal ini dilakukan supaya hunian kita penuh dengan keberkahan dan kedamaian, serta penghuninya dapat hidup dengan tentram.

Doa menjadi hal yang sangat penting dalam membangun rumah di samping mencari desain rumah dan lain sebagainya. Untuk menemukan desain rumah dengan mudah, anda bisa mencari referensinya di website.

Bacaan Doa Saat Membangun Rumah dan Artinya

Nah, berikut ini bacaan doa membangun rumah beserta latin dan artinya yang bisa anda amalkan.

Doa Membangun Rumah

Ciri-Ciri Rumah Berkah dan Berlimpah Berdasarkan Rasulullah SAW

Ciri rumah yang berkah dan berlimpah berdasarkan agama islam tidak hanya berkaitan dengan fisiknya yang mewah. Dalam membangun rumah, hal yang penting yaitu membuat suasana rumah yang ditinggali memiliki nilai islami agar kondusif. Sehingga untuk penghuni rumah tersebut akan dapat membuat batin tentram.

Baca juga : Doa Ketika Mimpi Buruk, Latin dan Artinya

Asri, Nyaman dan Tidak Berlebihan

Dalam membangun sebuah rumah, nabi Muhammad SAW menyarankan agar tidak berlebihan. Rumah seorang muslim cukup untuk tertutup dari penglihatan orang lain, serta dapat melindungi dari binatang buas. Dalam menciptakan sebuah rumah yang baik pedomannya yaitu dapat menciptakan rasa nyaman, aman dan asri untuk penghuninya. Agar suasana tentram tercipta, dapat berkontribusi dengan sikap dan tingkah laku yang baik.

Penghuninya Harus Memperhatikan Adab Masuk Rumah

Setiap umat muslim yang hendak masuk ke  dalam rumah harus memperhatikan adab. Berikut ini adab-adab masuk rumah.

  • Ketuk pintu dengan perlahan. Bagi setiap muslin yang hendak masuk ke dalam rumah, maka dianjurkan agar mengetuk terlebih dahulu pintu dengan perlahan.
  • Memberi isyarat. Bagi seseorang yang hendak masuk ke rumah hendaknya memberikan isyarat bagi penghuni rumah. Ini dilakukan agar penghuni rumah sadar bahwa ada seseorang yang masuk. Caranya yaitu dengan menghentakan kaki ke lantai atau berdehem agar tidak membuat orang rumah kaget.
  • Dahulukan kaki kanan. Mendahulukan sebelah kanan dalam urusan apapun menjadi petunjuk dari Nabi Muhammad SAW, terkecuali untuk perkara jelek.
  • Berzikir pada Allah. Dengan berzikir pada Allah saat masuk ke dalam rumah, maka akan menjaga semua penghuni rumah dari gangguan setan.
  • Mengucapkan salam. Mengucapkan salam menjadi sikap ramah tamah bagi tuan rumah, disamping menyebarkan salam di rumah.
  • Bersiwak. Bersiwak merupakan sunnah Nabi SAW. Selain setelah makan atau saat hendak menunaikan sholat, namun bersiwak juga Rasulullah lakukan sebelum masuk ke dalam rumahnya.
  • Menjalankan sholat dua rakaat. Saat masuk ke dalam rumah hendaknya kita menjalankan sholat dua rakaat karena akan menjaga kita dari tempat masuk yang tidak baik.

Penghuninya Harus Membaca Al-Qur’an

Bagi penghuni rumah disarankan untuk membaca Al-Qur’an untuk menyelimuti rumah.

Itulah doa membangun rumah yang dilengkapi dengan latin dan arinya, serta ciri-ciri rumah yang berkah dan berlimpah. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *