Doa Memakai Pakaian Baru Agar Berkah Beserta Adab Berpakaian

Posted on

Doa Memakai Pakaian Baru Agar Berkah Beserta Adab Berpakaian – Memiliki pakaian baru tentu terasa sangat menyenangkan. Ketika menggunakannya seseorang akan merasa lebih percaya diri dan bahagia. Bahkan bagi sebagian orang memakai pakaian baru akan dapat meningkatkan semangat.

Saat memiliki pakaian baru, tentu kita harus bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan. Kemudian adab-adab berpakaian harus kita terapkan, serta membaca do’a memakai pakaian baru agar berkah. Nah, berikut ini bacaan do’a memakai pakaian baru yang dapat anda amalkan.

Doa Memakai Pakaian Baru

Bacaan do’a memakai pakaian baru sebaiknya diamalkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Berikut ini do’a memakai pakaian baru agar berkah beserta latin dan artinya.

Doa Memakai Pakaian Baru

Dengan do’a di atas kita dianjurkan untuk bersyukur kepada Allah SWT. Selain itu, melalui do’a ini juga kita disadarkan bahwa pakaian merupakan kenikmatan yang akan dimintai pertanggungjawaban Allah. Pakaian merupakan sesuatu yang akan membawa kebaikan, namun dapat juga menggiring pada keburukan.

Adab Berpakaian yang Harus Diperhatikan

Adab berpakaian harus menjadi perhatian khusus. Beberapa adab berpakaian tentunya harus kita ikuti demi kebaikan kita sendiri. Nah, berikut ini beberapa adab berpakaian yang sebaiknya kita lakukan.

Menutup Aurat

Adab berpakaian yang pertama yaitu menutup aurat. Ini merupakan prinsip utama saat berpakaian. Antara laki-laki dan perempuan, aurat itu sendiri berbeda. Dimana aurat laki-laki ada di antara pusar hingga lutut. Sedangkan aurat perempuan yaitu seluruh badan terkecuali telapak tangan dan wajah.

Dimana perintah untuk menutup aurat itu sendiri ada sejak zaman nabi Adam dan Hawa. Dimana hal itu terdapat pada surah Al-A’raf ayat 22.

Pakaian Tidak Menyerupai Pakaian Orang Kafir

Adab selanjutnya yaitu tidak memakai pakaian yang menyerupai pakaian orang kafir. Dimana pakaian dapat disebut menyerupai orang kafir jika pakaian tersebut menjadi ciri khas dari orang kafir.

Tidak Menyerupai Lawan Jenis

Anda harus mempertimbangkan dalam berpakaian. Pastikan pakaian yang anda gunakan tidak menyerupai lawan jenis. Rasulullah SAW melaknat laki-laki menyerupai perempuan dan perempuan yang menyerupai laki-laki.

Tidak Berpakaian dengan Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik. Islam mengajarkan kepada umatnya agar tidak berlebihan saat berpakaian.

Menggunakan Pakaian yang Diawali Dari Kanan

Ketika anda hendak memakai pakaian, serta melakukan segara urusan, maka sebaiknya anda mendahulukan dari kanan.

Membaca Doa Sebelum Berpakaian

Sebelum melakukan aktivitas anda tentu harus memulainya dengan membaca do’a, termasuk saat hendak memakai pakaian.

Adab Khusus Untuk Wanita

Ada beberapa adab khusus saat berpakaian bagi wanita seperti berikut ini.

  • Menutup aurat. Pakaian yang digunakan tentu harus menutup aurat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Pakaian tidak berfungsi sebagai perhiasan. Pakaian wanita sebaiknya tidak berfungsi sebagai perhiasan, yang dapat memperindah wanita yang mengggunakan di depan pria sehingga akan menimbulkan fitnah.
  • Pakaian yang digunakan tidak transparan. Jangan menggunakan pakaian yang tembus pandang atau transparan. Menggunakan pakaian seperti itu akan membuat bentuk tubuh terlihat. Oleh karena itu, sebaiknya anda memilih pakaian yang tebal.
  • Tidak menggunakan wewangian. Wanita tidak dianjurkan memakai wewangian atau parfum yang akan dapat tercium pria.
  • Pakaian harus lebar dan longgar.

Adab Khusus Untuk Laki-Laki

  • Pakaian harus menutup aurat.
  • Laki-laki tidak diperbolehkan menggunakan emas bentuk apapun, baik itu kancing baju, cincin, pakaian berbahan emas dan lain sebagainya.
  • Laki-laki muslim hendaknya tidak menggunakan pakaian sutra.
  • Sebaiknya tidak isbal, atau memakai pakaian dengan panjang yang melebihi mata kaki.

Itulah doa memakai pakaian baru beserta adab berpakaian yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *